Tutorial Membuat Teka-teki Silang dengan Aplikasi Eclipse Crossword

Haii... sahabat bloger, berjumpa lagi di blog ngiringmelajah.com. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan tutorial sederhana cara membuat teka-teki silang.

Teka-teki silang atau sering disingkat TTS adalah suatu permainan kata yang biasanya berbentuk serangkaian ruang-ruang kosong berbentuk kotak berwarna hitam dan putih. Mengisi TTS memang sangat mengasyikkan selain berguna untuk mengingat kosakata, TTS juga bermanfaat untuk menambah pengetahuan. 

Selain itu, dikarenakan kegiatan mengisi TTS yang mengasyikkan, maka TTS ini juga sangat baik digunakan sebagai media dalam pembelajaran di kelas sehingga kegiatan guru menjadi lebih bervariasi. Namun, jika TTS ini dibuat sendiri oleh guru, maka akan memerlukan waktu yang lama dan keahlian tersendiri. Nah... untuk memudahkan guru dalam membuat TTS, kini sudah tersedia banyak software yang dapat digunakan untuk membuat TTS diantaranya Crossword forge, Eclipse crossword, Puzzlemaker, dan lain-lain. 
Kali ini admin akan membahas bagaimana cara membuat TTS menggunakan aplikasi Eclipse crossword. Adapun langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut.
  • Install software Eclipse Crossword dari situs resminya atau download DISINI
  • Jalankan program klik start – all program - Eclipse Crossword
  • Muncul gambar seperti di atas. Pada start a new crossword, or work an old one? Pilih I would like to start a new crossword. Kemudian klik Next.
  • Pada Have you already created a word list, or do you want to make one now? Pilih Let me create a word list from scratch now. Selanjutnya klik Next.
  • Langkah berikut, masukan kata pada field “word” sebagai jawaban misalnya ‘DENPASAR’ dan masukan pertanyaan pada field “Clue for the word” misalnya 'Ibukota Provinsi Bali'. Kemudian klik tombol Add word to list. Masukan jawaban dan pertanyaan sejumlah yang diinginkan. Misal seperti gambar berikut.
  • Selanjutnya setelah selesai membuat jawaban dan pertanyaan, silakan klik Next maka akan muncul pertanyaan Do you want to save this word list for future use before continuing? Pilih No seperti gambar berikut.
  • Selanjutnya akan muncul seperti gambar berikut.
  • Pada field Name of this crossword masukan judul TTS misalnya 'TTS Ibukota Provinsi' kemudian pada field Your name masukan nama pembuat TTS misalnya 'Edy Pariawan' lalu klik Next.
  • Atur banyaknya kotak kesamping (wide) dan kebawah (tall) dengan mengubah angka pada I want the crossword puzzle to be sesuai dengan kebutuhan lalu klik Next.
  • Tunggu proses generate selesai
  • Bila susunannya belum memuaskan maka kita bisa mengubahnya dengan mengklik Make another puzzle like this one, jika sudah dirasa cocok maka klik Next.
  • Selesai sudah proses pembuatan TTS, kita bisa menyimpannya pada komputer atau bisa juga menyimpan di blog atau web dan bisa mencetaknya. Jika mau menyimpan di komputer tinggal pilih Save crossword atau Save list. Untuk menyimpan di blog pilih Save as web page.
  • Kalau ingin mencetak hasil pekerjaan pilih Print crossword. Puzzle grid with answer (kotak TTS yang sudah ada jawabannya). List of clues with answers (daftar pertanyaan dan kunci jawaban). Empty puzzle grid (TTS berupa kotak kosong). Word bank (daftar pertanyaan). Clues (jawaban).
Demikianlah cara membuat TTS dengan menggunakan aplikasi Eclipse Crossword semoga bermanfaat, salam ngiring melajah.

Terimakasih

1 Komentar untuk "Tutorial Membuat Teka-teki Silang dengan Aplikasi Eclipse Crossword"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel