Macam-Macam Reklame

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? semoga selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 5 (Wirausaha) dengan materi macam-macam reklame. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!



Sebelum kita memulai mempelajari materi, coba anak-anak perhatikan gambar berikut ini!





Apa yang kamu amati dari reklame di atas? Apakah kamu pernah menemukan reklame yang mirip dengan reklame di atas di sekitarmu? Apa ciri-ciri khusus yang kamu temukan dari reklame tersebut?  

Masih ingatkahkamu apa itu reklame? Reklame adalah alat untuk menawarkan, mempromosikan, memperkenalkan barang-barang hasil produksi atau jasa kepada masyarakat dengan menggunakan gambar dan kata-kata yang menarik. Tujuan reklame adalah agar suatu produk dapat dikenal oleh masyarakat dan masyarakat memiliki keinginan untuk membelinya. Ada berbagai media yang digunakan untuk membuat reklame. Media tersebut diantaranya media audio, media visual, dan media audio visual. Setelah mempelajari ciri-ciri reklame pada tema sebelumnya, kali ini kita akan mebahas macam-macam reklame secara visual. Berikut macam-macam reklame.
  • Iklan
Iklan pada media cetak adalah pemberitahuan kepada banyak orang tentang barang atau jasa yang akan dijual. Contohnya, iklan pada surat kabar yang betuknya berupa tulisan dan gambar.


  • Spanduk
Spanduk adalah salah satu cara promosi yang menggunakan kain sebagai medianya. Spanduk biasanya berisi ajakan, slogan, atau berita yang perlu diketahui oleh umum. Spanduk biasanya dipasang di jalan raya atau digunakan saat acara-acara tertentu.


  • Poster
Poster adalah selembaran kertas yang berisi tulisan dan gambar, biasanya ditempel di tempat-tempat umum.


  • Brosur
Brosur berbentuk selembaran kertas. Biasanya brosur dibagikan di tempat umum. Brosur berisi informasi yang ditujukan kepada masyarakat. Brosur ada yang bentuknya tanpa lipatan, ada yang lipat dua, dan ada juga yang lipat tiga.


  • Embalase
Embalase merupakan informasi yang biasanya terdapat pada kemasan sebuah produk. Informasi-informasi tersebut memuat detail tentang produk tersebut. Informasi berfungsi sebagai daya tarik dan pemberitahuan tentang produk tersebut.


  • Baliho
Baliho adalah jenis reklame yang berukuran besar. Ukuran baliho biasanya lebih besar dari spanduk sehingga ditempatkan di tempat umum menggunakan tiang sebagai penyangga.


  • Banner
Banner sering ditemui di depan pertokoan. Banner merupakan media promosi yang dicetak dan diletakkan menggunakan besi sebagai penyangga.


  • Leaflet
Leaflet berbentuk lembaran yang dilipat menjadi tiga atau empat bagian. Leaflet digunakan untuk mempromosikan sebuah produk atau memberikan informasi tertentu kepada masyarakat.



Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi macam-macam reklame, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Macam-Macam Reklame




Demikian materi terkait macam-macam reklame. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Reklame"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel