Aplikasi Pengolahan Nilai Ijazah untuk Sekolah Dasar

Haii... sahabat blogger, jumpa lagi di blog ngiringmelajah.com. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan sebuah aplikasi sederhana yang dapat digunakan untuk mengolah nilai ijazah sekolah dasar tahun pelajaran 2019/2020. Aplikasi ini merupakan karya seorang guru kreatif dan inovatif asal kota Denpasar yaitu Bapak I Made Rai Alit Sentanu yang bertugas di SD Negeri 14 Kesiman, Denpasar, Bali.


Sebelum bapak/ibu/sahabat menulis ijazah pastikan terlebih dahulu telah melakukan pengolahan nilai yang akan dituliskan di ijazah. Nilai yang digunakan sesuai dengan Persekjen Kemdikbud Nomor 5 Tahun 2020, yaitu nilai raport dari semester 7, 8, 9, 10, 11, dan 12 atau nilai raport dari kelas 4, 5, dan 6. Untuk memudahkan bpk/ibu/sahabat dalam melakukan pengolahan nilai, bapak/ibu/sahabat dapat menggunakan aplikasi ini. Bagaimana cara menggunakannya? Berikut admin berikan langkah-langkah singkatnya.

Langkah-langkah menggunakan aplikasi pengolahan nilai ijazah SD Kurikulum 2013
  • Buka aplikasinya. langkah pertama aktifkan makro terlebih dahulu untuk memaksimalkan kinerja aplikasi ini. Cara mengaktifkannya silakan simak video berikut.
Sumber Channel Youtube Sentanu Alit
  • Isikan identitas/data sekolah secara lengkap. Jika sudah klik identitas siswa. Tampilan Profil sekolah seperti gambar berikut.
  • Isikan identitas/data siswa secara lengkap. Jika sudah klik tombol home untuk kembali. Kemudian lanjutkan untuk menginput nilai. Tampilan Identitas siswa seperti gambar berikut.
  • Input nilai siswa untuk semua mapel yang sudah disediakan di aplikasi. Input nilai KI-3 dan KI-4 mulai dari semester 7, 8, 9, 10, 11, dan 12. Selanjutnya aplikasi akan merata-ratakan secara otomatis. Jika sudah klik home untuk kembali. Tampilan pengisian input nilai seperti gambar berikut.
  • Setelah semua nilai telah terinput bapak/ibu/sahabat bisa melihat rekapan nilai secara keseluruhan dengan klik tombol Rekap Nilai. Cek dan pastikan semua nilai yang terinput sudah benar. Selajutnya klik home untuk kembali. Tampilan rekap nilai ijazah seperti gambar berikut.
  • Jika bapak/ibu/sahabat yakin semua data yang disikan sudah benar, bapak/ibu/sahabat klik ijazah untuk diprint dan dijadikan dasar untuk menulis Ijazah yang asli. Tampilan ijazah seperti gambar berikut.


Untuk lebih jelasnya tampilan dari aplikasi pengolahan nilai ijazah ini, bapak/ibu/sahabat dapat melihat di bawah ini atau bisa juga klik UNDUH.


Demikian informasi yang dapat admin bagikan, semoga ada manfaatnya.

Salam ngiring melajah
Terimakasih

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Pengolahan Nilai Ijazah untuk Sekolah Dasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel