Tugas Modul 3.2.a.7 Demonstrasi Kontekstual - Pemetaan 7 Aset yang Dimiliki Sekolah

 
Tugas Modul 3.2.a.7 Demonstrasi Kontekstual - Pemetaan 7 Aset yang Dimiliki Sekolah


Semangat pagi, salam bahagia

Haii ... sahabat blogger, jumpa lagi di blog sederhana ngiringmelajah.com. Pada kesempatan kali ini ijinkan admin berbagi terkait tugas pelatihan guru penggerak. Adapun tugas yang dapat admin bagikan yaitu tugas modul 3.2.a.7 Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2  Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya.

Sebagai seorang pemimpin kita harus mampu memetakan segala aset yang dimiliki oleh sekolah. Pemetaan aset ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan yang dimiliki oleh sekolah yang nantinya akan dapat digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan juga melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid.

Kali ini admin akan memetakan aset yang dimiliki oleh sekolah tempat admin kesehariannya bertugas yaitu SD Negeri 29 Dangin Puri Kota Denpasar.

Pemetaan 7 Kelompok Aset – Sumber Daya yang dimiliki Sekolah

Papan Nama SD Negeri 29 Dangin Puri

SD Negeri 29 Dangin Puri adalah salah satu sekolah negeri yang ada di Kota Denpasar. Sekolah ini terletak pada tempat yang strategis yaitu tepat di jantung Kota Denpasar yaitu di sekitaran Renon tepatnya di Jalan Letda Tantular No. 52 Denpasar. Sekolah ini sering dijadikan tempat pelaksanaan lomba-lomba baik tingkat kecamatan, kabupaten/kota, maupun provinsi dikarenakan tempatnya yang strategis dan memiliki parkir yang luas. 

Berikut pemetaan aset-aset atau sumber daya yang dimiliki SD Negeri 29 Dangin Puri.
  • Modal Manusia
SD Negeri 29 Dangin Puri memiliki 1 orang kepala sekolah, 10 orang guru PNS, 9 orang guru kontrak, 1 orang tenaga TU kontrak, 1 orang tenaga kebersihan (CS), dan 1 orang tenaga keamanan (satpam). Hampir sebagian besar guru-guru di sekolah ini adalah guru-guru muda dan menguasai IT. Hal ini sangat mendukung segala kegiatan yang dilaksanakan sekolah utamanya dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid seperti sekarang ini. Disamping itu, diantara kepala sekolah, guru, dan juga staff memiliki ikatan kekeluargaan yang sangat erat dan selalu saling membantu jika ada masalah-masalah yang dihadapi.

Admin bersama Kepala SD Negeri 29 Dangin Puri

Dewan Guru SD Negeri 29 Dangin Puri

SD Negeri 29 Dangin Puri pada tahun ini memiliki siswa sebanyak 370 orang. Siswa-siswa SD Negeri 29 Dangin Puri sarat akan prestasi baik prestasi dalam bidang akademik maupun non akademik (Olahraga dan Seni). Selain itu modal manusia yang dimiliki oleh SD Negeri 29 Dangin Puri adalah adanya kerjasama orangtua siswa yang tergabung dalam komite sekolah dan juga paguyuban kelas. Mereka selalu ikut berkontribusi dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah, baik berupa tenaga, pemikiran ataupun biaya.

Siswa-siswi SD Negeri 29 Dangin Puri

Tim Gobak Sodor SD Negeri 29 Dangin Puri 
meraih juara I dalam lomba olahraga tradisional tingkat Kota Denpasar


  • Modal Sosial
Modal sosial yang dimiliki SD Negeri 29 Dangin Puri diantaranya sekolah ini memiliki tata tertib yang mengatur segala tingkah laku baik guru maupun siswanya. Sekolah ini juga merupakan sekolah model SPMI dimana pada SPMI ini sekolah memiliki SOP-SOP yang mengatur pelaksanaan aktivitas sekolah sesuai dengan 8 standar pendidikan. Sekolah ini juga melaksanakan pembiasaan setiap harinya untuk meningkatkan disiplin, sikap religius, dan juga rasa nasionalisme. Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya melaksanakan persembahyangan bersama, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu wajib nasional, dan juga melaksanakan kegiatan pembersihan sekolah dan lingkungan sekitar sekolah secara berkala. Selain itu sekolah ini juga memiliki komunitas praktisi yang dijadikan tempat untuk saling berbagi antara guru dalam meningkatkan kompetensi dan memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas.

Pembiasaan persembahyangan bersama setiap pagi hari

Kegiatan pembersihan lingkungan sekitar sekolah secara berkala

Komunitas praktisi SD Negeri 29 Dangin Puri


  • Modal Fisik
SD Negeri 29 Dangin Puri memiliki bangunan fisik diantaranya, 12 ruang kelas untuk kegiatan pembelajaran, 1 ruang kepala sekolah, 1 ruang TU, 1 ruang perpustakaan, 1 ruang PKG, 1 ruang agama, 1 ruangan sebagai gudang, 8 ruang kamar mandi, 1 ruang UKS, kantin, 1 bangunan padmasana tempat untuk melaksanakan persembahyangan, tempat parkir, dan halaman yang luas untuk kegiatan olahraga dan kumpul bersama. Selain itu SD Negeri 29 Dangin Puri juga memiliki infrastruktur pendukung pembelajaran seperti alat peraga pendidikan, media pembelajaran, dan jaringan internet. Sekolah ini juga memiliki wastafel, saluran pembuangan air dan akses jalan yang bagus.

Bangunan fisik SD Negeri 29 Dangin Puri


  • Modal Lingkungan/Alam
Modal lingkungan/alam yang dimiliki sekolah ini diantaranya sirkulasi udara yang bersih dan bagus karena sekolah memiliki pohon-pohon besar sebagai perindang. Memiliki taman sekolah yang luas dan asri dan juga tanaman toga. Sekolah ini juga memiliki ruang terbuka hijau yang dapat dimanfaatkan untuk area bermain bagi murid-murid.

Ruang terbuka hijau yang memiliki pohon perindang

Taman sekolah yang asri


  • Modal Finansial
Untuk modal finasial SD Negeri 29 Dangin Puri mengandalkan dari dana BOS yang diberikan oleh pemerintah pusat dan juga dana BOS pendamping yang diberikan oleh pemerintah Kota Denpasar. Selain itu, sekolah juga memanfaatkan uang dari penghasilan kantin sekolah untuk membantu pelaksanaan kegiatan sekolah.

Dana BOS baik BOS Pusat maupun BOS Pendamping Kota Denpasar


  • Modal Politik
Untuk modal politik yang dimiliki sekolah yaitu bersinergi dengan pemerintah kota Denpasar baik dengan Walikota dan pejabat lainnya. Sekolah juga bersinergi dengan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar. Selain itu, sekolah juga melakukan sinergi dengan Pemerintah Desa Dangin Puri Kelod, Puskesmas 1 Denpasar Timur, Babinsa, Kepolisian, dan juga tokoh-tokoh politik yang ada di sekitar lingkungan sekolah.

Bersinergi dengan Pemerintah Kota Denpasar

Bersinergi dengan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar


  • Modal Agama dan Budaya
Untuk modal agama dan budaya yang dimiliki oleh SD Negeri 29 Dangin Puri yaitu sekolah teridiri atas siswa yang beragam agama dan budayanya. Sekolah memfasilitasi pelaksanaan sembahyang bersama sesuai dengan agamanya masing-masing setiap pagi hari di halaman sekolah. Adanya kegiatan gotong royong yang dilaksanakan oleh semua siswa saat perayaan salah satu hari besar agama yaitu Hari Raya Saraswati. Semua warga sekolah ikut serta membantu persiapan upacara baik yang agama hindu maupun yang agama non hindu. Sekolah juga memiliki ekstrakulikuler di bidang seni dan budaya untuk pelestarian seni dan budaya yang ada di Bali. Adapun ekstrakurikuler yang dimiliki dalam bidang seni dan budaya yaitu ekstra tari, ekstra megambel, ekstra musik, ekstra macepat, dan ekstra menganyam.

Semua warga sekolah bahu membahu membantu persiapan Upacara Hari Saraswati



Demikianlan hasil pemetaan 7 aset atau sumber daya yang dimiliki oleh SD Negeri 29 Dangin Puri yang tentunya dapat dimanfaatkan dan dikelola untuk kemajuan pendidikan di sekolah dan pelaksanaan pembelajaran yang berpihak pada murid.


Demikianlah tugas modul 3.2.a.7 tentang demonstrasi kontekstual modul pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sumber daya yang dapat admin bagikan. Semoga bermanfaat.

Salam ngiring melajah.  

2 Komentar untuk "Tugas Modul 3.2.a.7 Demonstrasi Kontekstual - Pemetaan 7 Aset yang Dimiliki Sekolah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel