Posisi dan Peran Indonesia di Bidang Ekonomi dalam Lingkup ASEAN

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? semoga selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 5 (Wirausaha) dengan materi posisi dan peran Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!




Negara-negara yang tergabung dalam ASEAN mempunyai potensi masing-masing, mulai dari sumber daya alamnya hingga sumber daya manusianya. Bagaimana peranan dan posisi Indonesia dalam kancah perekonomian ASEAN? Bagaimana peranan dunia usaha? Ayo, kita cari tahu lebih lanjut.

Sebagai makhluk spsial, manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia memerlukan orang lain untuk hidup bermasyarakat. Selain itu, tidak setiap daerah memiliki sumber daya alam yang dapat emncukupi kebutuhan manusia. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama antar manusia agar terpenuhi kebutuhannya. Sebagai contoh, kerjasama Indonesia dengan negara-negara ASEAN dalam bidang ekonomi.

Kerjasama dalam bidang ekonomi yang dilakukan oleh negara-negara ASEAN antara lain sebagai berikut.
  • Melakukan promosi-promosi dalam bidang pariwisata dan perdagangan.
  • Menyediakan cadangan pangan.
  • Menyelenggarakan proyek industri.
  • Membuat kawasan perdagangan bebas ASEAN (AFTA)
  • Pembentukan ASEAN Economic Community/Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
ASEAN Free Trade Area (AFTA)
kerjasama bidang ekonomi dengan membuat kawasan perdagangan bebas ASEAN

Membentuk Masyarakat Ekonomi ASEAN


Peran Indonesia dalam kerjasama memberikan manfaat bagi Indonesia maupun negara-negara lain di ASEAN. Bagi Indonesia, kerjasama tersebut dapat meningkatkan pendapatan negara dan mengurangi pengangguran.   

Sebagai salah satu pendiri ASEAN, Indonesia memiliki peran penting terutama dalam kerjasama di bidang ekonomi. Indonesia melakukan pertukaran barang dengan negara-negara di ASEAN. Tujuan pertukaran barang tersebut untuk meningkatkan hubungan kerjasama dan juga memperoleh keuntungan. Bentuk pertukaran barang antara Indonesia dengan negara-negara ASEAN antara lain sebagai berikut.
  • Pertukaran Sandang
Indonesia memiliki beragam kebudayaan yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Salah satunya adalah batik. Indonesia menjual batik-batik buatan perajin Indonesia ke negara-negara ASEAN. Selain itu, Indonesia juga mengekspor kain wol dan kapas yang merupakan bahan baku pembuatan pakaian. Indonesia mengimpor mesin-mesin pembuat pakaian berskala besar dari Singapura. Indonesia juga mengimpor benang sintetis dari malaysia.
  • Pertukaran Pangan
Hasil pangan Indonesia seperti tepung tapioka, lada, dan kina di ekspor ke Singapura. Sementara itu, kopi dan sayuran di ekspor ke Malaysia. Indonesia mengimpor hasil pangan seperti beras, gula, buah-buahan, dan madu dari Thailand dan Filipina.
  • Pertukaran Papan
Indonesia memiliki hutan yang luas. Hasil hutan seperti kayu banyak diekspor ke negara-negara ASEAN seperti kayu jati ke Malaysia, kayu lapis ke Thailand, dan kayu mahoni ke Singapura. Semen putih sebagai bahan baku pembuatan rumah diimpor dari Filipina. Getah karet diekspor ke Singapura.

Selain pertukaran sandang, pangan, dan papan. Indonesia juga melakukan kerjasama pertukaran bahan tambang. Indonesia melakukan ekspor beberapa barang tambang seperti minyak mentah, batubara, besi, baja, aluminium, timah putih, dan gas alam ke Malaysia, Filipina, dan Singapura.


Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi posisi dan peran Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Posisi dan Peran Indonesia di Bidang Ekonomi dalam Lingkup ASEAN




Demikian materi terkait posisi dan peran Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Posisi dan Peran Indonesia di Bidang Ekonomi dalam Lingkup ASEAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel