Materi IPS Kelas VI Tema 6 Subtema 1 - Upaya Mengisi Kemerdekaan Indonesia

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Kita berjumpa lagi di semester 2. Semoga kalian semua selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 6 (Menuju Masyarakat Sehat) dengan materi upaya mengisi kemerdekaan Indonesia. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!

Materi IPS Kelas VI Tema 6 Subtema 1 - Upaya Mengisi Kemerdekaan Indonesia



Anak-anak sebelum kita memulai materi, coba anak-anak perhatikan gambar berikut!



Masih ingatkah kalian perisitiwa apakah yang terlihat pada gambar di atas?
Ya betul, gambar di atas menunjukkan alur perjalanan perjuangan bangsa Indonesia hingga akhirnya berhasil memproklamasikan kemerdekaan. Dimulai dari perjuangan melawan penjajah Belanda, kemudian melawan penjajah Jepang, di bom atomnya Jepang oleh tentara Sekutu, peristiwa Rengasdengklok, penyusunan naskah proklamasi, pembacaan naskah proklamasi oleh Soekarno-Hatta, sehingga Indonesia menyatakan diri sebagai negara yang merdeka dan berdaulat.

Kemerdekaan Indonesia merupakan hasil perjuangan para pahlawan dan seluruh rakyat Indonesia. Ingatlah kembali materi proklamasi kemerdekaan Indonesia yang sudah kalian pelajari pada tema sebelumnya!

Untuk mengingat kembali materi tentang peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia, yuk kerjakan teka teki silang berikut ini


Perjuangan Indonesia

Perjuangan Indonesia

Edy_Pariawan

This interactive crossword puzzle requires JavaScript and any recent web browser, including Windows Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, or Apple Safari. If you have disabled web page scripting, please re-enable it and refresh the page. If this web page is saved on your computer, you may need to click the yellow Information Bar at the top or bottom of the page to allow the puzzle to load.
Setiap bangsa pasti menginginkan kemerdekaan karena kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai, begitu juga dengan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia pernah mengalami masa penjajahan cukup lama dan membuat rakyat menderita. Karena alasan itulah bangsa Indonesia bekerjasama, bahu membahu dengan sekuat tenaga berjuang untuk memperoleh kemerdekaannya. 

Perjuangan bangsa Indonesia terwujud secara resmi setelah Soekarno-Hatta, atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan Soekarno-Hatta memiliki makna bahwa bangsa Indonesia telah merdeka dan berdaulat, sehingga wajib dihormati oleh negara-negara lain. Indonesia menjadi bangsa dan negara yang memiliki kedudukan yang sama dan sederajat, serta memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan negara-negara lain yang sudah merdeka dalam hubungan internasional.

Proklamasi kemerdekaan juga memiliki makna yang lain diantaranya sebagai berikut.
  1. Proklamasi sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia. 
  2. Proklamasi sebagai awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Proklamasi kemerdekaan sebagai titik tolak perubahan hukum kolonial menjadi hukum nasional.
  4. Proklamasi menjadi pintu gerbang menuju masyarakat yang adil dan makmur.
Kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai oleh setiap bangsa di dunia begitu juga dengan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia telah mengambil sikap untuk menentukan nasib sendiri dalam segala aspek kehidupan. Bangsa Indonesia memiliki kewajiban untuk mempertahankan kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan yang telah diraih dengan cara meningkatkan taraf hidup kehidupan bangsanya, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Proklamasi kemerdekaan dapat dijadikan jembatan emas bagi bangsa Indonesia menuju masyarakat yang sejahtera adil dan makmur. 

Upaya Mengisi Kemerdekaan Indonesia

Kemerdekaan Indonesia sudah diraih. Saat ini tugas bangsa Indonesia adalah mengisi kemerdekaan untuk meraih kehidupan yang sejahtera. Mengisi kemerdekaan dilakukan dalam berbagai bidang. Bangsa Indonesia harus senantiasa mengingat bahwa kemerdekaan Indonesia dapat diraih karena adanya persatuan seluruh rakyat Indonesia. Dalam perjuangan meraih kemerdekaan, bangsa Indonesia tidak memandang adanya perbedaan agama, suku, maupun status sosial. Seluruh rakyat Indonesia bersatu demi mewujudkan tujuan bersama yaitu kemerdekaan Indonesia. 

Setelah kemerdekaan dapat diraih persatuan tersebut dapat terus dijaga dengan menerapkan berbagai perilaku positif sebagai upaya mengisi kemerdekaan. 

Menjaga kebersamaan dan persatuan dalam memelihara lingkungan 
merupakan salah satu upaya mengisi kemerdekaan


Berikut beberapa perilaku positif sebagai upaya mengisi kemerdekaan Indonesia. 
  • Menghormati orang lain yang sedang beribadah sesuai dengan agama dan keyakinannya masing-masing. 
  • Saling menghormati dan menghargai antar sesama. 
  • Mengembangkan rasa toleransi dalam keragaman sosial di Indonesia. 
  • Bermain dengan siapapun tanpa membedakan agama, suku, dan budayanya. 
  • Menjaga rasa kebersamaan dan persatuan di sekolah dan masyarakat.

Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi upaya mengisi kemerdekaan Indonesia, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Upaya Mengisi Kemerdekaan Indonesia




Demikian materi terkait upaya mengisi kemerdekaan Indonesia. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Materi IPS Kelas VI Tema 6 Subtema 1 - Upaya Mengisi Kemerdekaan Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel