Materi Bahasa Indonesia Kelas VI Tema 2 Subtema 1 - Informasi Penting dan Penyajiannya dalam Bentuk Peta Pikiran

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua selalu dalam keadaan sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu menerapkan 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas).

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan) dengan materi informasi penting dan penyajiannya dalam bentuk peta pikiran. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!

Materi Bahasa Indonesia Kelas VI Tema 2 Subtema 1 - Informasi Penting dan Penyajiannya dalam Bentuk Peta Pikiran



Informasi Penting

Suatu teks memiliki informasi penting. Informasi penting dapat kita temukan dengan membaca teks secara utuh. Kita juga dapat menemukan informasi penting menggunakan kata tanya apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, da bagaimana. Dengan membuat pertanyaan menggunakan kata tanya dan mencari jawabannya dari pertanyaan tersebut, kita akan lebih mudah menemukan informasi penting.

Informasi penting yang sudah kita temukan dapat kita sajikan dalam bentuk peta pikiran. Peta pikiran membuat kita lebih mudah memahami dan mengingat informasi penting dalam suatu bacaan atau teks.


Peta Pikiran

Peta pikiran atau mind mapping adalah suatu cara untuk mengorganisasikan dan menyajikan konsep, ide, tugas, atau informasi lainnya dalam bentuk diagram. Peta pikiran umumnya menyajikan informasi yang terhubung dengan topik sentral dalam bentuk kata kunci, gambar, dan warna sehingga suatu informasi dapat dipelajari dan diingat secara cepat dan efisien.

Peta pikiran dapat dibuat dengan menggunakan kata tanya. Kata tanya digunakan untuk menemukan informasi penting yang terdapat dalam bacaan atau teks. Berikut adalah kata tanya beserta fungsinya yang dapat digunakan untuk membuat peta pikiran.
  1. Apa ----> Kata tanya untuk menanyakan hal atau peristiwa yang terjadi.
  2. Siapa ----> Kata tanya untuk menanyakan seseorang atau pelaku yang terlibat dalam suatu peristiwa.
  3. Kapan ----> Kata tanya untuk menanyakan waktu terjadinya suatu peristiwa.
  4. Dimana ----> Kata tanya untuk menanyakan tempat terjadinya suatu peristiwa.
  5. Mengapa ----> Kata tanya untuk menanyakan penyebab terjadinya suatu peristiwa.
  6. Bagaimana ----> Kata tanya untuk menanyakan cara atau proses terjadinya suatu peristiwa.
Contoh:

Perhatikan teks berikut ini!
    Tahukah kamu sejarah penyusunan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dibacakan oleh Soekarno? Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia disusun oleh Soekarno, Moh. Hatta, dan Ahmad Soebardjo di rumah Laksamana Maeda di Jalan Imam Bonjol No. 1. Naskah tersebut disusun dengan cara mengumpulkan ide dan juga mendiskusikannya terlebih dahulu.
    Setelah susunan bahasa dalam nnaskah proklamasi dianggap sudah runut dan bagus, naskah tersebut diketik oleh Sayuti Melik ditemani oleh B. M. Diah. Awalnya naskah proklamasi yang sudah disepakati akan diketik menggunakan mesin tik milik Laksamana Maeda menggunakan huruf kanji sehingga Sayuti Melik meminjam mesin tik milik Konsulat Jerman.
    Naskah proklamasi yang sudah diketik ditandatangani oleh Soekarno dan Moh. Hatta sebagai wakil bangsa Indonesia. Selanjutnya, pada pagi hari dilakukan upacara proklamasi di halaman rumah Soekarno, yaitu di Jalan Proklamasi No. 1 pukul 10.00 wib. 

Sebelum membuat peta pikirannya, langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu menyusun daftar pertanyaannya terlebih dahulu yang sesuai dengan teks diatas untuk menemukan informasi pentingnya.

Berikut daftar pertanyaannya.
  1. Peristiwa apakah yang terjadi pada teks di atas?
  2. Siapakah tokoh yang menyusun teks proklamasi?
  3. Kapan peristiwa tersebut terjadi?
  4. Dimanakah penyusunan teks proklamasi dilaksanakan?
  5. Mengapa peristiwa tersebut terjadi?
  6. Bagaimanakah cara menyusun teks proklamasi?

Setelah menyusun daftar pertanyaan, mulailah mencari jawaban untuk menemukan informasi penting pada teks tersebut. Selanjutnya susunlah jawaban ke dalam diagram sehingga menjadi sebuah peta pikiran.

Maka akan menjadi sebuah peta pikiran seperti di bawah ini.


Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi informasi penting dan penyajiannya dalam bentuk peta pikiran, simaklah video berikut ini!

Video Materi Informasi Penting dan Penyajiannya (Peta Pikiran)


Demikian materi terkait Informasi Penting dan Penyajiannya dalam Bentuk Peta Pikiran. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.


Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Materi Bahasa Indonesia Kelas VI Tema 2 Subtema 1 - Informasi Penting dan Penyajiannya dalam Bentuk Peta Pikiran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel