Materi SBdP Kelas VI Tema 6 Subtema 2 - Tari Tunggal

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Kita berjumpa lagi di semester 2. Semoga kalian semua selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 6 (Menuju Masyarakat Sehat) dengan materi tari tunggal. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!




Anak-anak sebelum masuk ke materi yuk kita budayakan membaca. Bacalah teks nonfiksi berikut ini!

Ragam Tarian di Indonesia

Indonesia kaya akan budaya diantaranya karya tari. Setiap daerah memiliki karya tari kreasi yang berbeda-beda. Apakah yang dimaksud dengan tari kreasi? Tari kreasi adalah tari yang gerakannya merupakan perkembangan dari gerak tari tradisional. Tari kreasi tidak memiliki aturan tertentu, baik gerak maupun aspek lainnya yang terdapat dalam tarian.

Ada tiga jenis tari kreasi yaitu tari kreasi daerah/tradisional, tari kreasi modern, dan tari kreasi kontemporer. Tari kreasi daerah/tradisional adalah tari yang mengalami perubahan dari tari tradisi, baik dari bentuk, gerak, ataupun aspek lainnya tetapi tetap dalam konteks ciri khas dari daerah tersebut. Tari kreasi modern adalah tari yang memiliki tidak aturan tertentu baik dalam bentuk gerak ataupun aspek lainnya. Tari kontemporer adalah tarian yang dibuat berdasarkan isu yang beredar pada waktu tertentu.

Bentuk karya tari kreasi dapat berupa bentuk tari tunggal, tari berpasangan, dan tari berkelompok. Tari tunggal adalah karya tari yang diperagakan oleh seorang penari. Tari berpasangan adalah karya tari yang diperagakan oleh dua orang penari. Adapun tari berkelompok adalah tari yang diperagakan oleh lebih dari dua orang penari.

Nah, sepintas pada teks tersebut kalian diberikan penjelasan tentang materi yang akan kita bahas hari ini yaitu tentang Tari Tunggal. Yuk kita bahas lebih lanjut lagi.

Tari Tunggal

Tari tunggal adalah tari yang dibawakan oleh satu orang penari saja, baik penari pria atau wanita. Penari pria pada tari tunggal biasanya membawakan tari dengan kuat dan gagah. Penari wanita membawakan tari tunggal dengan lembut dan anggun.

Tari tunggal  terbagi menjadi tiga jenis, yaitu tari tunggal ritual, tari tunggal tradisional, dan tari tunggal kreasi baru. Tari tunggal ritual dipentaskan untuk acara upacara adat daerah setempat. Tari tunggal tradisional dibawakan sebagai ciri khas daerah tertentu dan biasanya sebagai tontonan masyarakat pada acara pesta rakyat. Tari tunggal kreasi baru merupakan hasil modifikasi gerakan tari tradisional yang sesuai dengan perkembangan zaman. 

Berikut contoh tari tunggal.

 
Tari Merak dari Jawa Barat

Berikut contoh-contoh lain tari tunggal beserta asal daerahnya



Properti yang Digunakan pada Tari Tunggal

Tari daerah juga da yang dilakukan sendiri (tunggal). Tari daerah memerlukan properti untuk menunjang penampilan di atas panggung. Properti tari akan membuat penampilan tari lebih indah dan menarik. Properti yang digunakan disesuaikan dengan gerakan yang ditampilkan. Properti yang digunakan dalam tari, antara lain selendang, kipas, topeng, payung, boneka, kendi, dan tombak. Properti bukan hanya sekedar perlengkapan, tetapi mencerminkan makna yang dimaksud dalam tarian.

Contoh
Perhatikan gambar berikut!

Berdasarkan gambar tari di atas, Tari Kandagan menggunakan properti berupa selendang. Tari Klana Topeng menggunakan properti berupa topeng dan selendang. Tari Pendet menggunakan properti berupa bokor dan bunga. Teri Remo menggunakan properti berupa selendang.


Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi tari tunggal, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Tari Tunggal






Untuk menguji pemahaman kalian terhadap materi tari tunggal, silahkan mainkan kuis berikut ini. Selamat bermain.

KUIS TARI TUNGGAL

 


Demikian materi dan kuis terkait tari tunggal. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Materi SBdP Kelas VI Tema 6 Subtema 2 - Tari Tunggal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel