Berbagi dan Berkolaborasi bersama Guru-guru di Kota Denpasar

Hai ... sahabat blogger jumpa lagi di blog sederhana ngiringmelajah.com. Pada kesempatan ini bli mimin akan melanjutkan cerita perjalanan bli mimin dalam kegiatan Pembatik Level 4 Berbagi dan Berkolaborasi Tahun 2021. Setelah memperoleh dukungan penuh dari Plt. Kepala Dinas Dikpora Kota Denpasar dan turunnya surat ijin untuk melaksanakan sosialisasi, kami (TIM SRB Bali 2021 Wilayah Kota Denpasar) langsung mengadakan kegiatan berbagi kepada para guru di Kota Denpasar melalui kegiatan daring yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 06 Nopember 2021 dengan tajuk "Webinar Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar".


Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap maya/daring, melalui aplikasi zoom meeting. Sebelum pelaksanaan hari H tentunya kami TIM SRB Bali 2021 Kota Denpasar mempersiapkan segala halnya supaya kegiatan sosialisasi dapat berjalan dengan lancar. Persiapan yang dilakukan diantaranya pembagian tugas pemateri, pembagian tugas di luar pemateri, mempersiapkan daftar hadir, formulir pendaftaran, link zoom meeting, kuis dengan aplikasi quizziz, flyer, dan lain-lain.

Untuk pembagian tugas pemateri sebagai berikut:
  1. Pemanfaatan Fitur Sumber Belajar - SRB Ni Kadek Ani
  2. Pemanfaatan Fitur Bank Soal - SRB Onto Kisworo
  3. Pemanfaatan Fitur Lab Maya - SRB Ni Nyoman Diana Sari
  4. Pemanfaatan Fitur Kelas Maya - SRB Putu Edy Pariawan
  5. Pemanfaatan Fitur Peta Budaya dan Wahana Jelajah Angkasa - SRB I Putu Ardika
  6. Pemanfaatan Fitur Blog Pena dan Karya Bahasa dan Sastra - SRB Ni Luh Anna Septiana Putri
  7. Pemanfaatan Fitur Augmented Reality dan Edugame - SRB Ni Kadek Mena Sinta Dewi
  8. Pemanfaatan Fitur BSE dan PKB - SRB I Putu Sancita
  9. Pemanfaatan Radio Edukasi, TV Edukasi, Suara Edukasi, dan M-Edukasi - SRB Putu Sri Utami Dewi  
Sebagai MC sekaligus moderator yaitu SRB Utami Dewi, untuk daftar hadir disiapkan oleh SRB Ani, form pendaftaran disiapkan oleh SRB Mena, kuis disiapkan oleh SRB Sancita dan SRB Diana Sari, link zoom disiapkan oleh SRB Utami Dewi, flyer disiapkan oleh SRB Onto Kisworo, design sertifikat disiapkan oleh SRB Edy Pariawan.

Sabtu, 06 Nopember 2021, pukul 08.00 wita room sudah dibuka dan kami semua pun memasuki room zoom untuk melakukan persiapan-persiapan, sementara para peserta masih berada di waiting room untuk menunggu di admit all. Setelah semua persiapan sudah siap dan para undangan sudah berada di room zoom (Bapak Plt. Kepala Dinas Dikpora, Bapak Plt. Kabid Ketenagaan Dinas Dikpora, Para DRBN Provinsi Bali), kegiatan sosialisasi dengan tajuk "Webinar Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar" pun dimulai.

Pukul 08.30 wita kegiatan dimulai, dibuka oleh MC keren Putu Sri Utami Dewi, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan berdoa bersama. Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan para Duta Rumah Belajar Provinsi Bali oleh MC dan sekapur sirih sebagai penyemangat untuk para SRB dan para peserta sosialisasi dari DRBN 2017 I Komang Rika Adi Putra, DRBN 2018 Versi Jejak Bali I Komang Budiadnya, DRBN 2019 Luh Eka Yanthi dan DRBN 2020 I Gede Yokta Pradana. 

Pembukaan kegiatan webinar oleh MC Putu Sri Utami Dewi

Perkenalan dan Sekapur Sirih dari DRBN 2017 I Komang Rika Adi Putra dan DRBN 2018 Versi Jejak Bali I Komang Budiadnya

Perkenalan dan Sekapur Sirih dari DRBN 2019 Luh Eka Yanthi dan DRBN 2020 I Gede Yokta Pradana

Kegiatan berikutnya adalah sambutan dari Plt. Kepala Dinas Dikpora Kota Denpasar sekaligus membuka kegiatan secara resmi. Dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi kepada para Sahabat Rumah Belajar (SRB) Kota Denpasar karena dapat berbagi praktik baik pembelajaran kepada para guru di Kota Denpasar. Selain itu bapak Plt juga berpesan kepada para guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran dan agen transformasi pendidikan sehingga dapat terwujud merdeka belajar di sekolah-sekolah di Kota Denpasar. Bapak Plt. Kepala Dinas juga mengajak para guru di Kota Denpasar di semua jenjang pendidikan untuk memanfaatkan portal rumah belajar dalam pembelajaran di kelas. Terakhir beliau mengharapkan agar ada solusi dan rekomendasi dari kegiatan webinar ini berkaitan dengan perbaikan pembelajaran.

Sambutan dan arahan dari bapak Plt. Kepala Dinas Dikpora Kota Denpasar

Acara dilanjutkan dengan kegiatan utama dari webinar ini yaitu penyampaian materi pemanfaatan fitur-fitur portal rumah belajar. Tim secara bergiliran mengenalkan fitur-fitur yang ada pada portal rumah belajar yang dapat dimanfaatkan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Fitur-fitur yang disampaikan yaitu fitur utama dan fitur pendukung serta produk Pusdatin yang lain yaitu TV edukasi, radio edukasi, suara edukasi, dan m-edukasi. Kegiatan dibagi menjadi dua kloter yaitu kloter pertama penyampaian pemanfaatan fitur utama portal rumah belajar, dan dilanjutkan kloter kedua penyampaian pemanfaatan fitur pendukung portal rumah belajar serta produk Pusdatin lainnya. Diakhir sesi tiap kloter diselingi dengan kegiatan kuis yang sudah disiapkan oleh Tim SRB Bali 2021 Kota Denpasar. Pada kesempatan ini kuis yang kami gunakan yaitu quizziz. Pelaksanaan kuis ini dipandu oleh SRB Diana Sari dan SRB Sancita. Peserta sangat antusias mengikuti kuis ini dan diperolehlah empat pemenang dari masing-masing sesi kuis ini yaitu Ni Nyoman Budiartini, Dewa Ayu Putu Ratna Suciantari, Reni Dwi Susanti, dan Ida Rosmala Wati (Kuis sesi 1), Putu Nopi Wipra Asti, Ni Putu Mawar Larasatiningtias, Ni Komang Ayu Sekarini, dan Ni Wayan Rini Yusmayanti (Kuis sesi 2). Masing-masing pemenang kuis berhak atas doorprize yang sudah disiapkan oleh tim.


Penyampaian materi oleh bli mimin berkaitan dengan pemanfaatan kelas maya dalam pembelajaran

Kuis sesi 1 yang dipandu oleh SRB Diana Sari

Kuis sesi 2 yang dipandu oleh SRB Sancita

Waktu menunjukkan pukul 13.00 wita lewat, kegiatan webinar pun diakhiri dengan doa penutup yang dipimpin oleh MC. Kami sangat senang dan bangga karena kegiatan webinar ini dapat berjalan dengan lancar. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini sampai akhir. Kami juga berterimakasih banyak kepada Dinas Dikpora Kota Denpasar atas dukungan yang telah diberikan sehingga kegiatan webinar kali ini dapat menjaring peserta kurang lebih 337 orang yang merupakan guru-guru dari semua jenjang pendidikan yang ada di Kota Denpasar mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Kami berharap apa yang sudah kami bagikan hari ini dapat bermanfaat untuk inovasi pembelajaran yang dapat dilaksanakan di sekolah masing-masing peserta.

Berikut rekap pendaftaran peserta.  

Rekap pendaftaran peserta Webinar Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar dapat dilihat DISINI


Berikut daftar hadir kegiatan sosialisasi yang kami lakukan hari ini



Berikut video rekaman kegiatan hari ini

Video Rekaman Zoom Meeting 
Webinar Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar



Dokumentasi foto bersama





Semangat berbagi untuk kemajuan pendidikan di Kota Denpasar khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia.

Dengan rumah belajar, belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja.


#PusdatinKemdikbudristek
#PembaTIKLevel4Tahun2021
#PembaTIKLevel4Bali
#MerdekaBelajar
#RumahBelajar

Belum ada Komentar untuk "Berbagi dan Berkolaborasi bersama Guru-guru di Kota Denpasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel