Materi IPA Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 - Gerhana Matahari dan Sistem Penanggalan

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Kita berjumpa lagi di semester 2. Semoga kalian semua selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 8 (Bumiku) dengan materi gerhana matahari dan sistem penanggalan. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!

Materi IPA Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 - Gerhana Matahari dan Sistem Penanggalan




Anak-anak coba kalian perhatikan gambar berikut ini!



Gerhana Matahari

Gerhana matahari merupakan peristiwa saat matahari tidak tampak utuh bulat atau bahkan tidak tampak sama sekali. Gerhana matahari terjadi ketika bumi, bulan, dan matahari berda dalam satu garis lurus. Posisi bulan berada diantara bumi dan matahari. Cahaya matahari yang menuju ke bumi terhakang oleh bulan, sehingga bayangan bulan jatuh ke permukaan bumi.  

Gerhana matahari terjadi karena cahaya matahari menuju bumi terhalang oleh bulan

Gerhana matahari terjadi pada siang hari, yaitu pada fase bulan baru dan hanya berlangsung beberapa menit saja. Ukuran bulan yang lebih kecil dari bumi, mengakibatkan bayangan bulan hanya mengenai sebagian wilayah bumi. Oleh karena itu, gerhana matahari tidak terjadi di seluruh tempat di bumi. 

Berdasarkan letak posisi bayangan yang dihasilkan dari posisi bulan, gerhana matahari terbagi menjadi 3 jenis yaitu sebagai berikut.
  • Gerhana matahari total
Gerhana matahari total terjadi pada permukaan bumi yang terkenan bayangan umbra bulan. Gerhana matahari total selalu diawali dan diakhiri oleh gerhana matahari sebagian.
  • Gerhana matahari cincin
Gerhana matahari cincin terjadi pada permukaan bumi yang terkena lanjutan bayang-bayang inti. Posisi bulan berada pada titik terjauh dari bumi.
  • Gerhana matahari sebagian
Gerhana matahari sebagian terjai pada permukaan bumi yang terkenan bayangan penumbra bulan. Gerhana matahari sebagian berlangsung lebih lama daripada gerhana matahari total.

Sistem Penanggalan

Kalian mungkinpernah melihat kalender yang memuat hari yang sama dengan tanggal dan bulan yang berbeda. Kalender yang biasa dilihat menggunbakan dua sistem penanggalan yaitu penanggalan Masehi dan penanggalan Hijriah. Penanggalan Masehi menggunakan dasar revolusi bumi sedangkan Penanggalan Hijriah menggunakan dasar peredaran bulan.

Tahun Masehi atau Syamsiah juga disebut dengan tahun matahari, karena kala bumi mengelilingi matahari adalah 365 seperempat hari. Dalam kalender Masehi, satu tahun teridir dari 12 bulan dan setiap bulannya terdiri dari 30 atau 31 hari, kecuali bulan Februari hanya 28 hari. Sisa seperempat hari dari setiap tahun dikumpulkan selama 4 tahun menjadi 1 hari. Tambahan 1 hari tersebut dimasukkan ke bulan Februari yang biasanya 28 hari menjadi 29 hari. Satu tahun yang terdiri atas 366 hari disebut sebagai Tahun Kabisat.

Berbeda dengan tahun Masehi, sistem penanggalan tahun Hijriah atau tahun Komariah didasarkan pada revolusi bulan. Bulan mengelilingi bumi dalam satu bulan selama 29 setengah hari. Dalam satu tahun ada 12 bulan, maka jumlah hari dalam satu tahun Hijriah adalah 354 hari. 

Berikut perbandingan jumlah hari setiap bulannya dalam kalender Masehi dan kalender Hijriah

Sistem Pembagian Hari pada Kalender Masehi

Sistem Pembagian Hari pada Kalender Hijriah


Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi gerhana matahari dan sistem penanggalan, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Gerhana Matahari dan Sistem Penanggalan 




Demikian materi terkait gerhana matahari dan sistem penanggalan. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Materi IPA Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 - Gerhana Matahari dan Sistem Penanggalan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel