Materi SBdP Kelas VI Tema 8 Subtema 1 - Interval Nada

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Kita berjumpa lagi di semester 2. Semoga kalian semua selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 8 (Bumiku) dengan materi interval nada. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!

Materi SBdP Kelas VI Tema 8 Subtema 1 - Interval Nada



Kamu telah mempelajari materi interval nada pada tema sebelumnya. Ayo kita ingat kembali materi tentang interval nada! Apakah itu interval nada? Iya, Interval Nada adalah jarak antara nada-nada yang terdapat dalam tangga nada. Setiap interval nada dalam tangga nada dengan jarak yang berbeda akan diberi nama yang berbeda juga, Interval nada bernilai jarak 1 dan 1/2. Jarak nada C-D bernilai satu, sedangkan nada E-F dan B-C bernilai 1/2.  

Ada dua jenis interval nada, yaitu interval nada harmonis dan interval nada melodis. 
Interval nada harmonis adalah dua nada yang dimainkan secara bersamaan.
Interval nada melodis adalah dua nada yang dimainkan satu nadda, kemudian menyusul satu nada lainnya secara berurutan.
Silahkan kalian coba mainkan nada-nada menggunakan alat musik, misalnya pianika. Mainkan dua nada dengan interval nada harmonis dan melodis. Misal, saat memainkan interval nada harmonis, tekan nada C dan D secara bersamaan. Saat memainkan nada melodis, tekan nada C kemudian tekan nada D secara bergantian. Apakah terdengar berbeda dan enak didengar?

Interval Nada D Mayor

Bagaimana bentuk interval tangga nada C mayor? Tangga nada C mayor terdiri dari C - D - E - F - G - A - B - C'. Interval nada pada tangga nada C mayor, yaitu 1 - 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2. Jika ada lagu dengan nada dasar D mayor, artinya nada ke-1 atau Do dimulai dari nada D. Ketika memainkan lagu dengan alat musik, maka nada D yang dijadikan sebagai nada Do. Bagaimana cara menentukan interval nada tangga nada D mayor? Kita dapat menentukannya dengan pedoman interval nada C mayor.

Tangga nada D mayor diawali dengan nada D sebagai nada pertama. Urutan tangga nada D mayor yaitu sebagai berikut.
D - E - F - G - A - B - C - D'
Sesuai dengan interval nada C mayor, maka akan mendapat interval nada menjadi



Akan tetapi, interval nada tersebut belum sesuai dengan interval nada C mayor, yaitu 1 - 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2. Ada dua nada yang harus dinaikkan agar interval nadanya berubah. Nada tersebut adalah nada F dan C. Nada F diubah menjadi Fis dan nada C diubah menjadi Cis. Dengan begitu, interval nada D mayor akan berubah menjadi,



Interval Nada G Mayor

Di atas kalian sudah mempelajari interval nada D mayor. Kalian juga sudah mempelajari cara mengubah interval nada D mayor agar sesuai dengan interval nada C mayor. Sekarang, kalian akan mengubah interval nada G mayor.

Tangga nada G mayor memiliki nada G sebagai nada dasar atau nada pertama menjadi Do. Tangga nada G mayor memiliki urutan nada sebagai berikut.
G - A - B - C - D - E - F - G'
Sesuai dengan interval nada C mayor, maka akan mendapat interval nada G mayor menjadi,


Akan tetapi, interval nada tersebut belum sesuai dengan interval nada c mayor, yaitu 1 - 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2. Ada satu nada yang harus dinaikkan agar interval nadanya berubah. Nada tersebut adalah nada F. Nada F diubah menjadi Fis. Dengan begitu, interval nada G mayor akan berubah menjadi,


 

Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi interval nada, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Interval Nada 




Demikian materi terkait interval nada. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

2 Komentar untuk "Materi SBdP Kelas VI Tema 8 Subtema 1 - Interval Nada"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Seperti halnya kehidupan yang memiliki. Intervalnya. Nadapun demikian rupanya, ada waktunya dinaikkan ada masanya diturunkan. Semuanya menuju harmonisasi. Mayor minorpun berpadu dalam ketukan melodi.

    Terimakasih materinya admin ngiring melajah

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel