Materi IPS Kelas VI Tema 3 Subtema 1 - Penemuan Baru Membawa Perubahan Sosial Budaya

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua selalu dalam keadaan sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu menerapkan 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas).

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 3 (Tokoh dan Penemuan) dengan materi penemuan baru membawa perubahan sosial budaya. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!

Materi IPS Kelas VI Tema 3 Subtema 1 - Penemuan Baru Membawa Perubahan Sosial Budaya

Penemuan Baru Membawa Perubahan Sosial Budaya di Masyarakat

Perubahan sosial budaya merupakan perubahan yang meliputi perilaku, sikap, nilai, dan tata kehidupan masyarakat. Perubahan sosial budaya biasanya terjadinya perubahan kehidupan dari tradisional menuju modern. Masyarakat modern memiliki cara berpikir, bertindak, dan bersikap yang sesuai dengan tuntutan zaman. Salah satu penyebab terjadinya perubahan sosial adalah adanya penemuan baru di masyarakat. Penemuan baru tersebut membawa pengaruh besar terhadap perubahan sosial budaya dalam masyarakat. Penemuan baru tersebut memudahkan kehidupan manusia

Contoh
  • Sebelum ada listrik manusia melakukan kegiatan sehari-hari dengan cara sederhana atau tradisional. Setelah listrik ditemukan manusia dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan lebih mudah dan cepat. 
  • Sebelum ada listrik untuk penerangan manusia masih menggunakan lilin atau lampu teplek. Setelah listrik ditemukan manusia menggunakan bola lampu untuk menerangi ruangan.
  • Penemuan baru dalam bidang komunikasi yang dapat menghubungkan antar manusia di berbagai wilayah dan juga dapat berkomunikasi tanpa dibatasi jarak dan waktu.
  • Penemuan baru di bidang transportasi seperti mobil, motor, bus, kereta api, kapal laut, dan pesawat terbang membuat masyarakat dapat bepergian kemana saja dan kapan saja.  

Banyak perubahan cara hidup dan perilaku manusia dengan kehadiran penemuan baru. Perubahan yang terjadi adalah perubahan cara hidup treadisional ke arah modern, sesuai tuntutan zaman. Perubahan ini membuat hidup manusia menjadi lebih mudah.

Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi penemuan baru membawa perubahan sosial budaya, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Penemuan Baru Membawa Perubahan Sosial Budaya


Demikian materi terkait penemuan baru membawa perubahan sosial budaya. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Materi IPS Kelas VI Tema 3 Subtema 1 - Penemuan Baru Membawa Perubahan Sosial Budaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel