Membuat dan Mengaktifkan Menu di Blog

Haii... sahabat blogger, jumpa lagi di blog ngiringmelajah.com. Pada kesempatan ini admin akan membagikan tutorial membuat dan mengaktifkan menu di blog.
Untuk memudahkan pengunjung blog kita tertuju pada postingan yang diinginkan, maka pada blog kita perlu dibuatkan menu-menu yang terhubung ke postingan ataupun ke label postingan. Selain itu, tampilan menu ini juga kan membuat blog kita menjadi lebih rapi dan menarik. Coba perhatikan blog pada gambar berikut ini! 



Dengan menekan tombol-tombol menu yang ada di bawah header tersebut, maka peserta akan diarahkan menuju ke postingan ataupun label postingan atau bahkan ke web/situs lain. Menarik bukan? Nah ... bagaimanakah caranya membuat dan mengaktifkan menu di blog? Perhatikan tutorialnya berikut ini!


Berikut langkah-langkah membuat dan mengaktifkan menu di blog.
  • Login di http://www.blogger.com atau klik disini dengan email dan password yang digunakan membuat blog sebelumnya.
  • Klik menu Tata Letak, seperti gambar berikut. 
  • Setelah mengklik tata letak fokuslah pada bagian seluruh kolom kemudian klik Tambahkan Gadget, seperti gambar berikut.
  • Selanjutnya silahkan pilih gadget Halaman, kemudian klik tanda +.
  • Untuk membuat menu yang terhubung dengan postingan, label postingan, atau dengan web/situs lain, klik tambahkan link eksternal.
  • Pada bagian judul silahkan isi judul menunya, misal: Presensi, kemudian pada bagian alamat web silahkan hapus http:// sampai kotaknya kosong, selanjutnya jika ingin menu terhubung ke postingan maka pada kotak alamat web isikan link postingan blog, jika ingin menu terhubung ke label postingan maka pada kotak alamat web isikan link label postingan blog, dan jika ingin menu terhubung ke web/situs lain maka pada kotak alamat web isikan link web/situs lain, terus klik simpan tautan.
  • Untuk mendapat link postingan caranya buka blog kita terus klik salah satu postingan yang akan dihubungkan ke menu, kemudian copy link urlnya.


  • Untuk mendapat link label postingan caranya buka blog kita terus klik salah satu label yang akan dihubungkan ke menu, kemudian copy link urlnya.

  • Setelah memperoleh link postingan atau link label kemudian link tersebut dipastekan kotak alamat web seperti gambar berikut, kemudian klik simpan tautan terus klik simpan. 

  • Jika semua menu sudah selesai dibuat maka jangan lupa untuk mengklik tombol save dipojok kanan bawah seperti gambar berikut.



Demikian tutorial membuat dan mengaktifkan menu di blog yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat. Terimakasih.


Salam ngiring melajah.

4 Komentar untuk "Membuat dan Mengaktifkan Menu di Blog"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel