Tugas 2.1.a.5 Modul 2.1 Ruang Kolaborasi

 


Semangat pagi, salam bahagia

Haii ... sahabat blogger, jumpa lagi di blog sederhana ngiringmelajah.com. Pada kesempatan kali ini ijinkan admin berbagi terkait tugas pelatihan guru penggerak. Adapun tugas yang dapat admin bagikan yaitu tugas modul 2.1.a.5 tentang penyusunan RPP Berdiferensiasi.

Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas tentunya bapak ibu guru akan menghadapi siswa yang beraneka ragam, baik dari segi kesiapan belajarnya, minatnya, dan juga profil belajarnya. Tentunya diperlukan strategi khusus dalam menyusun rencana pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Cara yang dapat dilakukan yaitu melaksanakan Pembelajaran Berdiferensiasi.

Berikut ini contoh kasusnya

  • Kasus untuk pembelajaran di SD (Lampiran 8)

Bu Fahimah adalah seorang guru Kelas 2 SD yang akan mengajar Matematika. Adapun objektif dari pembelajarannya adalah murid-murid dapat membaca jam dengan interval 5 menit. Berdasarkan data yang ia miliki, Bu Fahimah menemukan bahwa di antara murid-muridnya tersebut.
  1. 3 orang belum mengerti konsep waktu. Mereka masih bingung membedakan antara jam dan menit.
  2. 5 orang sudah mulai mengerti konsep waktu, namun terkadang masih salah membaca jam dengan interval 5 menit.
  3. Sisanya sudah dapat membaca jam dengan interval 5 menit dengan baik. 
Berdasarkan informasi di atas, jika Bapak dan Ibu menjadi guru kelas, maka pembelajaran seperti apa yang akan dirancang untuk memenuhi kebutuhan murid di kelas tersebut?

Berikut RPP berdiferensiasi sesuai dengan kasus yang ada di atas.

 
  • Kasus untuk pembelajaran di SD (Lampiran 8)
Pak Anto mengajar di kelas 1 Sekolah Dasar dengan jumlah murid 32 orang. Murid - murid di kelas Pak Anto tentunya memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Pak Anto menemukan ada 6 murid yang belum mampu membaca dan menulis, serta terdapat 2 anak berkebutuhan khusus yang mengalami hambatan penglihatan sedang. 

Salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai oleh murid di kelasnya berbunyi: 

Murid dapat menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya menggunakan kosakata Bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis. 

Jika Bapak dan Ibu menjadi Pak Anto, maka pembelajaran seperti apa yang akan dirancang untuk memenuhi kebutuhan murid di kelas tersebut? Silakan buat perangkat pembelajaran dengan tujuan pembelajaran yang ditujukan untuk membantu murid mencapai kompetensi dasar di atas!

Berikut RPP berdiferensiasi sesuai dengan kasus yang ada di atas.

 
Demikianlah tugas modul 2.1.a.5 tentang penyusunan RPP berdiferensiasi yang dapat admin bagikan. Semoga bermanfaat.

Salam ngiring melajah.  

Belum ada Komentar untuk "Tugas 2.1.a.5 Modul 2.1 Ruang Kolaborasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel