Informasi Penting Berdasarkan Struktur Teks

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? semoga selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 4 (Globalisasi) dengan materi informasi penting berdasarkan struktur teks. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!



Menemukan Informasi Penting berdasarkan Struktur Teks

Ayo, ingat kembali struktur teks eksplanasi! Struktur teks eksplanasi meliputi pernyataan umum, deret penjelas, dan simpulan. Pernyataan umum memuat topik atau permasalahan yang dibahas dalam teks. Deret penjelas berisi pernyataan pendukung, fakta, dan juga informasi-informasi yang mendukung topik utama. Simpulan berisi hasil akhir dari uraian yang disampaikan pada bagian pernyataan umum dan juga deret penjelas.


Melengkapi Teks Rumpang

Teks rumpang berarti ada bagian teks yang masih kosong. Kamu dapat melengkapi bagian tersebut dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
  1. Bacalah teks yang ada dengan cermat.
  2. Temukan topik atau permasalahan yang dibahas dalam teks tersebut.
  3. Perhatikan sebelum dan sesudah bagian yang rumpang.
  4. Lengkapilah bagian yang rumpang tersebut dengan menghubungkan bagian sebelum dan sesudahnya.
  5. Pastikan kamu menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan memperhatikan PUEBI.
Contoh melengkapi teks rumpang

Cermati paragraf rumpang berikut!

Era globalisasi membawa banyak perubahan terhadap gaya hidup masyarakat. Salah satunya adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menciptakan berbagai macam peralatan yang membantu manusia dalam bekerja [....] Bermain adalah salah satu jenis hiburan pilihannya. Dengan berkembangnya teknologi yang mencakup banyak aspek, jenis-jenis dari permainan pun mendapatkan pengaruhnya. Aspek tersebut menyebabkan munculnya istilah permainan modern.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....
  • Permainan modern merupakan jenis permainan yang memanfaatkan teknologi di dalamnya
  • Kemajuan pengetahuan dan teknologi juga memberikan hiburan ketika manusia ingin bersantai
  • Jenis permainan modern memberikan banyak dampak negatif terhadap perkembangan anak
  • Oleh karena itu, diperlukan kebijaksanaan orang tua dalam menyikapi masalah tersebut
Pembahasan 
Kalimat mengisi bagian rumpang dapat ditentukan berdasarkan kalimat-kalimat sebelum dan sesudah bagian rumpang bagian rumpang tersebut harus diisi dengan kalimat tepat agar paragraf tersebut padu kalimat tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf tersebut adalah kemajuan pengetahuan dan teknologi juga memberikan hiburan ketika manusia ingin bersantai sementara kalimat pada pilihan yang lain tidak tepat untuk melengkapi paragraf.


Menemukan Kosakata Tidak Baku dalam Teks

Teks eksplanasi ditulis menggunakan kosakata baku, kalimat efektif, dan sesuai dengan PUEBI. Apabila menemukan kata tidak baku dalam teks eksplanasi, sebaiknya lakukan perbaikan dengan cara menuliskan atau menggantinya dengan kata baku atau penulisan yang tepat. Kamu dapat mengetahui suatu kata baku dengan cara meemriksanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Contoh
Bacalah teks berikut dengan cermat!

Siapa yang tak kenal batik? Dapat di katakan hampir semua orang Indonesia mengenal batik, bahkan orang asing dari berbagai negara juga mengenal batik. Batik telah menjadi bagian penting sebagai sebuah kariya anak bangsa dibidang budaya. Kita wajib menghargai karya bangsa sendiri sebagai perwujutan  rasa cinta tanah air dan nasionalisme.

Temukan kosakata tidak baku pada teks tersebut dan tuliskan perbaikannya agar menjadi baku!

Kosakata tidak baku
  • di katakan 
  • kariya
  • dibidang
  • perwujutan
Bentuk Bakunya
  • dikatakan
  • karya
  • di bidang
  • perwujudan
 
Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi informasi penting berdasarkan struktur teks, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Informasi Penting Berdasarkan Struktur Teks




Demikian materi terkait informasi penting berdasarkan struktur teks. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Informasi Penting Berdasarkan Struktur Teks"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel