Materi IPA Kelas VI Subtema 2 - Menjaga Kesehatan Pada Masa Pubertas

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Kita berjumpa lagi di semester 2. Semoga kalian semua selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 7 (Kepemimpinan) dengan materi menjaga kesehatan pada masa pubertas. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!

Materi IPA Kelas VI Subtema 2 - Menjaga Kesehatan Pada Masa Pubertas


Remaja yang sedang dalam masa pubertas biasanya banyak beraktivitas. Kelenjar keringat dan kelenjar minyak juga lebih aktif akibat pengaruh hormon. Apabila kalian tidak memperhatikan kebersihan badan dan pakaian, tentu akan menimbulkan masalah bagi kesehatan dan dalam pergaulan bersama teman.

Banyaknya aktifitas remaja di masa pubertas
yang dapat memproduksi keringat lebih banyak


Bagaimanakah cara menjaga kesehatan pada masa pubertas? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Menjaga Kebersihan Diri pada Masa Pubertas

Pada masa pubertas, remaja mengalami perubahan-perubahan fisik dan tubuh lebih aktif. Perubahan fisik seperti keringat yang lebih banyak dapat menjadi sumber penyakit. Untuk menghadapi perubahan yang terjadi pada masa pubertas, penting untuk kita menjaga kebersihan diri dengan baik. Menjaga kebersihan diri pada masa pubertas sangat penting bagi kesehatan. Kalian harus mengetahui cara-cara untuk menjaga kesehatan pada masa pubertas. Berikut beberapa cara menjaga kebersihan diri pada masa pubertas.
  1. Mandi dan menggosok gigi secara teratur.
  2. Mencuci muka secara teratur untuk mencegah atau mengurangi jerawat.
  3. Memakai pakaian yang bersih, milik pribadi, dan disarankan menggunakan pakaian dalam dengan bahan menyerap keringat.
  4. Mengganti pakaian dengan pakaian yang bersih setelah selesai berolahraga.  
Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir
dapat mengangkat kotoran yang menempel pada tubuh


Menjaga Pola Makan pada Masa Pubertas

Pada masa pubertas, terjadi pertumbuhan dan perkembangan yang cepat, sehingga pola makan perlu dijaga dengan baik. Menjaga pola makan dapat dilakukan dengan menyeimbangkan porsi makan dengan aktifitas fisik yang dilakukan untuk menghindari obesitas. Kita juga perlu mengonsumsi makanan yang beragam untuk mendapatkan gizi yang seimbang.

Makanan yang beragam dapat berasal dari buah, sayur, dan lauk pauk yang mengandung protein tinggi. Biasakanlah untuk sarapan pagi dan minum air putih yang cukup. Kurangilah mengonsumsi makanan cepat saji, minuman bersoda, minuman beralkohol, dan makanan berkadar garam tinggi. Selain itu, cobalah mengamati makanan yang tidak cocok untuk kita konsumsi. Sebagian orang menjadi sensitif terhadap makanan tertentu setelah memasuki masa pubertas. Misalnya, mudah berjerawat setelah mengonsumsi makanan yang terlalu berminyak.

Makanlah makanan yang sehat dan bergizi

Minum air putih yang cukup


Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi menjaga kesehatan pada masa pubertas, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Menjaga Kesehatan Pada Masa Pubertas 



Demikian materi terkait menjaga kesehatan pada masa pubertas. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Materi IPA Kelas VI Subtema 2 - Menjaga Kesehatan Pada Masa Pubertas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel