Analisis PTS Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

Kurikulum 2013 telah dilaksanakan mulai tahun 2013 sebagai pengganti kurikulum sebelumnya yaitu Kurikulum tahun 2006. Seiring berjalannya waktu istilah-istilah pada penilaian hasil belajar siswa mengalami perubahan dan penyesuaian. Sekarang istilah untuk penilaian hasil belajar siswa yaitu Penilaian Harian (dilakukan oleh pendidik), Penilaian Tengah Semester, Penilaian Akhir Semester, dan Penilaian Akhir Tahun (dilakukan oleh satuan pendidikan).

Penilaian Tengah Semester dilakukan setelah menyelesaikan separuh dari jumlah tema (KD) dalam satu semester atau setelah 8-9 minggu belajar efektif. PTS berbentuk tes tulis dan berfungsi untuk perbaikan pembelajaran selama setengah semester serta sebagai salah satu bahan pengolahan nilai rapor.

Setelah melaksanakan Penilaian Tengah Semester, tentunya tugas guru selanjutnya adalah melakukan analisis terhadap hasil PTS tersebut. Analisis dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat ketercapaian belajar siswa selama setengah semester. Selain itu analisis ini juga berfungsi untuk mengetahui tingkat kesukaran dan tingkat kevalidan masing-masing butir soal. Hasil dari analisis ini dapat digunakan oleh guru untuk memberikan program remidial dan pengayaan. Program remidial diberikan bagi siswa yang nilainya belum mencapai KKM yang telah ditentukan. Sedangkan program pengayaan diberikan bagi siswa yang nilainya telah melampaui KKM.


Bagi rekan-rekan guru Kelas VI di Kota Denpasar yang menyelenggarakan Penilaian Tengah Semester bersama, dapat menggunakan analisis penilaian tengah semester berikut untuk membantu memudahkan dalam mengolah nilai.




Analisis PTS Semester 1 (unduh)
Analisis PTS Semester 1 (unduh)

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.
Salam Ngiring Melajah 

Belum ada Komentar untuk "Analisis PTS Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel