Materi SBdP Kelas VI Tema 8 Subtema 3 - Reklame dan Infografis

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Kita berjumpa lagi di semester 2. Semoga kalian semua selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 8 (Bumiku) dengan materi reklame dan info grafis. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!

Materi SBdP Kelas VI Tema 8 Subtema 3 - Reklame dan Infografis


Menyajikan Informasi dalam Bentuk Reklame


Reklame adalah media periklanan dan pemberitaan. Reklame bertujuan menyebarkan informasi kepada khalayak ramai tentang suatu produk atau pesan lain. Reklame dibuat dengan maksud menarik perhatian masyarakat.

Reklame yang baik bukan sekedar menarik perhatian khalayak ramai. Isi reklame harus dapat menggerakkan keinginan orang untuk membeli produk yang direklamekan.   

Beberapa contoh reklame.
  • Iklan
Pemebritahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau ditempat umum
  • Spanduk
Spanduk adalah kain rentang yang berisi slogan, propaganda, atau berita yang perlu diketahui umum.
  • Brosur
Brosur merupakan reklame yang dibuat pada selembar kertas dengan isi informasi lebih rinci dan jelas, disamapaikan dengan cara disebarluaskan secara langsung agar dibaca dan dipahami konsumen/target.
  • Emabalase
Embalase adalah jenis reklame yang ditempatkan langsung pada kemasan produk, berfungsi sebagai daya tarik, pemberitahuan, informasi tentang produk tersebut.
  • Poster
Poster adalah jenis reklame berupa selembar kertas berisi gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin dan ditempatkan dengan cara ditempat-tempat umum yang strategis.
  • Baliho
Baliho adalah jenis reklame yang berisi gambar/tulisan menarik dan informatif dengan ukuran besar, ditempatkan ditempat umum dan strategis menggunakan tiang besar dan kuat serta bersifat semi permanen.

Contoh iklan baris

Contoh spanduk

Contoh brosur

Contoh embalase


Contoh poster

Contoh baliho


Media Visual

Media visual adalah media yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam tampilan visual. Agar informasi yang disajikan dalam media visual tersampaikan dengan baik ke pembaca, maka media visual yang disajikan harus menarik dan mudah dipahami oleh pembaca dengan cepat. Kemarin kalian sudah belajar tentang sistem penanggalan. Sistem penanggalan baik kalender Masehi maupun kalender Hijriah dapat disajikan dalam bentuk visual. 

Berikut contoh menyajikan sistem penanggalan dalam bentuk media visual.

Media Visual Kalender Masehi


Media Visual Kalender Hijriah


Infografis dalam Bentuk Poster

Poster yang kita buat bisa ddalam bentuk infografis. Infografis adalah bentuk penyajian informasi yang sederhana agar mudah dipahami dengan cepat oleh pembaca. Infografis bisa dalam bentuk skema atau penambahan gambar-gambar yang menarik.

Infografis memiliki banyak manfaat untuk penyampaian informasi. Sebelum menyajikan dalam psoter, sebaiknya kalian membuat rancangan infografis di selembar kertas. Kunci utama dalam membuat infografis adalah konsep penyajian informasi dengan ilsutrasi yang menarik. 

Berikut contoh infografis dalam bentuk poster.





Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi reklame dan infografis, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Reklame dan Infografis 



Demikian materi terkait tari reklame dan infografis. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Materi SBdP Kelas VI Tema 8 Subtema 3 - Reklame dan Infografis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel