Materi IPA Kelas VI Tema 7 Subtema 3 - Persiapan Menghadapi Masa Pubertas

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Kita berjumpa lagi di semester 2. Semoga kalian semua selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 7 (Kepemimpinan) dengan materi persiapan menghadapi masa pubertas. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!

Materi IPA Kelas VI Tema 7 Subtema 3 - Persiapan Menghadapi Masa Pubertas


Tahapan perkembangan dan pertumbuhan manusia umumnya terbagi menjadi: balita, kanak-kanak, remaja, dewasa, dan usia lanjut. Masa remaja merupakan peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Pada awal masa remaja, kita mengalami masa pubertas. Pada masa ini terjadi perubahan pada tubuh, baik yang terlihat maupun tidak.

Di dalam tubuh, hormon reproduksi mulai dihasilkan. Pada perempuan, hormon ini akan mengakibatkan sel telur matang. Pada laki-laki, hormon reproduksi akan mengakibatkan tubuh memproduksi sel sperma. Jika sel telur dan sel sperma bertemu, dapat terjadi pembuahan dan tumbuh menjadi bayi.

Pada umumnya, pada masa ini kesehatan reproduksi remaja akan memperlihatkan ciri-ciri pubertas. Pada perempuan, dia akan mengalami menstruasi setiap jangka waktu tertentu (umumnya setiap 28 hari sekali). Pada laki-laki, dia akan mengeluarkan sperma. 

Ciri-ciri lain ditandai dengan perubahan tubuh yang terlihat. Pada perempuan, misalnya payudara akan tumbuh sebagai persiapan untuk memberikan ASI (air susu ibu) bagi bayinya kelak. Pada laki-laki, otot-otot tubuhnya berkembang lebih besar dan kuat, sehingga diharapkan laki-laki lebih kuat secara fisik untuk melindungi keluarganya.

Melihat ciri-ciri tersebut, kira-kira apa saja yang perlu kita persiapkan untuk menghadapi masa pubertas? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Persiapan dalam Menghadapi Masa Pubertas

Saat memasuki masa pubertas, kebutuhanmu untuk berteman menjadi lebih besar. kalian akan membutuhkan teman untuk belajar bersama, berbagi cerita, dan mencoba hal-hal yang baru. Teman dan lingkungan di sekitarmu memiliki pengaruh yang besar bagi kehidupanmu. Oleh karena itu, kalian harus dapat memilih teman dengan baik. Misalnya, pilihlah teman yang memiliki tutur kata dan tingkah laku yang baik, sopan, rajin belajar, jujur, dan selalu bersemangat melakukan hal-hal baik.

Selain kebutuhan dalam berteman, kalian juga harus berhati-hati ketika memilih tayangan untuk ditonton. Pilihlah tayangan yang sesuai dengan usiamu. Jika menonton tayangan melalui internet, mintalah orang tua untuk mendampingi dan memilih tayangan yang sesuai.

Saat memasuki masa pubertas, kita juga harus menggunakan toilet yang terpisah, Khusus untuk laki-laki atau perempuan. Sebelum menggunakannya, bersihkan terlebih dahulu toilet. Setelah selesai menggunakannya, bersihkan kembali dengan cara menyiram toilet hingga bersih. Buanglah sampah tisu ke tempat sampah yang telah disediakan. 

Orang tua memilihkan tayangan TV
yang sesuai dengan usia dan kebutuhan

Tolilet yang digunakan terpisah 
antara laki-laki dan perempuan

Cara Melindungi Diri dari Penyakit pada Masa Pubertas

Memasuki masa pubertas, kebersihan tubuh harus selalu diperhatikan. Tujuannya untuk menjaga kesehatan dan menghindarkan diri dari penyakit. Penyakit pada sistem reproduksi dapat terjadi pada laki-laki maupun perempuan. Beberapa penyakit pada sistem reproduksi, seperti gonore, sifilis, dan kanker rahim.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk melindungi tubuh dari penyakit.
  1. Mandi dan membasuh wajah secara teratur untuk mengurangi risiko tumbuhnya jerawat.
  2. Mencuci tangan setiap hendak dan selesai buang air kecil dan buang air besar serta menyiram toilet dengan bersih.
  3. Mengganti pakaian ketika sudah lembab, terutama setelah berolahraga. Pakaian yang lembab dapat menyebabkan tumbuhnya jamur pada kulit. Biasakan juga untuk tidak menggunakan handuk atau pakaian secara bergantian dengan orang lain.
  4. Bagi remaja putri yang sedang menstruasi, gunakan pembalut yang lembut. Gantilah pembalut setiap kali pembalut yang kamu pakai terasa lembap. Gantilah minimal empat kali sehari.

Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi persiapan menghadapi masa pubertas, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Persiapan Menghadapi Masa Pubertas 



Demikian materi terkait persiapan menghadapi masa pubertas. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Materi IPA Kelas VI Tema 7 Subtema 3 - Persiapan Menghadapi Masa Pubertas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel