Materi IPS Kelas VI Tema 2 Subtema 3 - Kemerdekaan dan Kesejahteraan Rakyat

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua selalu dalam keadaan sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu menerapkan 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas).

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan) dengan materi kemerdekaan dan kesejahteraan rakyat. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!

Materi IPS Kelas VI Tema 2 Subtema 3 - Kemerdekaan dan Kesejahteraan Rakyat


Kemerdekaan dan Kesejahteraan Rakyat


Sebelum kita memulai materi simaklah teks berikut!



Kemerdekaan memberikan manfaat yang sangat luar biasa untuk rakyat Indonesia di segala bidang kehidupan. Untuk itu kewajiban kita sebagai warga negara untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif.

Manfaat Kemerdekaan bagi Kesejahteraan Bangsa Indonesia


Pada masa penjajahan, bangsa Indonesia tidak mendapatkan hak-haknya sebagai warga negara. Bangsa Indonesia juga mengalami kesengsaraan. Setelah kemerdekaan diproklamasikan, kehidupan bangsa Indonesia berangsur membaik. Bangsa Indonesia memulai pembangunan dalam berbagai bidang.

Pendidikan

Bangsa Indonesia melaksanakan pembangunan di bidang pendidikan. Pada masa penjajahan, pendidikan hanya dimiliki oleh golongan bangsawan. Selain itu, hanya kaum laki-laki saja yang berhak memperoleh pendidikan. Setelah kemerdekaan, seluruh rakyat Indonesia berhak memperoleh pendidikan yang layak. Laki-laki dan perempuan memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Pendidikan yang layak untuk semua golongan merupakan salah satu tujuan bangsa Indonesia yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alenia keempat yaitu "mencerdaskan kehidupan bangsa".

Seluruh rakyat Indonesia berhak memperoleh pendidikan


Perekonomian

Sebelum merdeka, sebagian besar rakyat Indonesia hidup dalam perekonomian yang sulit. Kebijakan para penjajah amat menyengsarakan rakyat. Bahkan, beberapa kebijakan seperti tanam paksa, kerja rodi, dan romusha menyebabkan kematian rakyat.

Setelah merdeka, perekonomian Indonesia berhasil dikuasai oleh negara. Pemerintah mulai memperbaiki perekonomian bangsa Indonesia. Rakyat Indonesia dibebaskan untuk melakukan kegiatan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraannya. Hal ini sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alenia kedua yaitu "kemerdekaan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur".

Seluruh rakyat Indonesia bebas melakukan kegiatan ekonomi

Sosial

Setelah proklamasi kemerdekaan, setiap rakyat Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang sama. Tidak ada lagi rakyat Indonesia seperti pada masa penjajahan. Setiap suku memiliki derajat yang sama. Keberagaman budaya pun mulai terlihat dan dilestarikan sebagai kekayaan bangsa.

Meningkatkan kesejahteraan rakyat merupakan tanggung jawab pemerintah. Akan tetapi, sebagai warga negara kita dapat ikut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Misalnya dengan membuka lapangan pekerjaan untuk mengurangi pengangguran. 

Lapangan pekerjaan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat 


Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat pada Masa Awal Kemerdekaan

Pada masa awal kemerdekaan, perekonomian Indonesia mengalami keterpurukan. Untuk mengatasi masalah perekonomian, pemerintah menerapkan beberapa kebijakan sebagai berikut.

Kebijakan Oeang Republik Indonesia (ORI)


Oeang Republik Indonesia adalah pemberlakuan mata uang Republik Indonesia sebagai alat tukar resmi. Pada 1 Oktober 1946, pemerintah mengeluarkan larangan menggunakan mata uang NICA da digantikan dengan penggunaan ORI sebagai alat pembayaran resmi. Pada 25 Oktober 1946, diberlakukan kebijakan yang mengatur pertukaran uang Jepang.

Konferensi Ekonomi


Pada tahun 1946, Menteri Kemakmuran, Darmawan Mangunkusumo, mengundang para kepala daerah di Pulau Jawa untuk mengadakan Konferensi Ekonomi. Konferensi ini bertujuan memperoleh kesepakatan dalam mengatasi permasalahan ekonomi yang mendesak. Pada 6 Mei 1946 diadakan Konferensi Ekonomi II yang membahas permasalahan program ekonomi pemerintah, keuangan negara, ketenagakerjaan, kegiatan distribusi, dan pengendalian harga barang.

Pinjaman Nasional


Menteri keuangan saat itu, Surachman, mengusulkan program pinjaman nasional yang diwujudkan dengan pendirian Bank Tabungan Pos. Tugasnya adalah menyalurkan pinjaman nasional untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

Badan Perancang Ekonomi (Planning Board)


Pada tahun 1947, Menteri Kemakmuran, A. K. Gani mengusulkan pembentukan Badan Perancang Ekonomi. Badan ini bertugas menyusun rencana pembangunan ekonomi berjangka waktu 2 - 3 tahun yang kemudian disepakati sebagai Rencana Pembangunan Sepuluh Tahun. Program rencana ini meliputi menasionalkan bangunan umum, perkebunan, dan industri menjadi milik negara serta penyitaan perusahaan milik Jepang sebagai ganti rugi terhadap Indonesia.

Rencana Kasimo


Menteri Urusan Bahan Makanan I. J. Kasimo menyusun sebuah program yang disebut Rancana Kasimo. Program ini merupakan rencana produksi berjangka waktu 3 tahun mengenai usaha swasembada pangan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan meningkatkan produksi pangan.

Persatuan Tenaga Ekonomi


Organisasi yang dipimpin B.R. Motik ini bertujuan untuk menggiatkan kembali partisipasi pengusaha swasta. Dengan dibentuknya PTE juga diharapkan dapat dan melenyapkan individualisasi di kalangan organisasi pedagang sehingga dapat memperkokoh ketahanan ekonomi bangsa Indonesia.



Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi kemerdekaan dan kesejahteraan rakyat, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Kemerdekaan dan Kesejahteraan Rakyat



Demikian materi terkait kemerdekaan dan kesejahteraan rakyat. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Materi IPS Kelas VI Tema 2 Subtema 3 - Kemerdekaan dan Kesejahteraan Rakyat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel