Materi PKn Kelas VI Tema 6 Subtema 3 - Tanggung Jawab Sebagai Warga Negara

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Kita berjumpa lagi di semester 2. Semoga kalian semua selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 6 (Menuju Masyarakat Sehat) dengan materi tanggung jawab sebagai warga negara. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!

Materi PKn Kelas VI Tema 6 Subtema 3 - Tanggung Jawab Sebagai Warga Negara



Anak-anak coba perhatikan gambar berikut ini!



Gambar di atas menunjukkan para siswa sedang mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. 

Mengikuti kegiatan upacara merupakan tanggung jawab sebagai warga negara. Dengan mengikuti upacara tersebut, akan tumbuh rasa cinta pada negara. Selain itu kita akan mengingat perjuangan para pahlawan yang gigih dan pantang menyerah untuk mewujudkan negara Indonesia merdeka, sehingga akan tumbuh rasa menghargai jasa pahlawan. Sebagai manusia, kita harus mampu menjalankan tanggung jawab kepada Tuhan YME, diri sendiri, masyarakat, bangsa, dan negara.

Apakah tanggung jawab itu?
Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga dapat berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran dan kewajiban. Setiap orang memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda. Tanggung jawab dilakukan atau dilaksanakan dengan sepenuh hati. Tanggung jawab memiliki kaitan yang erat dengan hak dan kewajiban.

Berikut beberapa contoh sikap dan perilaku warga negara yang mencerminkan perwujudan tanggung jawab terhadap bangsa dan negara antara lain.
  1. Menggunakan produk-produk dalam negeri yang merupakan hasil karya anak bangsa.
  2. Memperkokoh persatuan dan kesatuan dengan cara saling menghargai.
  3. Menjaga nama baik bangsa dan negara.
  4. Belajar dengan baik agar kelak menjadi penerus bangsa.
  5. Mengabdi kepada negara dengan penuh rasa ikhlas.
  6. Memenuhi setiap hak dan kewajibannya sebagai warga negara.
  7. Memahami dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai bidang kehidupan.
  8. Menjauhkan diri dari sikap dan perilaku diskriminatif.
  9. Meningkatkan wawasan kebangsaan.
  10. Melaksanakan kewajiban membayar pajak.
  11. Mencintai dan melestarikan warisan budaya bangsa.

Dampak Pelaksanaan Tanggung Jawab

Pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara memiliki berbagai dampak, baik positif maupun negatif. Jika semua warga negara memiliki kesadaran untuk melaksanakan tanggung jawabnya sebagai warga negara maka akan tercipta kesejahteraan masyarakat. Sebaliknya, jika warga negara tidak memiliki kesadaran untuk melaksanakan tanggung jawabnya sebagai warga negara maka kesejahteraan masyarakat tidak akan terwujud.

Contoh.
Melaksanakan kewajiban membayar pajak tepat waktu.
Pajak yang dibayarkan oleh warga negara digunakan untuk pembangunan bangsa utamanya fasilitas umum. Jika pajak dibayar tepat waktu maka pembangunan akan berlangsung dengan baik. Sebaliknya, jika pajak tidak dibayar tepat waktu maka pembangunan akan tersendat.

Melaksanakan Tanggung Jawab sebagai Warga Negara

Setiap warga negara memiliki peranan yang besar dalam kemajuan negaranya. Tentunya warga yang dapat memajukan negaranya adalah warga negara yang bertanggung jawab. Berikut beberapa contoh sikap bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari antara lain.
  1. Contoh sikap tanggung jawab di lingkungan rumah, yaitu seorang kakak bertanggung jawab untuk menjaga adiknya dan memberikan teladan yang baik.
  2. Contoh sikap tanggung jawab di lingkungan sekolah, yaitu para siswa melaksanakan kewajiban untuk menaati peraturan sekolah.
  3. Contoh sikap tanggung jawab di lingkungan masyarakat, yaitu setiap anggota masyarakat bertanggung jawab atas kebersihan lingkungan hidup di sekitarnya.

Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi tanggung jawab sebagai warga negara, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Tanggung Jawab Sebagai Warga Negara

 


Demikian materi terkait tanggung jawab sebagai warga negara. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Materi PKn Kelas VI Tema 6 Subtema 3 - Tanggung Jawab Sebagai Warga Negara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel