Materi IPS Kelas VI Tema 3 Subtema 2 - Perubahan Sosial Budaya dalam Bidang IPTEK dan Pendidikan

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua selalu dalam keadaan sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu menerapkan 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas).

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 3 (Tokoh dan Penemuan) dengan materi perubahan sosial budaya dalam bidang IPTEK dan pendidikan. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!

Materi IPS Kelas VI Tema 3 Subtema 1 - Perubahan Sosial Budaya dalam Bidang IPTEK dan Pendidikan

Perubahan Sosial Budaya dalam Bidang IPTEK dan Pendidikan

Dahulu, mayarakat memperoleh ilmu pengetahuan hanya dari sekolah dan buku. Teknologi pada saat itu masih terbatas. Lama kelamaan teknologi pun berkembang. Hadirlah radio. Masyarakat pun memperoleh informasi dan pengetahuan dari radio. Berbagai informasi didengar di radio atau disampaikan secara lisan. 

Para siswa zaman dulu hanya belajar melalui buku

Seiring kemajuan IPTEK, hadir pula televisi yang dapat menyampaikan informasi berupa gambar dan suara. Melalui televisi, masyarakat memperoleh informasi lebih lengkap. Misalnya, informasi tentang kemajuan pembangunan di Indonesia. Tayangan berita di televisi menginformasikan kemajuan pembangunan yang dapat dilihat contoh nyatanya, seperti pembangunan jalan, waduk, sekolah, dan rumah sakit.
Hadirnya radio dan televisi sebagai akibat kemajuan teknologi 
semakin memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi


Selain informasi dan berita, banyak acara kebudayaan ditayangkan di televisi. Hal itu membuat masyarakat lebih mengenal keragaman budaya Indonesia. Masyarakat juga memperoleh informasi dari acara talkshow yang membahas berbagai informasi penting. Kini, masyarakat memperoleh lebih banyak informasi dan ilmu pengetahuan. Kehadiran televisi membawa perubahan sosial budaya di masyarakat

Namun demikian, tayangan televisi harus disikapi secara bijaksana. Kita harus bisa memilih tayangan-tayangan yang sesuai dengan usia kita. Selain itu, waktu menonton televisi harus kita perhatikan agar tidak mengganggu waktu belajar kita.

Pengaruh Komputer dalam Bidang Pendidikan

Komputer adalah alat elektronik yang sangat canggih untuk membantu aktivitas kita

Perhatikan gambar di atas! Pernahkah kalian melihat benda pada gambar tersebut? Benda tersebut adalah komputer. Komputer adalah alat elektronik yang dapat menghitung atau mengolah data, serta memutar film dan musik. Selain itu, komputer juga dapat menjadi alat komunikasi melalui surat elektronik dan media sosial.

Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage. Penemuan Babbage tersebut menjadi cikal bakal kemajuan komputer saat ini. Babbage menmukan mesin penghitung yang menjadi salah satu penemuan paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer, yaitu kalkulator otomatis. Penemuan Babbage membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat hingga ia dijuluki sebagai Bapak Komputer. Contoh perubahan tersebut, yaitu masyarakat lebih mudah saling mengirim melalui surat elektronik (surel) atau email. Surel dikirim melalui jaringan internet yang terpasang pada komputer. Pada masa kini, kegiatan jual beli juga dapat dilakukan melalui komputer. Masyarakat dapat membeli barang yang ingin dibeli tanpa harus datang langsung ke pasar. Kegunaan lain komputer adalah dapat menyimpan data dalam jumlah besar. Data tersebut dapat berbentuk dokumen, foto, audio, dan video.

Berikut adalah perkembangan komputer dari zaman ke zaman.


Komputer juga membawa perubahan dalam bidang pendidikan. Dahulu, pengetahuan hanya diperoleh melalui kegiatan belajar di kelas dengan sarana terbatas. Siswa hanya memperoleh ilmu pengetahuan dari buku, media massa, radio, dan televisi. Namun saat ini, sebagian besar sekolah sudah memiliki sarana yang modern. Misalnya, ada laboratorium komputer dengan jaringan internet yang memadai. Adanya komputer di sekolah membantu siswa mencari dan memperdalam pengetahuannya melalui komputer. Keberdaan komputer dan internet telah memudahkan dan menunjang pembelajaran di sekolah. Kemajuan teknologi dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan. 

Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi perubahan sosial budaya dalam bidang IPTEK dan pendidikan, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Perubahan Sosial Budaya dalam Bidang IPTEK dan Pendidikan


Demikian materi terkait perubahan sosial budaya dalam bidang IPTEK dan Pendidikan. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Materi IPS Kelas VI Tema 3 Subtema 2 - Perubahan Sosial Budaya dalam Bidang IPTEK dan Pendidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel