Tutorial Membuat Game Online Edukatif Educandy - Part 1

Haii... sahabat blogger, jumpa lagi di blog ngiringmelajah.com. Pernah merasakan kebosanan dengan pembelajaran yang monoton? Bingung memberikan suatu hal yang menarik untuk siswa? Nah... bapak/ibu guru di seluruh nusantara tidak usah bingung lagi, kali ini admin akan membagikan tutorial membuat sebuah game yang menarik agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Sumber: www.educandy.com

Nama game ini adalah Game Online Edukatif Educandy. Game ini bisa bapak/ibu guru buat pada situs web www.educandy.com. Educandy adalah sebuah game interaktif baru yang dapat menghadirkan kesenangan untuk guru dan siswa jika diterapkan dalam pembelajaran. Game ini bisa diberikan kepada siswa baik saat proses pembelajaran berlangsung di kelas ataupun saat melaksanakan pembelajaran secara daring dengan siswa di rumah. Permainan ini dapat dijalankan dengan cara membagikan link game nya kepada siswa. Baik sebelum bapak/ibu guru menyimak tutorialnya silakan coba dimainkan game yang telah admin buat. Silakan masukkan link berikut "https://www.educandy.com/site/resource.php?activity-code=cbe4" pada browser dan masukkan kode game: cbe4 atau bapak ibu bisa langsung mainkan di bawah ini (Klik play pada bentuk game yang ingin dimainkan). Selamat mencoba dan selamat bermain, semoga menyenangkan.


Bagaimana bapak/ibu guru seru kan gamenya? Tertarik untuk membuatnya? Berikut admin bagikan tutorial cara membuatnya.

Langkah-langkah membuat game online edukatif educandy.
  • Langkah pertama silakan buka websitenya di www.educandy.com. Akan muncul seperti gambar berikut.
  • Selanjutnya klik create your first activity.
  • Ikuti langkah-langkah pada gambar di atas.
  1. Isikan nama pembuat pada kolom username
  2. Isikan alamat email pembuat pada kolom email
  3. Klik pada kotak also sign me up for the educandy sampai muncul centang
  4. Klik pada kotak saya bukan robot sampai muncul centang
  5. Terakhir klik register
  • Selanjutnya buka email, klik inbox (kotak masuk) dan klik pesan dari educandy.
  • Setelah terbuka, klik seperti yang diberi kotak merah pada gambar diatas.
  • Masukkan pasword baru, kemudian klik reset pasword (pasword inilah yang akan digunakan setiap login di web educandy, gunakan pasword yang mudah diingat).
  • Selanjutnya kembali ke halaman educandy. Disini ada tiga pilihan jenis game yang bisa kita buat yaitu words (permainan kata), matching pairs (mencocokkan), dan quiz questions (pertanyaan kuis). Kali ini admin akan menjelaskan tutorial membuat permainan mencocokkan. Silakan klik matching pairs.
  • Pada angka 1 isikan nama mata pelajaran, misal mapel 'IPS'. Pada angka 2 isikan judul kuis/game nya, misal 'Nama Ibukota Provinsi'.
  • Sulanjutnya ikuti seperti gambar di atas, pada angka 1 isikan pertanyaannya, misal 'Bali'. Pada angka 2 isikan jawabannya, misal 'Denpasar'. Kemudian langkah 3 klik add pair.
  • Silakan lanjutkan membuat pertanyaan dan jawaban sebanyak yang bapak/ibu inginkan. Pertanyaan dan jawaban muncul pada bagian yang admin berikan kotak merah.
  • Selanjutnya scrool ke bawah sampai ketemu bagian seperti gambar di atas. Untuk mencoba memainkan game yang telah dibuat silakan klik salah satu gambar. Misal ingin memainkan game yang telah dibuat tadi dalam bentuk soal pilihan ganda maka klik multiple choise. Kalau ingin memainkan dalam bentuk yang lain silakan klik gambar yang lain. Disana ada 5 pilihan game yaitu: multiple choise (pilihan ganda), noughts & crosses (silang-bulat-silang), crosswords (teka-teki silang), match up (mencocokkan), dan memory (ingatan).
  • Setelah dianggap sudah pas, maka silakan share link game nya kepada siswa-siswa. Caranya sebagai berikut.
  • Copy link pada kotak yang diberi nomor 1 dan bagikan kepada siswa, selanjutnya bagikan juga kode game yang diberi angka 2 kepada siswa. Jika ingin menyematkan game ini pada blog silakan klik kode embed pada kolom yang diberi nomor 3.
  • Suruh siswa-siswi memasukkan kode game pada kolom have an activity code. Kemudian siswa dapat memilih salah satu jenis game yang akan dimainkan dari kelima jenis game yang ada. Terakhir klik play, game sudah bisa dinikmati.
Demikian tutorial membuat game interaktif educandy, semoga bermanfaat. 

Sampai jumpa lagi di tutorial game educandy part 2.

Terimakasih. Salam ngiring melajah.

1 Komentar untuk "Tutorial Membuat Game Online Edukatif Educandy - Part 1"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel