Materi IPA Kelas VI Tema 7 Subtema 1 - Perubahan Fisik Selama Masa Pubertas

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Kita berjumpa lagi di semester 2. Semoga kalian semua selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 7 (Kepemimpinan) dengan materi perubahan fisik selama masa pubertas. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!

Materi IPA Kelas VI Tema 7 Subtema 1 - Perubahan Fisik Selama Masa Pubertas


Anak-anak pada tema sebelumnya kalian sudah mempelajari tentang pertumbuhan dan perkembangan manusia. Coba ingat-ingat kembali tentang masa pubertas! Pubertas dialami oleh manusia saat memasuki masa remaja. Pada masa pubertas ini tubuh manusia akan mengalami perubahan, seperti perubahan fisik dan tingkah laku. Perubahan tersebut ada yang terlihat (Skunder) dan ada yang tidak terlihat (Primer).

Coba kalian amati gambar berikut ini!

    


Perbedaan fisik seperti apa yang tampak pada laki-laki dan perempuan sebelum dan setelah masa pubertas?

Ayo ingat kembali tahap-tahap pertumbuhan manusia! Selain tahap-tahap pertumbuhan manusia, kalian juga harus ingat ciri-ciri masa pubertas. Pubertas terjadi pada masa remaja. Sebelum terjadinya pubertas, manusia mengalami masa anak-anak. Masa anak-anak dicirikan dengan terjadinya peningkatan berat badan akibat bertambahnya ukuran rangka, otot, dan organ lainnya, tetapi cenderung lambat. 

Setelah melalui masa anak-anak, manusia akan memasuki masa peralihan menuju masa dewasa. Masa peralihan ini disebut masa remaja. Pada masa remaja, manusia akan mengalami pubertas. Pubertas ditandai dengan terjadinya perubahan fisik, pola pikir, dan pematangan fungsi organ reproduksi manusia. Perubahan fisik yang kalian alami belum tentu sama dengan yang teman kalian alami pada umur yang sama.

Masa dewasa adalah masa manusia yang sudah melewati pubertas. Masa dewasa ditandai dengan melambatnya pertumbuhan dan perkembangan manusia. Manusia dewasa sudah dapat berpikir secara matang.

Perubahan fisik selama masa pubertas kemungkinan akan mempengaruhi kegiatanmu sehari-hari. Mungkin kalian akan merasakan sedikit ketidaknyamanan. Berikut beberapa cara menyikapi masa pubertas yang akan kalian alami.





Menjaga kesehatan dengan memilih makanan sehat dan berolahraga. Makanan diperlukan untuk pertumbuhan badan. Pilihlah makanan yang berasal dari bahan-bahan segar dan diolah dengan cara yang sehat, misalnya tanpa pengawet, pemanis buatan, atau penyedap rasa. Perbanyak pula minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar berupa keringat.




Menjaga kebersihan tubuh. Dalam masa pubertas, aktivitas kelenjar minyak dan kelenjar keringat meningkat. Akibatnya, wajah mudah berjerawat dan tubuh berbau kurang sedap. Mandilah dua kali sehari dan kenakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Apabila keringatmu berlebih, bersihkan tubuhmu dan gantilah pakaianmu. Pakaian yang lembap oleh keringat menjadi sarang kuman. Kuman dapat menyebabkan bau tidak sedap dan menimbulkan penyakit kulit.

Hati-hati dalam bergaul dengan lawan jenis. Pada masa puber, organ reproduksi telah aktif. Oleh karena itu, sebaiknya kamu bergaul dengan lawan jenis dalam batas yang wajar. Hindari berdua-duaan antara laki-laki dan perempuan.









Memilih bacaan dan tontonan yang sesuai umur. Saat ini akses untuk bacaan dan tontonan dengan mudah dapat kita peroleh. Namun, pilihlah bacaan dan tontonan yang baik, menambah wawasan, dan sesuai umurmu. Hindari membaca bacaan dan menonton tontonan dewasa.




Rajin beribadah sesuai agama masing-masing
. Dengan rajin beribadah, kita mendekatkan diri kepada Tuhan. Kita akan mematuhi aturan-aturan agama untuk berperilaku dan berbuat sesuai tuntunan agama.

Perubahan-perubahan yang kita alami selama masa pubertas harus disikapi dengan tepat. Oleh karena itu, kita memerlukan bimbingan dan pendampingan orang tua untuk membantu kita dalam menyikapi masa pubertas. Salah satu peran orang tua yaitu memberikan pemahaman kepada kita mengenai perubahan-perubahan yang baru saja terjadi dalam diri kita. Orang tua juga dapat memberikan nasihat kepada kita mengenai hal-hal yang boleh atau tidak boleh kita lakukan pada masa pubertas.

Kegiatan Positif pada Masa Pubertas

Selain terjadi perubahan fisik, pada masa pubertas juga terjadi perubahan pola pikir. Pada masa ini, biasanya kita menjadi lebih aktif, ingin mengetahui banyak hal baru, dan mulai menyukai sesuatu. Misalnya seni dan olah raga.

Masa pubertas merupakan masa yang penting. Oleh karena itu, masa pubertas sebaiknya diisi dengan kegiatan positif. Selain belajar dengan baik di sekolah, banyak kegiatan positif lain yang dapat dilakukan. Misalnya mengikuti latihan bela diri, sepak bola, atau cabang olah raga lainnya, membuat kerajinan tangan, dan mengikuti kursus tari, musik, atau melukis. Kegiatan positif juga dapat diisi dengan membantu orang tua. Selain untuk meringankan pekerjaan mereka, membantu orang tua juga merupakan salah satu cara melatih kemandirian. 

Berolahraga adalah salah satu kegiatan positif 
yang dapat dilakukan saat masa pubertas


Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi perubahan fisik selama masa pubertas, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Perubahan Fisik Selama Masa Pubertas 




Demikian materi terkait perubahan fisik selama masa pubertas. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Materi IPA Kelas VI Tema 7 Subtema 1 - Perubahan Fisik Selama Masa Pubertas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel