Materi IPS Kelas VI Tema 7 Subtema 3 - Peran Indonesia di Asean dalam Bidang Pendidikan dan Budaya

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Kita berjumpa lagi di semester 2. Semoga kalian semua selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 7 (Kepemimpinan) dengan materi peran Indonesia di Asean dalam bidang pendidikan dan budaya. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!

Materi IPS Kelas VI Tema 7 Subtema 3 - Peran Indonesia di Asean dalam Bidang Pendidikan dan Budaya


Anak-anak kalian masih ingatkah materi pada tema-tema sebelumnya tentang ASEAN? ASEAN adalah organisasi negara-negara yang ada di Asia Tenggara yang beranggotakan 10 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Laos, Kamboja, Vietnam, Myanmar, dan Brunei Darusallam. Perhatikan gambar peta negara-negara Asia Tenggara berikut ini!



Dalam organisasi ASEAN ada banyak bidang kerjasamanya diantaranya ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, dan lain-lain. Nah, anak-anak kita akan bahas satu persatu. Kali ini kita akan bahas pada bidang pendidikan dan budaya. 

Peran Indonesia di ASEAN dalam Bidang Pendidikan

Banyak program yang dilakukan oleh negara-negara ASEAN sebagai bentuk kerjasama dalam bidang pendidikan. Salah satunya adalah pertukaran guru dan pelajar. Selain pertukaran guru dan pelajar, negara-negara ASEAN juga melakukan beberapa kerjasama yang memiliki peran dan fungsi sebagai berikut.
  1. Deklarasi kerjasama pendidikan yang bertujuan mencapai masyarakat ASEAN yang peduli terhadap pendidikan. Jumlah anak putus sekolah di beberapa negara ASEAN masih tinggi. Deklarasi ini mengajak negara anggota ASEAN untuk bersama-sama mengatasi permasalahan tersebut. Selain itu, deklarasi ini juga berfungsi sebagai pendorong penyediaan sarana pendidikan dan tenaga pendidik yang memadai. Jika sarana dan tenaga pendidik sudah memadai, kesejahteraan masyarakat pun akan tercapai. 
  2. Pelaksanaan program pertukaran pelajar se-ASEAN. Program ini berperan meningkatkan daya saing siswa dalam bidang pendidikan, karena hanya siswa-siswa berprestasi yang dapat mengikuti program tersebut. Kerjasama ini juga mendorong berkembangnya wawasan dan pengalaman para pelajar terhadap ragam budaya di ASEAN.
  3. Kerjasama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Kerjasama ini diwujudkan melalui kegiatan penelitian bersama.
  4. Kerjasama untuk mengingkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga mampu bersaing dengan masyarakat dunia.
  5. Pembentukan jaringan perguruan tinggi se-ASEAN. Peran jaringan ini adalah memberikan informasi mengenai perguruan tinggi terbaik yang dapat dipilih oleh para calon mahasiswa di Asia Tenggara. Jaringan ini berfungsi untuk membantu proses pertukaran pelajar antarnegara ASEAN.
Pertukaran pelajar Indonesia dengan negara-negara ASEAN
salah satu bentuk peran Indonesia di ASEAN dalam bidang pendidikan

Peran Indonesia di ASEAN dalam Bidang Budaya

Kerjasama dalam bidang budaya berperan meningkatkan persatuan negara-negara ASEAN. Kerjasama tersebut juga berperan menjaga kelestarian budaya bangsa-bangsa ASEAN. 

Berikut peran Indonesia di ASEAN dalam bidang budaya
  1. Melakukan pertukaran pemuda dan pelajar dengan negara-negara ASEAN. Pemuda dan pelajar memiliki kesempatan untuk mempelajari budaya negara setempat.
  2. Peserta dan tuan rumah berbagai ajang olahraga regional. Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang. Indonesia juga berpartisipasi dalam event yang diselenggarakan ASEAN Football Federation (AFF) seperti AFF U16 dan AFF U19.
  3. Melakukan pertukaran budaya. Yang dimaksud dengan pertukaran budaya disini yaitu pemerintah indonesia sering menyeponsori seniman-seniman asal Indonesia untuk mengadakan pentas tari, musik atau teater di Singapura, Malaysia dll. Selain itu pemerintah juga mengundang seniman-seniman dari negara-negara anggota asean untuk mementaskan kesenian di Indonesia.   
Indonesia menjadi peserta pesta olahraga ASEAN yaitu Sea Games
merupakan salah satu bentuk peran Indonesia di ASEAN dalam bidang budaya



Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi peran Indonesia di Asean dalam bidang pendidikan dan budaya, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Peran Indonesia di Asean dalam Bidang Pendidikan dan Budaya 



Demikian materi terkait peran Indonesia di Asean dalam bidang pendidikan dan budaya. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Materi IPS Kelas VI Tema 7 Subtema 3 - Peran Indonesia di Asean dalam Bidang Pendidikan dan Budaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel