Materi Bahasa Indonesia Kelas VI Tema 6 Subtema 2 - Kalimat Utama dan Gagasan Utama pada Teks Nonfiksi

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Kita berjumpa lagi di semester 2. Semoga kalian semua selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 6 (Menuju Masyarakat Sehat) dengan materi kalimat utama dan gagasan utama pada teks nonfiksi. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!

Materi Bahasa Indonesia Kelas VI Tema 6 Subtema 2 - Kalimat Utama dan Gagasan Utama pada Teks Nonfiksi



Menentukan Kalimat Utama pada Teks Nonfiksi

Setiap paragraf memiliki kalimat utama. Kalimat Utama merupakan kalimat yang bersifat umum dan mengandung gagasan utama. Kalimat utama tidak selalu berada di awal paragraf, ia dapat berada di akhir, pertengahan, atau muncul bersamaan di awal dan akhir paragraf. Kalimat utama inilah yang memudahkan kita mengetahui inti dari sebuah teks. Kita dapat mengetahui isi dari sebuah teks dengan menentukan kalimat utamanya. Untuk menemukan kalimat utama dalam sebuah paragraf, kita dapat membaca keseluruhan isi teks. Setelah itu, kita dapat mencatat informasi penting yang ada dalam teks.

Ayo perhatikan contoh berikut!

      Setiap warga negara, kita memiliki hak yang harus diterima. Hak sebagai warga negara harus dipenuhi oleh negara. Tujuan pemenuhan hak warga negara adalah agar masyarakat hidup sejahtera. Kita memiliki banyak hak sebagai warga negara. Misalnya, hak untuk mendapat perlindungan hukum, mendapat pekerjaan dan penghidupan yang layak, serta memeroleh pendidikan dan pengajaran. 

Sekarang kita akan menentukan kalimat utama dari paragraf di atas.

Kalimat utamanya adalah setiap warga negara, kita memiliki hak yang harus diterima.

Menentukan Gagasan Utama pada Teks Nonfiksi

Setiap teks mengandung paragraf-paragraf yang mengandung gagasan utama. Kita dapat menemukan gagasan utama dengan membaca teks tersebut dengan cermat. Gagasan Utama merupakan pokok pikiran setiap paragraf. Pokok pikiran setiap paragraf dapat diketahui dengan menentukan kalimat utamanya. Kalimat utama dapat terletak di awal, tengah, atau akhir paragraf.

Ayo perhatikan contoh berikut!

     Ragam tarian Indonesia mencerminkan kekayaan budaya daerah. Setiap daerah di Indonesia memiliki tari kreasi yang berbeda. Tari kreasi adalah tari yang gerakannya berasal dari pengembangan gerak tari tradisional. Tari kreasi tidak terikat dengan aturan, baik gerakan maupun aspek lain.

Sekarang kita menentukan kalimat utama dan gagasan utama dari paragraf di atas.

Kalimat utamanya adalah Ragam tarian Indonesia mencerminkan kekayaan budaya daerah.
Gagasan utamanya adalah Keragaman tarian di Indonesia.

Perhatikan contoh yang lainnya berikut ini!

Bacalah paragraf berikut ini!
     Hak warga negara berkaitan erat dengan tujuan nasional yang tercantum dalam UUD 1945 alenia keempat. Oleh karena itu, hak warga negara harus dilaksanakan. Dengan melaksanakan hak, tujuan nasional menjadi mudah tercapai. Sebelum melaksanakan hak, kita terlebih dahulu melaksanakan kewajiban.

Tentukan kalimat utama dan gagasan utamanya!

Jawaban.
Kalimat utamanya adalah Hak warga negara berkaitan erat dengan tujuan nasional yang tercantum dalam UUD 1945 alenia keempat.
Gagasan utamanya adalah Hubungan hak warga negara dengan tujuan nasional.

Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi kalimat utama dan gagasan utama pada teks nonfiksi, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Kalimat Utama dan Gagasan Utama pada Teks Nonfiksi




Demikian materi terkait kalimat utama dan gagasan utama pada teks nonfiksi. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Materi Bahasa Indonesia Kelas VI Tema 6 Subtema 2 - Kalimat Utama dan Gagasan Utama pada Teks Nonfiksi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel