Materi Bahasa Indonesia Kelas VI Tema 1 Subtema 2 - Ide Pokok dalam Teks Laporan

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua selalu dalam keadaan sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu menerapkan 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 1 (Selamatkan Makhluk Hidup) dengan materi ide pokok dalam teks laporan. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!

Materi Bahasa Indonesia Kelas VI tema 1 Subtema 2 - Ide Pokok dalam Teks Laporan

Ide Pokok dalam Teks Laporan

Masih ingatkah kalian tentang ide pokok? kira-kira ide pokok itu apa ya? bagaimana ya menentukan ide pokok dalam sebuah teks laporan?

Ide pokok adalah gagasan atau masalah utama yang dibahas dalam sebuah paragraf.
Ide pokok sering disebut sebagai pokok pikiran, gagasan utama, atau gagasan pokok. Ide pokok pada umumnya terdapat dalam kalimat utama. Saat mendengarkan laporan secara lisan, dengarkanlah dengan saksama agar kamu dapat menentukan ide pokok dan isi laporan dengan jelas.

Perhatikan teks laporan berikut!

        Kura-kura Galapagos merupakan jenis kura-kura yang dapat terbilang besar. Panjang tubuh kura-kura Galapagos dapat mencapai 1,87 meter dengan berat sekitar 317 kilogram. Kura-kura ini memiliki leher panjang. Kura-kura Galapagos merupakan hewan herbivora, yaitu hewan pemakan tumbuhan. Kura-kura Galapagos adalah salah satu hewan yang dilindungi.

Tentukanlah ide pokok teks laporan di atas!

Dari teks laporan di atas, secara keseluruhan teks tersebut membahas ciri-ciri kura-kura Galapagos mulai dari panjangnya, beratnya, bentuk lehernya, jenis hewannya, dll. Maka dapat disimpulkan bahwa ide pokok teks laporan di atas adalah ciri-ciri kura-kura Galapagos.  

Cara Menentukan Ide Pokok

Ada beberapa cara yang dapat kita laklukan dalam menentukan sebuah ide pokok, diantaranya sebagai berikut.
  • Ambil langsung dari kalimat utama
Contoh.

        Buah kedondong memiliki berbagai manfaat. Buah ini bisa dijadikan bahan rujak yang lezat. Buah ini juga bisa dijadikan manisan. Buah yang rasanya masam ini juga bisa dijadikan obat batuk dengan cara makan daging buahnya yang sudah dicolek atau dilumuri kecap.

Tentukanlah ide pokoknya!

Berdasarkan teks laporan di atas, kalimat utama terletak pada kalimat pertama yaitu buah kedondong memiliki berbagai manfaat. Maka ide pokok teks laporan di atas adalah Buah kedondong memiliki berbagai manfaat.
  • Mengurangi kata dalam kalimat utama
Contoh.

        Buah kedondong memiliki berbagai manfaat. Buah ini bisa dijadikan bahan rujak yang lezat. Buah ini juga bisa dijadikan manisan. Buah yang rasanya masam ini juga bisa dijadikan obat batuk dengan cara makan daging buahnya yang sudah dicolek atau dilumuri kecap.

Tentukanlah ide pokoknya!

Berdasarkan teks laporan di atas, kalimat utama terletak pada kalimat pertama yaitu buah kedondong memiliki berbagai manfaat. Berdasarkan kalimat utama tersebut, kita kurangi beberapa kata yang ada pada kalimat utama sehingga ide pokoknya adalah Kedondong memiliki berbagai manfaat.
  • Membalik atau menyimpulkan kalimat utama
Contoh.

        Buah kedondong memiliki berbagai manfaat. Buah ini bisa dijadikan bahan rujak yang lezat. Buah ini juga bisa dijadikan manisan. Buah yang rasanya masam ini juga bisa dijadikan obat batuk dengan cara makan daging buahnya yang sudah dicolek atau dilumuri kecap.

Tentukanlah ide pokoknya!

Berdasarkan teks laporan di atas, kalimat utama terletak pada kalimat pertama yaitu buah kedondong memiliki berbagai manfaat. Berdasarkan kalimat utama tersebut, kita balik atau simpulkan kalimat utamanya sehingga ide pokoknya adalah Manfaat buah kedondong.
  • Menyimpulkan isi paragraf
Contoh.

        Ini adalah hewan berkaki empat. Hewan ini termasuk hewan herbivora atau pemakan tumbuh-tumbuhan. Dagingnya menjadi komoditas pokok di Indonesia.  Saat hari Idul Adha, hewan ini sering dijadikan hewean kurban. Hewan ini adalah sapi.

Tentukanlah ide pokoknya!

Berdasarkan teks laporan di atas, secara keseluruhan membahas tentang sapi dan kalimat utama terletak pada kalimat akhir yaitu hewan ini adalah sapi. Berdasarkan kalimat utama tersebut dan isi teks nya, dapat kita simpulkan ide pokoknya adalah Ciri-ciri sapi.


Membuat Peta Pikiran berdasarkan Ide Pokok Laporan

Berdasarkan ide pokok yang ditemukan dalam sebuah laporan, kita dapat membuat peta pikiran. Dengan menggunakan peta pikiran, kita dapat dengan mudah mempresentasikan atau mengemukakan isi laporan. 

Langkah-langkah membuat peta pikiran berdasarkan ide pokok laporan adalah sebagai berikut.
  1. Membaca laporan dengan saksama.
  2. Mencatat setiap kata kunci yang terdapat dalam laporan.
  3. Membuat daftar ide pokok setiap paragraf.


Membuat Simpulan berdasarkan Informasi Penting dalam Teks Laporan

Simpulan adalah suatu pernyataan yang dibuat menggunakan kalimat sendiri berdasarkan ide pokok/gagasan utama dan kata kunci dari kalimat penjelas.

Langkah-langkah membuat simpulan.
  1. Perhatikan judul teks, karena judul teks dapat mewakili isi teks secara keseluruhan.
  2. Tentukan ide pokok setiap paragraf yang ada dalam suatu teks.
  3. Merangkai ide pokok setiap paragraf menjadi sebuah pernyataan yang ringkas dan sederhana.
Contoh.

Bank sampah merupakan solusi tepat pengelolaan sampah di lingkungan sekitar.  Dengan diadakannya sosialisai mengenai bank sampah dan disertai dengan edukasi pemilahan sampah, diharapkan masyarakat ikut bergabung menjadi nasabah. Dengan adanya bank sampah pengelolaan sampah bisa menjadi lebih positif dan menguntungkan bagi masyarakat.

Tentukan simpulan teks tersebut!

Ide pokok: Bank sampah merupakan solusi pengelolaan sampah
Kata kunci pada kalimat penjelas: sosialisasi, menguntungkan.

Maka simpulannya adalah Bank sampah merupakan solusi tepat pengelolaan sampah sehingga perlu disosialisasikan kepada masyarakat dan diharapkan dapat menguntungkan masyarakat.


Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi ide pokok dalam teks laporan, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Ide Pokok dalam Teks Laporan



Demikian materi terkait ide pokok dalam teks laporan. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.


Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Materi Bahasa Indonesia Kelas VI Tema 1 Subtema 2 - Ide Pokok dalam Teks Laporan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel