Kerjasama ASEAN di Bidang IPTEK serta Tujuan dan Manfaat Kerjasama ASEAN

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? semoga selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 4 (Globalisasi) dengan materi kerjasama ASEAN di bidang IPTEK serta tujuan dan manfaat kerjasama ASEAN. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!




Sebelumnya kalian sudah mempelajari tentang bentuk kerjasama ASEAN di bidang sosial, budaya, dan politik, nah kali ini kita akan lanjutkan mempelajari materi kerjasama ASEAN di bidang IPTEK serta tujuan dan manfaat kerjasama ASEAN.

Kerjasama ASEAN di Bidang Ilmu Pengetahuan dan teknologi (IPTEK)

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di negara-negara ASEAN memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut mendorong terjalinnya kerjasama dalam bidang penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang memiliki kualitas dan daya saing dunia..

Bentuk kerjasama antar negara ASEAN di bidang IPTEK sebagai berikut.
  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia ASEAN yang memiliki daya saing baik secara nasional maupun internasional melalui Deklarasi Penguatan Kerjasama Pendidikan yang dilaksanakan pada KTT ASEAN ke-15 Tahun 2009.
  • Meningkatkan jumlah tenaga ahli ASEAN yang memiliki keahlian di bidang ilmu pengetahuan, melalui pemberian bantuan kepada para ahli untuk mengembangkan berbagai temuan dan riset yang bermanfaat bagi masyarakat ASEAN dalam bidang IPTEK.
  • Melakukan pertukaran pelajar antar negara ASEAN dalam Program Study Mobility serta ASEAN University Network yang memberikan informasi mengenai universitas terbaik di ASEAN.  
Workshop on Higher Education yang merupakan kegiatan pertemuan 
setiap perwakilan anggota ASEAN dalam meningkatkan mutu pendidikan negara-negara ASEAN


Tujuan dan Manfaat Kerjasama ASEAN.

Berikut tujuan diadakannya kerjasama ASEAN. 
  1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, serta pengembangan kebudayaan di kawasan Asia tenggara.
  2. Meningkatkan stabilitas dan perdamaian di kawasan Asia Tenggara.
  3. Meningkatkan kerjasama yang aktif dan saling membantu di antara negara-negara anggota dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan kepentingan bersama di bidang ekonomi, sosial, budaya, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi.
  4. Saling membantu di bidang sarana-sarana pelatihan dan penelitian dalam bidang pendidikan, kesehatan, teknik, dan administrasi.
  5. Menjalin kerjasama yang lebih efektif guna meningkatkan hasil petanian dan industri, perluasan perdagangan, perbaikan sarana dan prasarana transportasi dan komunikasi, serta peningkatan taraf hidup rakyat dari negara-negara anggota.
  6. Meningkatkan kualitas pendidikan di negara-negara Asia Tenggara.
  7. Mempertahankan kerjasama yang erat dengan organisasi-organisasi internasional maupun regional lainnya yang memiliki tujuan yang sama, serta untuk lebih menjajaki kemungkinan diadakannya kerjasama yang lebih erat lagi satu sama lainnya.  

Berikut manfaat diadakannya kerjasama ASEAN.
  1. Menumbuhkan rasa saling memiliki dan toleransi antar negara anggota.
  2. Semakin dikenalnya budaya Indonesia oleh negara-negara ASEAN lainnya.
  3. Terciptanya kawasan yang damai, bebas, dan netral dari pengaruh negara luar.
  4. Meningkatnya investasi dalam kegiatan produksi dan jumlah ekspor.
  5. Semakin luasnya pasar internasional.
  6. Pemenuhan kebutuhan dalam neegri.
  7. Memperluas lapangan pekerjaan.
  8. Meratanya perkembangan penguasaan IPTEK di ASEAN


Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi kerjasama ASEAN di bidang IPTEK serta tujuan dan manfaat kerjasama ASEAN, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Kerjasama ASEAN di Bidang IPTEK 
serta Tujuan dan Manfaat Kerjasama ASEAN





Demikian materi terkait kerjasama ASEAN di bidang IPTEK serta tujuan dan manfaat kerjasama ASEAN. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Kerjasama ASEAN di Bidang IPTEK serta Tujuan dan Manfaat Kerjasama ASEAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel