Materi IPA Kelas VI Tema 2 Subtema 3 - Manfaat Tumbuhan dan Hewan

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua selalu dalam keadaan sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu menerapkan 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas).

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan) dengan materi manfaat tumbuhan dan hewan. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!

Materi IPA Kelas VI Tema 2 Subtema 3 - Manfaat Tumbuhan dan Hewan


MANFAAT TUMBUHAN DAN HEWAN

Setiap makhluk hidup memiliki kemampuan beradaptasi untuk bertahan hidup. Kemampuan itu ditandai dengan bentuk atau struktur khusus dari makhluk hidup tersebut. Bentuk atau struktur khusus tersebut juga bermanfaat bagi manusia dan lingkungannya. Berikut adalah beberapa pemanfaatan tumbuhan dan hewan bagi manusia dan lingkungan.

Manfaat Tumbuhan bagi Manusia dan Lingkungan

Lidah Buaya


Lidah buaya

Lidah buaya memiliki habitat di darat dan mampu bertahan di lingkungan kering. Tumbuhan ini memiliki daun berduri yang berfungsi untuk mengurangi penguapan, daun yang tebal untuk menyimpan air, dan akar yang panjang dan menyebar agar lebih mudah mencari air.

Lidah buaya dapat menyerap polusi udara di sekitarnya. Daging lidah buaya sering dimanfaatkan oleh manusia. Misalnya, untuk penyembuhan luka luar.

Tumbuhan Bakau

Pohon bakau

Tumbuhan bakau hidup dipantai. Tumbuhan bakau memiliki akar tunjang yang berfungsi menahan tumbuhan dan terjangan ombak.

Tumbuhan bakau bermanfaat bagi lingkungan dan makhluk hidup lain. Akar bakau berfungsi mencegah abrasi di pantai. Perairan di sekitar akar pohon bakau menjadi tempat hidup hewan laut, misalnya ikan udang.

Beluntas

Pohon beluntas


Beluntas adalah tumbuhan semak. Tumbuhan ini bercabang banyak, berusuk halus, dan berbulu banyak. Beluntas dapat tumbuh di daerah kering, tanah keras, dan berbatu. Tingginya bisa mencapai tiga meter. Dengan habitat dan ciri fisiknya tersebut, beluntas banyak dimanfaatkan sebagai tanaman pagar. Banyak rumah-rumah menggunakan beluntas sebagai pagar hidup.

Manfaat Hewan bagi Manusia dan Lingkungan

Cacing Tanah


Cacing tanah

Cacing tanah hidup di dalam tanah yang lembap. Cacing bergerak dan mencari makan di dalam tanah.

Cacing menghasilkan kotoran yang dapat membuat tanah menjadi subur. Gerakan cacing di dalam tanah juga membuat tanah mampu menyerap air dan nutrisi sehingga tanaman yang hidup di tanah tersebut menjadi subur.

Domba

Domba

Domba merupakan hewan yang memiliki ciri khusus berupa rambut tebal. Rambut itu berfungsi untuk menghangatkan tubuh saat suhu di lingkungan rendah.

Rambut domba dimanfaatkan manusia sebagai bahan pembuat kain wol. Kain wol biasanya dimanfaatkan untuk pembuatan pakaian hangat. Selain itu, kotoran domba juga dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman.

Keong Sawah

Keong sawah

Keong sawah atau tutut hidup di perairan dangkal yang berdasar lumpur. Keong sawah banyak hidup di sawah, rawa-rawa, pinggir danau, dan pinggir sungai kecil. Keong sawah berguna untuk membersihkan lumut di kolam ikan. Keong membersihkan lumut atau rumput yang biasanya tumbuh mengambang di atas air.

Berikut penjelasan manfaat tumbuhan dan hewan bagi manusia dan lingkungannya selengkapnya.

Manfaat tumbuhan bagi manusia dan lingkungan

  1. Bahan makananBagian tumbuhan yang dapat digunakan untuk bahan makanan adalah batang, daun, bunga, buah, dan biji.
  2. Bahan sandangSerat kapas dapat dimanfaatkan untuk membuat kain katun.
  3. Bahan bangunanKayu dari pohon jati, pohon kelapa, dan pohon meranti dimanfaatkan untuk bahan bangunan.
  4. Bahan obatBanyak tanaman dimanfaatkan untuk obat. Jahe untuk mengobati batuk. Daun kumis kucing untuk mengobati ginjal. Daun jambu biji untuk mengobati diare.
  5. Bahan baku industriIndustri banyak memanfaatkan tanaman untuk kebutuhan manusia. Getah karet digunakan dalam pembuatan ban. Getah pinus dimanfaatkan sebagian orang dalam industri cat. Kayu pinus digunakan dalam industri kertas. Buah kelapa sawit dimanfaatkan sebagai bahan dalam industri minyak goreng.
  6. Bahan perwarna alamiTanaman dapat digunakan sebagai pewarna: sawi dan pandan untuk warna hijau, wortel pewarna jingga, dan kunyit pewarna kuning.
  7. Menjaga kualitas airTanaman bakau menjadi penyaring alami dari air laut menjadi air tawar.

Manfaat hewan bagi manusia dan lingkungan

  1. Penghasil bahan panganManusia memanfaatkan hewan untuk bahan makanan, seperti daging, telur, dan susu.
  2. Penghasil bahan sandangHewan memiliki manfaat terkait kebutuhan sandang, seperti kain sutra yang berasal dari serat kepompong ulat sutra. Domba dapat menghasilkan wol. Kulit hewan seperti sapi dan kerbau dimanfaatkan dalam pembuatan jaket.
  3. Penghasil bahan kerajinanKulit sapi dan kerbau dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan wayang kulit. Selain itu, bulu angsa dimanfaatkan untuk membuat kok.
  4. Penghasil pupuk organikKotoran berbagai jenis hewan, seperti sapi dan kambing dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk organik yang baik dan tidak membahayakan bagi lingkungan.
  5. Penghasil tenagaTenaga gajah dimanfaatkan untuk mengangkut kayu.Tenaga kuda dimanfaatkan untuk menarik delman. Tenaga kerbau dimanfaatkan untuk membajak sawah.
Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi adaptasi tumbuhan, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Manfaat Tumbuhan dan Hewan




Demikian materi terkait manfaat tumbuhan dan hewan. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Materi IPA Kelas VI Tema 2 Subtema 3 - Manfaat Tumbuhan dan Hewan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel