Materi IPA Kelas VI Tema 2 Subtema 1 - Adaptasi Tumbuhan

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua selalu dalam keadaan sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu menerapkan 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas).

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan) dengan materi adaptasi tumbuhan. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!

Materi IPA Kelas VI Tema 2 Subtema 1 - Adaptasi Tumbuhan


ADAPTASI TUMBUHAN

Tahukah kamu bahwa diperlukan kemampuan untuk melakukan penyesuaian atau adaptasi ketika kita ingin menciptakan kerukunan dalam perbedaan?

Masih ingatkah kamu pepatah ‘Di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung’? Pepatah ini mempunyai makna, apabila kita berada di tempat yang baru maka kita perlu menyesuaikan diri dengan keadaan setempat agar kita bisa diterima dan hidup berdampingan dengan damai. Hal ini juga berlaku pada tumbuhan. Agar keberlangsungan hidupnya terjamin, maka tumbuhan harus mampu melakukan adaptasi sesuai kondisi lingkungannya. Bagaimana cara tumbuhan beradaptasi? Ayo, kita pelajari!



Baca materi berikut ini ya anak-anak!

Berikut bentuk-bentuk adaptasi (penyesuaian diri) tumbuhan.

Adaptasi Tumbuhan Terhadap Kondisi Lingkungan


Setiap jenis tumbuhan memiliki ciri-ciri yang berbeda. Ada tumbuhan yang memiliki ciri khusus pada tubuhnya, seperti batang berduri, daun yang lebar, atau akar yang muncul ke permukaan tanah. Perbedaan ciri setiap jenis tumbuhan merupakan salah satu bentuk penyesuaian diri atau adaptasi.

Adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. Adaptasi dilakukan tumbuhan agar tetap dapat bertahan hidup. Lingkungan tempat tumbuhan hidup disebut habitat. Habitat jenis tumbuhan satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Berikut contoh adaptasi tumbuhan terhadap habitatnya.

  • Adaptasi Tumbuhan pada Lingkungan Kering
Tumbuhan yang dapat hidup di lingkungan yang memiliki sedikit air disebut Xerofit. Contoh tumbuhannya yaitu: pohon kurma, lidah buaya, cocor bebek, dan kaktus. 

Tanaman Kaktus

Tanaman Cocor Bebek

Tanaman Lidah Buaya

Berikut bentuk adaptasi yang dilakukan kaktus yaitu: daun termodifikasi berbentuk duri untuk mengurangi penguapan, permukaan batang berlapis lilin, akar yang sangat panjang untuk mencari sumber air, dan batang tebal yang berisi banyak cadangan air.
  • Adaptasi Tumbuhan pada Lingkungan Air

 Tumbuhan yangdapat hidup di lingkungan air disebut Hidrofit. Contoh tumbuhan hidrofit adalah teratai dan enceng gondok.


Tanaman Teratai

Tanaman Enceng Gondok


Adaptasi tumbuhan tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Teratai memiliki daun yang lebar untuk mempercepat penguapan. Daun yang lebar juga berfungsi agar dapat mengapung di permukaan air. Daunnya berlapis lilin untuk mencegah daun membusuk karena selalu terkena air.
  2. Enceng gondok memiliki pangkal tangkai daun berongga yang berfungsi untuk membantu mengapung di permukaan air. Akarnya lebat untuk menjaga keseimbangan tumbuhan agar tidak terbalik. 
  • Adaptasi Tumbuhan pada Lingkungan Berkadar Garam Tinggi
Tumbuhan yang dapat hidup di lingkungan dengan kadar garam tinggi disebut Halofit. Contoh lingkungan dengan kadar garam tinggi, yaitu laut, muara sungai, dan pantai. Keadaan tanah di tempat itu biasanya berlumpur dan berpasir serta sedikit mengandung oksigen. Contoh tumbuhan yang hidup di lingkungan berkadar garam tinggi yaitu bakau.

Tumbuhan Bakau

Beberapa jenis tumbuhan bakau memiliki akar napas yang tumbuh ke atas permukaan tanah untuk memperoleh oksigen. Ada juga tumbuhan bakau yang memiliki akar tunjang untuk menopang tumbuhan di tanah yang berlumpur dan menahan terjangan ombak. Selain itu, daunnya kaku dan tebal dengan permukaan licin berfungsi untuk mengurangi penguapan dan menyimpan air. Bagian bawah daun bakau memiliki kelenjar untuk mengeluarkan kelebihan kadar garam.
  • Adaptasi Tumbuhan pada Lingkungan Lembap
Tumbuhan yang dapat hidup di lingkungan lembap disebut Higrofit. Contoh tumbuhan higrofit adalah begonia dan tumbuhan paku. Oleh karena hidup di tempat lembap, penguapan terjadi dengan lambat. Air dikeluarkan melalui struktur khusus pada daun yang disebut stomata air (hidatoda).

Tanaman Begonia

Tumbuhan Paku

  • Adaptasi Tumbuhan pada Lingkungan Miskin Nitrogen
Tumbuhan yang hidup di lingkungan miskin nitrogen biasanya melakukan penyesuaian diri dengan memerangkap serangga kemudian mencerna sebagai sumber nitrogen. Contohnya yaitu kantong semar dan venus.

Tumbuhan Venus

Tumbuhan Kantong Semar


Adaptasi Tumbuhan Untuk Berkembang Biak


Selain untuk bertahan hidup, beberapa tumbuhan juga melakukan adaptasi untuk membantu perkembangbiakannya. Contohnya adalah sebagai berikut.
  1. Bunga Raflesia mengeluarkan bau busuk untuk menarik perhatian serangga. Serangga yang hinggap dapat membantu penyerbukannya.
  2. Tumbuhan seperti mawar, melati, dan anggrek memiliki mahkota bunga yang berwarna mencolok dan kelenjar nektar untuk menarik perhatian serangga yang membantu penyerbukan.
  3. Bunga dandelion memiliki cara yang unik dalam penyebaran benihnya. Benih yang sekaligus buahnya memiliki struktur tambahan seperti serabut halus yang membantunya agar mudah terbawa angin. Jika benih tersebut jatuh di tempat yang sesuai, benih itu akan tumbuh menjadi tumbuhan baru.

Adaptasi Tumbuhan Untuk Melindungi Diri


Selain penyesuaian diri terhadap lingkungan, beberapa jenis tumbuhan memiliki ciri khusus sebagai perlindungan diri dari pemangsa. Tumbuhan tidak dapat bergerak atau berpindah tempat jika ada pemangsa yang datang. Oleh karena itu, tumbuhan melakukan beberapa penyesuaian diri untuk melindungi diri dari pemangsa. Berikut beberapa contoh penyesuaian diri yang dilakukan tumbuhan untuk melindungi diri.

  • Memiliki Duri
Beberapa tumbuhan memiliki duri pada batangnya atau buahnya untuk melindungi diri dari pemangsa. Contoh, tumbuhan mawar, bugenvil, rotan, kaktus, salak, putri malu, dan durian.

Duri pada tanaman mawar

  • Memiliki Rambut Halus
Beberapa tumbuhan seperti bambu, jagung, terung, dan tebu memiliki rambut halus (gelugut) di permukaan batang maupun daunnya. Salah satu fungsi rambut halus tersebut adalah dapat menimbulkan rasa gatal bila disentuh oleh pemangsa.

Rambut halus pada tanaman bambu

  • Memiliki Daun yang Tajam
Nanas, lidah buaya, dan kaktus memiliki daun yang tajam dan berduri di bagian tepinya. Hal ini juga bertujuan untuk melindungi diri dari pemangsa.

Daun yang tajam pada tumbuhan nanas

  • Menghasilkan Getah
Tumbuhan seperti sawo, pepaya, karet, mangga, patah tulang, dan nangka dapat menghasilkan getah jika tergores. Getah tersebut akan menempel pada tubuh hewan pemangsa sehingga hewan tersebut sulit bergerak. Pada beberapa tumbuhan, getahnya dapat menyebabkan perih pada kulit sehingga hewan-hewan tidak berani memakannya.

Getah pada tumbuhan nangka

  • Menghasilkan Racun 
Contoh tumbuhan yang menghasilkan racun adalah jarak dan kecubung. Buah jarak mengandung racun yang dapat mematikan bagi hewan yang memangsanya. Kecubung juga mengandung racun. Efek yang ditimbulkan jika dikonsumsi, antara lain mual, muntah, sesak napas, rasa gelisah, mulut terasa kaku, dan halusinasi.

Buah jarak yang mengandung racun



Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi adaptasi tumbuhan, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Adaptasi Tumbuhan



Demikian materi terkait adaptasi tumbuhan. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Materi IPA Kelas VI Tema 2 Subtema 1 - Adaptasi Tumbuhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel