Cara Mudah Mengubah Ukuran File Pdf Secara Online Tanpa Aplikasi

Haii... sahabat blogger, jumpa lagi di blog ngiringmelajah.com. Pada kesempatan ini admin akan membagikan tutorial bagaimana caranya mengubah ukuran file pdf secara online dengan sangat mudah tanpa aplikasi.



Dalam penguploadan berkas ke sebuah sistem biasanya terdapat batasan ukuran file pdf yang bisa diunggah. Seperti pada pendaftaran dan seleksi administrasi PPG Daljab Tahun 2022, file atau berkas yang akan diunggah oleh calon peserta yang menjadi sasaran peserta PPG Daljab tahun 2022 adalah dalam bentuk pdf dan ukuran minimalnya 20 Kb serta ukuran maksimalnya 1.500 Kb atau 1,5 Mb. Oleh karena itu jika bapak/ibu calon peserta ada file/berkas yang akan diunggah melebihi ukuran dari yang telah ditentukan maka file tersebut tidak akan dapat terunggah. Maka, calon peserta harus mengurangi ukuran dari file tersebut sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Bagaimana cara mengurangi ukuran file pdf? Berikut bli mimin akan membagikan tutorialnya. Simak dengan baik ya! 

Sebelum itu perlu juga diketahui bahwa file yang akan diunggah dalam pendaftaran PPG Daljab tahun 2022 diantaranya:
  1. Ijazah S1
  2. SK pengangkatan awal sebagai guru sesuai dengan tmt yang tertera di sim pkb
  3. SK pengangkatan terakhir bagi guru PNS atau sk pengangkatan sebagai guru 2 tahun terakhir bagi guru honor dinas atau guru tetap yayasan
  4. SK pembagian tugas mengajar 2 tahun terakhir yaitu tahun 2020/2021 dan 2021/2022.
  5. Pakta integritas
Semua file yang diatas discan dalam bentuk pdf. Jika punya aslinya silahkan di scan aslinya, jika tidak ada aslinya silahkan dicopy dan legalisir. Yang melegalisir silahkan baca kembali surat edarannya ya. Surat Edaran pendaftaran dan seleksi administrasi PPG Daljab 2022 dapat dibaca disini 


Berikut langkah-langkah mengubah ukuran file pdf secara online.
  • Pertama-tama silahkan dicek terlebih dahulu ukuran file hasil scanan bapak/ibu, semisal saya disini punya hasil scan ijazah S1 yang ukurannya melebih 1.500 Kb atau 1,5 Mb.

  • Selanjutnya buka browser yang ada di laptop bapak/ibu, bisa google chrome, microsoft edge, mosila firefox atau yang lainnya.
  • Setelah itu buka google dan ketikkan kompres pdf kemudian tekan enter.
  • Pilih yang muncul paling atas yaitu kompres file pdf - IlovePDF, ini yang sering saya gunakan, jika bapak/ibu mau menggunakan yang lain yang dibawahnya dipersilahkan.
  • Selanjutnya klik file pdf.
  • Pilih file pdf  dari komputer bapak/ibu yang mau dikecilkan ukurannya kemudian klik open
  • Pilih kompresi yang disarankan terus klik kompres pdf. 
  • Silahkan tunggu proses kompresnya berjalan, selanjutnya file akan terdownload ke komputer bapak/ibu.

  • Terakhir buka file yang sudah terdownload di menu download kemudian klik kanan pada file tersebut dan pilih propertis, kemudian lihat ukuran filenya, dan ukuran filepun sudah berkurang banyak dan siap untuk diunggah.


Jika belum jelas dengan tutorial di atas, bapak/ibu bisa menyimak videonya berikut ini!



Demikian tutorial singkat mengubah ukuran file pdf secara online dengan sangat mudah dan tanpa aplikasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat. Terimakasih

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Mengubah Ukuran File Pdf Secara Online Tanpa Aplikasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel