Materi IPS Kelas VI Tema 1 Subtema 1 - Kondisi Geografis dan Kehidupan Sosial Budaya Negara ASEAN

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua selalu dalam keadaan sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu menerapkan 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 1 (Selamatkan Makhluk Hidup) dengan materi kondisi geografis dan kehidupan sosial budaya negara ASEAN. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!

Materi IPS Kelas VI Tema 1 Subtema 1 - Kondisi Geografis dan Kehidupan Sosial Budaya Negara ASEAN


Kondisi Geografis dan Kehidupan Sosial Budaya Negara ASEAN


Perhatikan peta kawasan ASEAN berikut!


ASEAN adalah sebuah organisasi internasional yang beranggotakan negara-negara di Kawasan Asia Tenggara. Negara-negara ini bersatu karena adanya persamaan letak geografis dan kemiripan budaya. Kepentingan yang sama dalam memajukan pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, serta menjaga keamanan kawasan menjadi dasar pertimbangan para tokoh-tokoh dunia pendiri ASEAN. 

Pada tahun 1967 ASEAN berdiri atas dasar Deklarasi Bangkok. Saat itu, tokoh-tokoh dari lima negara yang terlibat dalam diskusi menjadi pencetus dan pendiri organisasi ini. Lima negara yang menjadi anggota pertama ASEAN di tahun 1967 adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina

Para utusan dari kelima negara tersebut, yang sekaligus merupakan tokoh-tokoh pendiri ASEAN, adalah Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Thanat Khoman (Thailand), S. Rajaratnam (Singapura), dan Narciso Ramos (Filipina).


Saat ini ada sepuluh negara yang menjadi anggota ASEAN. Berdasarkan urutan waktu bergabungnya, negara anggota ASEAN tersebut adalah:
  • lima negara pendiri, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, yang bergabung pada tanggal 8 Agustus 1967.
  • Brunei Darussalam, bergabung pada tanggal 7 Januari 1984.
  • Vietnam, bergabung pada tanggal 28 Juli 1995.
  • Laos dan Myanmar, bergabung pada tanggal 23 Juli 1997.
  • Kamboja, bergabung pada tanggal 30 April 1999
Nah, anak-anak setelah kalian memahami sejarah terbentuknya ASEAN, kita akan lanjutkan untuk mempelajari kondisi geografis negara-negara ASEAN dan kehidupan sosial  budayanya.

Kondisi Geografis Negara ASEAN

Negara-negara di Asia Tenggara umumnya memiliki kondisi geografis yang sama. Akan tetapi, kesamaan kondisi geografis tersebut tidak menjamin kehidupan sosial budayanya pun sama.

Letak geografis Asia Tenggara berada diantara 3 perairan yaitu:
  • Samudra Hindia dan Teluk Benggala di sebelah barat
  • Laut Cina Selatan di utara, dan 
  • Samudra Pasifik di timur
Wilayah Asia Tenggara dibagi menjadi dua wilayah daratan, yaitu
  • Daratan Berbentuk Semenanjung. Wilayah yang berbentuk semenanjung adalah Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, dan wilayah Malaysia bagian barat.
  • Daratan Berbentuk Gugusan Kepulauan. Wilayah yang berbentuk gugusan kepulauan adalah Filipina, Indonesia, Singapura, Brunei Darussalam, dan wilayah Malaysia bagian timur.
Sebagian besar kawasan Asia Tenggara beriklim tropis dengan curah hujan tinggi dan suhu udara panas. Hutan tropisnya kaya akan flora dan fauna. Hutan menghasilkan kayu dan rotan. Hanya Myanmar bagian utara yang beriklim subtropis. Hampir semua negara di kawasan Asia Tenggara memiliki wilayah laut. 
Laut banyak memberikan manfaat terkait sumber daya alam, yaitu: 
  • ikan dan hasil laut lainnya, 
  • jalur transportasi air, 
  • objek wisata, dan 
  • bahan tambang, seperti minyak dan gas bumi.

Kehidupan Sosial Budaya Negara ASEAN

Berikut kondisi kehidupan sosial budaya negara-negara ASEAN.


Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi kondisi geografis dan kehidupan sosial budaya negara ASEAN, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Kondisi Geografis dan Kehidupan Sosial Budaya Negara ASEAN


Demikian materi terkait kondisi geografis dan kehidupan sosial budaya negara ASEAN. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Materi IPS Kelas VI Tema 1 Subtema 1 - Kondisi Geografis dan Kehidupan Sosial Budaya Negara ASEAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel