Materi SBdP Kelas VI Tema 7 Subtema 2 - Tari Berpasangan

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Kita berjumpa lagi di semester 2. Semoga kalian semua selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 7 (Kepemimpinan) dengan materi tari berpasangan. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!

Materi SBdP Kelas VI Tema 7 Subtema 2 - Tari Berpasangan



Anak-anak sebelum masuk ke materi yuk kita budayakan membaca. Bacalah teks nonfiksi berikut ini!

Ragam Tarian di Indonesia

Indonesia kaya akan budaya diantaranya karya tari. Setiap daerah memiliki karya tari kreasi yang berbeda-beda. Apakah yang dimaksud dengan tari kreasi? Tari kreasi adalah tari yang gerakannya merupakan perkembangan dari gerak tari tradisional. Tari kreasi tidak memiliki aturan tertentu, baik gerak maupun aspek lainnya yang terdapat dalam tarian.

Ada tiga jenis tari kreasi yaitu tari kreasi daerah/tradisional, tari kreasi modern, dan tari kreasi kontemporer. Tari kreasi daerah/tradisional adalah tari yang mengalami perubahan dari tari tradisi, baik dari bentuk, gerak, ataupun aspek lainnya tetapi tetap dalam konteks ciri khas dari daerah tersebut. Tari kreasi modern adalah tari yang memiliki tidak aturan tertentu baik dalam bentuk gerak ataupun aspek lainnya. Tari kontemporer adalah tarian yang dibuat berdasarkan isu yang beredar pada waktu tertentu.

Bentuk karya tari kreasi dapat berupa bentuk tari tunggal, tari berpasangan, dan tari berkelompok. Tari tunggal adalah karya tari yang diperagakan oleh seorang penari. Tari berpasangan adalah karya tari yang diperagakan oleh dua orang penari. Adapun tari berkelompok adalah tari yang diperagakan oleh lebih dari dua orang penari.

Nah, sepintas pada teks tersebut kalian diberikan penjelasan tentang materi yang akan kita bahas hari ini yaitu tentang Tari Berpasangan. Yuk kita bahas lebih lanjut lagi.

Tari Berpasangan

Tari berpasangan adalah tari yang dibawakan oleh dua orang penari atau secara berpasangan. Tari berpasangan dapat dilakukan oleh pasngan penari putri dan putri, pasangan penari putra dan putra, atau pasangan penari putra dan putri.

Berikut contoh tari berpasangan.












Berikut contoh-contoh lain tari tunggal beserta asal daerahnya



Unsur-Unsur Tari dalam Tari Berpasangan

Di dalam tari terdapat berbagai unsur. Unsur-unsur dalam tari berpasangan sama dengan tari tunggal. Unsur-unsur tari meliputi gerakan tari, iringan musik dalam tari, properti tari, cara penyampaian pesan dalam tari, dan tata letak panggung. Setiap jenis tari memengaruhi unsur-unsur dalam tari. Unsur-unsur tari merupakan kesatuan dalam tari sehingga menciptakan tari yang indah.

Berikut penjelasan unsur-unsur tari berpasangan









Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi tari berpasangan, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Tari Berpasangan


 

Demikian materi terkait tari berpasangan. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Materi SBdP Kelas VI Tema 7 Subtema 2 - Tari Berpasangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel