Kolaborasi Nusantara bertema MaCe PaCe RumBel

Hai ... sahabat blogger jumpa lagi di blog sederhana ngiringmelajah.com.
MACE PACE RUMBEL, itulah tema dari kolaborasi nusantara yang kedua yang bli mimin lakukan. Apa sih Pace Mace Rumbel itu? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Design flyer by Stenly Sengkey


Kolaborasi ini bermula dari penawaran bli mimin untuk berkolaborasi yang bli mimin sampaikan kepada DRB Papua 2019 (Ibu Restyn Yusuf). Ibu DRB menanggapi dan langsung menyampaikannya kepada rekan-rekan SRB Papua 2020. Keesokan harinya ada seorang SRB Papua (Erlin) yang menyampaikan pesan ke bli mimin melalui chat WA. Beliau menyambut baik ajakan bli mimin untuk berkolaborasi dan sudah direncanakan untuk mengadakan kegiatan webinar pada hari Minggu, 18 Oktober 2020 pukul 19.00 WIT. Nah sebelum pelaksanaan kegiatan itu kami pun menyepakati untuk mengadakan pertemuan awal melalui zoom meeting pada hari Sabtu, 17 Oktober 2020 pukul 19.30 WIT.   

Keesokan harinya, pukul 19.00 WIT room meeting sudah di buka, bli mimin pun bergabung ke room. Di room sudah ada bu Erlin, kemudian dilanjutkan masuk dua rekan SRB Papua yang lainnya yaitu bapak Stenly Sengkey dan bapak Wahyu Kurniawan. Kami mulai membahas rencana kolaborasi kita dan rencana kegiatan webinar yang akan kita laksanakan pada hari Minggu.

Dari hasil pembahasan disepakati kita berempat berkolaborasi ada ibu Erlin - SRB Papua, bapak Stenly Sengkey - SRB Papua, bapak Wahyu Kurniawan - SRB Papua, dan bli mimin sendiri Putu Edy Pariawan - SRB Bali. Adapun tema kolaborasi yang kita sepakati adalah "MaCe PaCe RumBel". Apa sih itu? MaCe PaCe RumBel merupakan akronim dari Mari Cerita Praktik Cerdas Rumah Belajar. Akronim ini diambil dari sapaan akrab untuk kaum perempuan dan laki-laki di Papua. Akronim ini dipakai untuk menarik perhatian rekan-rekan guru di Papua untuk bergabung dalam kegiatan yang akan kami laksanakan. Selanjutnya kami pun mengambil tema kecil dari kegiatan webinar ini yaitu "Pemanfaatan Blog dalam Pembelajaran".

Setelah menyepakati tema, kami mulai melakukan pembagian tugas terkait pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan keesokan harinya. Desain flyer dan virtual background diserahkan kepada bapak Stenly Sengkey. Pembuatan absen diserahkan kepada ibu Erlin. Sebagai host dipercayakan kepada bapak Wahyu Kurniawan. Sedangkan saya sendiri mendapat tugas untuk menghubungi DRB Bali agar dapat berpartisipasi untuk memberikan motivasi kepada kita semua.
    
Minggu, 18 Oktober 2020, bli mimin bersama Erlin (SRB Papua), Stenly Sengkey (SRB Papua), dan Wahyu Kurniawan (SRB Papua) melalui ruang Zoom Meeting mencoba berbagi kisah ilmu, pengalaman dan motivasi. Pada kegiatan kali ini juga hadir tamu-tamu yang sangat luar biasa yaitu para Duta Rumah Belajar. Ada Ibu Minarti (DRB Papua 2018), Ibu Restyn Yusuf (DRB Papua), dan Bapak I Komang Rika Adi Putra (DRB Bali 2017). Rasa syukur dan terimakasih kami ucapkan, karena dalam kegiatan webinar kali ini dapat berjalan lancar tanpa kendala. Di awal kegiatan Wahyu Kurniawan SRB 2020 dari Papua sebagai host sekaligus moderator pada webinar kali ini membuka dan memulai kegiatan dengan menyapa para narasumber dan peserta. Selanjutanya host mempersilakan Duta Rumah Belajar untuk membagikan pengalaman dan motivasinya selama mengikuti kegiatan PembaTIK pada masanya masing-masing dan pengalaman selama menjadi Duta Rumah Belajar. 

I Komang Rika Adi Putra (DRB Bali 2017) sharing pengalaman dan motivasi

Minarti (DRB Papua 2018) sharing pengalaman dan materi

Restyn Yusuf (DRB Papua 2019) sharing pengalaman dan motivasi


Para Duta Rumah Belajar menceritakan pengalaman mereka selama mengikuti kegiatan PembaTIK dan memberikan motivasi kepada kami semua untuk selalu semangat dalam berbagi dan terus belajar untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki. Selain itu mereka juga sangat mengapresiasi kerja keras yang sangat luar biasa di dalam berbagi yang dilakukan oleh para SRB tahun 2020, hampir setiap hari tanpa kenal lelah berbagi kepada para guru di seluruh nusantara.

Selanjutnya kami para Sahabat Rumah Belajar yang mendapat giliran menjadi narasumber mencoba berbagi melalui zoom meeting ini. Pada kesempatan pertama, bili mimin sendiri tampil dengan dipandu oleh ibu Erlin selaku moderator mencoba berbagi mengenai Membuat dan Mengelola Blog sebagai Media Pembelajaran. Pada kesempatan ini bli mimin memberikan tutorial bagaimana cara membuat blog dan mengelolanya sehingga dapat dimanfaatkan untuk proses pembelajaran utamanya pembelajaran daring. 

Bli mimin memaparkan materi

Materi selengkapnya dari bli mimin dapat di lihat pada slide powerpoint berikut ini


Sesi kedua giliran ibu Erlin - SRB Papua 2020 yang tampil untuk berbagi mengenai Pemanfaatan Laboratorium Maya dalam Blog Pembelajaran. Beliau membagikan pengalamannya bagaimana langkah-langkah serta tips dan trik menautkan fitur Lab Maya ke dalam blog yang kita miliki. Dengan menyematkan Lab Maya ini ke dalam blog kita, anak-anak bisa langsung praktek dan mengerjakan tugas-tugas yang sudah disiapkan di blog. 

Pembicara pada sesi ketiga yaitu Stenly Sengkey - SRB Papua 2020 dengan dipandu oleh ibu Erlin sebagai moderator mencoba berbagi mengenai Pemanfaatan Blog sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Beliau membagikan pengalamannya bagaimana langkah-langkah serta tips dan trik menautkan media pembelajaran interaktif yang telah kita buat ke dalam blog yang kita miliki, sehingga anak-anak tidak perlu lagi menginstal MPI tersebut di hpnya. 

Pembicara pada sesi terakhir yaitu Wahyu Kurniawan - SRB Papua 2020 dengan dipandu oleh ibu Erlin sebagai moderator mencoba berbagi mengenai Membuat Video Pembelajaran. Beliau membagikan pengalamannya bagaimana langkah-langkah serta tips dan trik membuat video pembelajaran menggunakan aplikasi powerpoint yang ada di laptop dilengkapi dengan animasinya. 

Setelah selesai sesi pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Ada beberapa pertanyaan yang ditujukan kepada masing-masing pemateri. Untuk bli mimin mendapat pertanyaan yaitu bagaimana caranya agar blog yang kita miliki supaya tidak berat dan loadingnya lambat?

Bli mimin memberikan tanggapan dan penjelasan atas pertanyaan peserta webinar


Pada sesi terakhir sebelum kegiatan webinar ini diakhiri, diadakan sesi kuis dimana kami sudah menyediakan 3 buah doorprize menarik untuk siap diberikan kepada peserta. Sesi kuis dipandu oleh bapak Wahyu Kurniawan dengan menggunakan aplikasi quizziz. pada sesi kuis kali ini peserta yang beruntung yaitu Yokta Pradana, Chritina Wahyu. Selamat kepada para peserta yang beruntung semoga hadiahnya bermanfaat.
Wahyu Kurniawan (SRB Papua 2020) memandu pelaksanaan kuis


Dengan berakhirnya sesi kuis maka selesai jugalah webinar MaCe PaCe RumBel ini. Dari kegiatan kali ini, kami para pemateri berharap dapat menularkan semangat dan terus berbagi dalam pembelajaran bersama portal Rumah Belajar demi mewujudkan merdeka belajar dan untuk maju bersama mencerdasakan Indonesia. Dan sebelum roomnya di close kami menyempatkan untuk berfoto bersama.

Foto bersama DRB, SRB, dan para peserta webinar


Untuk lebih lengkap mengenai kegiatan webinar kali ini dapat ditonton dengan mengklik link berikut


Berikut daftar hadir peserta yang mengikuti webinar MaCe PaCe RumBel



Semangat berbagi untuk kemajuan pendidikan di Kota Denpasar khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia.

Dengan rumah belajar, belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja.


#DutaRumahBelajar2020

Belum ada Komentar untuk "Kolaborasi Nusantara bertema MaCe PaCe RumBel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel