Jaring-jaring Bangun Ruang - Matematika Kelas VI

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua selalu dalam keadaan sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu menerapkan 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas).

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran matematika dengan materi jaring-jaring bangun ruang. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!

Jaring-jaring Bangun Ruang - Matematika Kelas VI

Jaring-jaring Bangun Ruang

Anak-anak sebelumnya kalian telah mempelajari jenis-jenis dan ciri-ciri bangun ruang. Ayo ingat kembali apa saja jenis bangun ruang itu! Iya benar. Jenis bangun ruang diantaranya ada Kubus, Balok, Prisma, Limas, Tabung, Kerucut, dan Bola. Setiap bangun ruang tersebut memiliki jaring-jaringnya masing-masing.

Tahukah kalian apa itu jaring-jaring bangun ruang? Jaring–jaring bangun ruang merupakan pembelahan sebuah bangun ruang yang berkaitan dan jika di gabungkan akan menjadi sebuah bangun ruang tertentu.

Perhatikan gambar di bawah ini!

Bangun ruang kubus dan jaring-jaringnya

Berdasarkan gambar di atas, ketika sebuah bangun ruang kubus dibelah maka akan menghasilkan jaring-jaring seperti pada gambar di atas, dimana jaring-jaring yang terbentuk yaitu susunan enam buah bangun persegi, karena sisi-sisi kubus tersusun atas enam buah persegi.

Untuk jaring-jaring bangun ruang selengkapnya, simak di bawah ini.

Jaring-jaring Kubus

Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang disusun oleh enam bidang sisi dimana keenam sisinya berbentuk persegi, sehingga jaring-jaringnya tersusun atas enam buah persegi.

Bangun Kubus dan jaring-jaringnya

Jaring-jaring Balok

Balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang disusun oleh tiga pasang persegi panjang atau dua pasang persegi panjang dan satu pasang persegi, sehingga jaring-jaringnya tersusun atas enam buah persegi panjang atau empat buah persegi panjang dan dua buah persegi.

Bangun Balok dan jaring-jaringnya

Jaring-jaring Prisma Segitiga

Prisma segitiga adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh alas dan tutup berbentuk segitiga dan sisi-sisi tegaknya berbentuk segiempat, sehingga jaring-jaringnya tersusun atas tiga buah segiempat dan dua buah segitiga.

Bangun Prisma Segitiga dan jaring-jaringnya

Jaring-jaring Prisma Segienam

Prisma segienam adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh alas dan tutup berbentuk segienam dan sisi-sisi tegaknya berbentuk segiempat, sehingga jaring-jaringnya tersusun atas enam buah segiempat dan dua buah segienam.

Bangun Prisma Segienam dan jaring-jaringnya

Jaring-jaring Limas Segitiga

Limas Segitiga adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh alas berbentuk segitiga dan sisi-sisi tegaknya berbentuk segitiga, sehingga jaring-jaringnya tersusun atas empat buah segitiga.

Bangun Limas Segitiga dan jaring-jaringnya 

Jaring-jaring Limas Segiempat

Limas Segiempat adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh alas berbentuk segiempat dan sisi-sisi tegaknya berbentuk segitiga, sehingga jaring-jaringnya tersusun atas empat buah segitiga dan satu buah segiempat.

Bangun Limas Segiempat dan jaring-jaringnya

Jaring-jaring Tabung

Tabung adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh alas dan tutup yang berbentuk lingkaran dan sebuah persegi panjang yang mengelilingi lingkaran tersebut, sehingga jaring-jaringnya tersusun atas dua buah lingkaran dan satu buah persegi panjang.

Bangun Tabung dan jaring-jaringnya

Jaring-jaring Kerucut

Kerucut adalah bangun ruang tiga dimensi yang disusun oleh alas berbentuk lingkaran dan bangun segitiga dengan alas lengkung sebagai selimutnya, sehingga jaring-jaringnya tersusun atas satu buah lingkaran dan satu buah segitiga dengan alas melengkung.

Bangun Kerucut dan jaring-jaringnya

Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi jaring-jaring bangun ruang, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang


Demikian materi terkait jaring-jaring bangun ruang. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Jaring-jaring Bangun Ruang - Matematika Kelas VI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel