ChatGPT dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran

Halo... sahabat blogger, blog sederhana ngiringmelajah.com hadir kembali. Pada kesempatan ini admin akan membagikan informasi yang akhir-akhir ini sedang viral yaitu tentang pemanfaatan Artificial Intelligence (AI/Kecerdasan Buatan) dalam dunia pendidikan. Salah satu aplikasi berbasis AI yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran yaitu ChatGPT. Tahukah kalian apa itu Chat GPT? Seperti apakah manfaatnya dalam pembelajaran? Yuk kita cari tahu lebih lanjut!

ChatGPT dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran

ChatGPT adalah singkatan dari "Chat Generative Pre-trained Transformer", yaitu sebuah model bahasa alami berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang dikembangkan oleh OpenAI menggunakan arsitektur Transformer dan pelatihan pre-training generatif. Model ini dirancang untuk memahami bahasa manusia dan dapat digunakan untuk menghasilkan teks yang terstruktur, seperti jawaban pada chatbot atau aplikasi NLP (Natural Language Processing).

ChatGPT sangat luas dalam pemahaman bahasa manusia dan dapat menghasilkan teks yang mirip dengan tulisan manusia, termasuk dalam beberapa bahasa yang berbeda. Model ini dilatih dengan menggunakan data dari berbagai sumber, seperti artikel, buku, dan korpus teks besar lainnya. ChatGPT telah digunakan untuk berbagai aplikasi seperti chatbot, penyelesaian kalimat, dan penyelesaian masalah NLP lainnya.

ChatGPT bekerja dengan menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) dan arsitektur Transformer yang sangat kompleks. Proses kerjanya terdiri dari beberapa tahap, yaitu:
  1. Pelatihan. Sebelum dapat digunakan, model ChatGPT dilatih dengan menggunakan data teks yang sangat besar. Data ini mencakup berbagai sumber teks seperti artikel, buku, dan korpus teks besar lainnya. Model dilatih untuk memahami struktur bahasa dan konteks kata serta frasa dalam kalimat.
  2. Pengkodean masukan. Setiap kali pengguna memasukkan pertanyaan atau kalimat sebagai masukan, masukan tersebut dikodekan menjadi bentuk yang dapat diproses oleh model. Proses pengkodean ini melibatkan beberapa tahap seperti tokenisasi, segmentasi, dan konversi ke vektor.
  3. Prosesi model. Setelah masukan dikodekan, model akan memprosesnya untuk menghasilkan keluaran yang sesuai. Model akan mempertimbangkan konteks dan struktur kalimat untuk menghasilkan jawaban yang tepat.
  4. Generasi keluaran. Setelah model selesai memproses masukan, keluaran akan dihasilkan dalam bentuk teks. Keluaran ini dapat berupa jawaban dari pertanyaan pengguna atau teks yang dihasilkan oleh model dalam tugas-tugas tertentu seperti penyelesaian kalimat atau klasifikasi teks.
  5. Evaluasi. Setelah keluaran dihasilkan, model akan mengevaluasi kualitas jawaban atau teks yang dihasilkan dengan menggunakan beberapa metrik evaluasi seperti perplexity, BLEU, dan ROUGE.
Dalam keseluruhan proses ini, ChatGPT menggunakan teknologi kecerdasan buatan yang sangat canggih untuk memahami bahasa manusia dan menghasilkan keluaran yang sesuai dengan konteks dan struktur kalimat.

Dengan adanya ChatGPT ini tentunya akan sangat membantu baik siswa ataupun guru di dalam melaksanakan proses pembelajaran. Guru dapat mencari bahan ajar memanfaatkan ChatGPT ini, mencari penjelasan yang lebih mendalam terkait materi yang akan disampaikan. Sementara siswa dapat mencari penjelasan dari materi-materi yang dipelajari dan yang belum dipahami secara maksimal. ChatGPT ini akan menjadi tambahan sumber belajar baru bagi guru dan siswa, yang dimana ChatGPT ini dapat menghadirkan materi dengan pembahasan lebih kompleks, luas, dan mendalam.

Nah bagaimana cara memanfaatkan ChatGPT ini? yuk simak penjelasannya berikut!
  • Langkah pertama silahkan buka google di laptop atau hp kalian, kemudian ketikkan chat gpt login. Selanjutnya klik yang muncul paling atas.

  • Klik tombol login

  • Selanjutnya silahkan bisa pilih masuk menggunakan akun google ataupun akun microsoft.
  • Disini saya pilih login menggunakan akun google, selanjutnya pilih akun google yang akan digunakan untuk login

  • Selanjutnya masukkan kata sandi dari akun google kalian dan klik berikutnya
  • Masukkan nama depan dan nama belakang, tanggal lahir, kemudian klik continue
  • Selanjutnya silahkan lakukan konfirmasi no Hp untuk mendapatkan kode verifikasinya. Kode verifikasi bisa dikirim via WA atau SMS. Jika ingin melalui WA klik yes pada pertanyaan Do you have whatsapp. Kemudian masukkan kode verifikasi yang telah dikirim melalui WA ataupun SMS.
  • Muncul seperti gambar di bawah ini klik next saja, kemudian terakhir klik done.


  • Setelah klik done maka aplikasi ChatGPT ini sudah dapat digunakan, selanjutnya kalian sudah bisa mencari informasi, materi pelajaran, dan lain-lain dengan cara mengetikkan hal apa yang ingin dicari, misalkan disini saya ingin mencari jenis-jenis magnet, tinggal ketik kemudian klik tombol pesawat.
  • Informasi berkaitan dengan hal yang kalian cari akan dimunculkan oleh ChatGPT dengan sangat rinci dan jelas.

ChatGPT dengan memanfaatkan Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) dapat menghadirkan informasi yang mendetail dan sangat lengkap. Seperti itulalah kecanggihan dari ChatGPT yang tentunya akan sangat sayang sekali kalau tidak kita manfaatkan terutama dalam proses pembelajaran. Guru dapat berkolaborasi dengan siswa memanfaatkan ChatGPT ini untuk keperluan pembelajaran. Misal tugaskan siswa mencari informasi terkait materi yang akan dipelajari selanjutnya tugaskan untuk membuat presentasi dari materi yang telah didapatkan melalui ChatGPT ini. Kemudian tugaskan siswa untuk mempresentasikannya di kelas.

Demikian informasi terkait ChatGPT dan pemanfaatannya yang dapat admin bagikan. Semoga bermanfaat.

Salam Ngiring Melajah.

Belum ada Komentar untuk "ChatGPT dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel