Materi SBdP Kelas VI Tema 7 Subtema 3 - Seni Patung

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Kita berjumpa lagi di semester 2. Semoga kalian semua selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 7 (Kepemimpinan) dengan materi seni patung. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!

Materi SBdP Kelas VI Tema 7 Subtema 3 - Seni Patung



Anak-anak coba perhatikan gambar di bawah ini!



Tahukah kalian gambar apakah itu? Ya benar, itu adalah gambar patung Garuda Wisnu Kencana. Patung adalah salah satu contoh karya seni 3 dimensi. Ingin tahu lebih dalam lagi tentang karya seni patung. Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Pengertian Seni Patung

Patung adalah benda tiruan, manusia maupun hewan yang dibuat dengan teknik dipahat. Patung merupakan karyua seni tiga dimensi, yaitu memiliki ruang atau volume sehingga dapat dilihat dari segala arah.

Corak patung dari tiap daerah di Indonesia berbeda-beda. Corak patung muncul karena pengaruh  budaya yang ada pada masyarakat. Ada corak patung yang meniru bentuk alami, seperti manusia, hewan, atau tumbuhan. Ada juga corak patung berbentuk abstrak yang berupa bentuk kubus, silinder, piramida atau kerucut.

Ada beberapa bahan yang digunakan untuk membuat patung, yaitu bahan plastis, kayu, batu, logam, dan gips. Bahan plastis yang dimaksud, yaitu bahan yang mudah dibentuk, seperti tanah liat, plastisin, atau sabun batangan. Bahan plastis merupakan bahan yang paling mudah digunakan dan didapatkan untuk membuat patung. 

Bahan dan Teknik Pembuatan Patung

Bahan pembuatan patung terdiri atas bahan alam dan bahan buatan. Bahan alam pembuatan patung yang paling mudah didapatkan, yaitu tanah liat. Teknik pembuatan menggunakan bahan tanah liat juga mudah. Ada beberapa teknik yang dapat dilakukan untuk membuat patung. Berikut teknik-teknik pembuatan patung.
  • Teknik Butsir

Teknik butsir merupakan teknik dengan cara memijat-mijat bahan, mengurangi bahan, dan menambah bahan sampai membentuk bentuk yang diinginkan. Alat bantu membutsir adalah alat butsir/pisau sudip. Bahan yang dapat digunakan pada teknik butsir, yaitu tanah liat, plastisin, sabun batangan.
  • Teknik Pahat


Teknik pahat merupakan cara pembuatan patung dengan mengurangi bahan sedikit demi sedikit. Alat bantu yang digunakan yaitu pahat dan palu. Bahan yang digunakan pada teknik pahat yaitu kayu dan batu.
  • Teknik Cetak


Teknik cetak merupakan pembuatan patung dengan cara membuat cetakan, menuang bahan ke dalam cetakan, kemudian mebuka cetakan. Bahan yang digunakan biasanya gips, logam.


Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi seni patung, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Seni Patung

 


Demikian materi dan kuis terkait seni patung. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Materi SBdP Kelas VI Tema 7 Subtema 3 - Seni Patung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel