Integrasi Fitur Sumber Belajar dalam Pemanfaatan Blog sebagai Media Pembelajaran Daring

Hai ... sahabat blogger jumpa lagi di blog sederhana ngiringmelajah.com
Pada kesempatan sebelumnya saat tampil sebagai narasumber di kegiatan KIHAJAR TIK TALK BALI 2020 bli mimin sudah menjelaskan bagaimana caranya memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran daring. Selanjutnya muncul sebuah pertanyaan, kira-kira bisakah fitur-fitur yang ada di dalam portal rumah belajar kita integrasikan ke blog yang kita miliki? Baiklah berikut bli mimin akan kumpas tuntas bagaimana mengintegrasikan fitur-fitur yang ada pada portal rumah belajar ke blog yang kita miliki. Materi ini bli mimin sajikan pada acara webinar IGI Bali dengan tema Belajar Bersama Rumah Belajar. 




Adapun kegiatan webinar ini merupakan hasil kolaborasi antara beberapa orang SRB Bali 2020 yang ide awalnya dicetuskan oleh Ibu Ika Desi Budiarti dan selanjutnya mengajak beberapa orang yang lain untuk bergabung seperti Wayan Suarma, Agus Suputrayasa, Bangkit Saputra, Fajar AnandaYuda Andikha, bli mimin, dan Utami Dewi. Kegiatan ini bekerjasama dengan media pelatihan IGI Bali TV yang berlangsung dari tanggal 07 Oktober 2020 sampai 10 Oktober 2020. Bli mimin dan rekan SRB Yuda Andikha dapat giliran tampil pada sesi terakhir yaitu pada hari Sabtu, 10 Oktober 2020. Pada webinar ini bli mimin membawakan materi "Integrasi Fitur Sumber Belajar dalam Pemanfaatan Blog sebagai Media Pembelajaran", sedangkan rekan Yuda Andikha membawakan materi 'Pemanfaatan Bandycam dalam Pembuatan Video Pembelajaran Sederhana". Pelaksanaan webinar ini dimoderatori oleh rekan SRB Bangkit Saputra. Kegiatan diawali dengan pengenalan narasumber oleh moderator kepada para peserta webinar IGI Bali TV.

Pengenalan para narasumber oleh moderator

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh para nara sumber dengan durasi waktu masing-masing narasumber 40 menit. Bli mimin dapat giliran pertama untuk menyampaikan materi. Bli mimin memaparkan materi slide demi slide secara perlahan dan pasti.

Bli mimin menyajikan materi integrasi fitur rumah belajar 
dalam pemanfaatan blog sebagai media PJJ daring

Mengenai pertanyaan di awal postingan ini, baik sekarang bli mimin berikan penjelasannya. Selain memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran daring, kita juga dapat memvariasikannya dengan cara mengintegrasikan salah satu fitur yang ada portal rumah belajar yaitu fitur sumber belajar. Bagaimana cara menintegrasikannya? Terdapat dua cara yang dapat kita lakukan di dalam mengintegrasikan fitur sumber belajar ke dalam blog kita. Cara yang pertama yaitu dengan menghubungkan link sumber belajar yang kita pilih dengan kata perintah pada postingan materi di blog kita, sehingga ketika siswa mengklik kata perintah tersebut di blog maka akan terhubung ke sumber belajar yang akan dipelajari siswa. Cara yang kedua yaitu dengan menyematkan sumber belajar yang berupa video yang kita ambil dari youtube rumah belajar kemdikbud ke dalam postingan blog. Selengkapnya dapat dilihat pada paparan materi di bawah ini.



Setelah bli mimin selesai memaparkan materi, kemudian dilanjutkan oleh rekan Yuda Andika untuk memaparkan materi terkait pemanfaatan bandycam dalam membuat video pembelajaran sederhana.
 
Rekan Yuda Andika menyajikan materi pemanfaatan bandycam 
untuk membuat video pembelajaran sederhana

Sesi terakhir sebelum kegiatan webinar berakhir diadakan sesi tanya jawab. Telah siap beberapa pertanyaan yang diajukan oleh para peserta webinar. Satu persatu pertanyaan disampaikan oleh moderator kepada narasumber untuk diberikan tanggapan, penjelasan dan konfirmasi. Dengan berakhirnya sesi tanya jawab maka selesailah kegiatan webinar IGI Bali Belajar Bersama Rumah Belajar. Melalui kegiatan ini, kami para pemateri berharap apa yang sudah kami bagikan dapat bermanfaat untuk para peserta webinar dalam rangka mewujudkan merdeka belajar untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Untuk lebih lengkapnya terkait kegiatan webinar kali ini dapat ditonton pada video berikut

Video Webinar IGI Bali Sesi 4


Berikut beberapa dokumentasi kegiatan webinar IGI Bali Sesi 4

Dukungan rekan-rekan SRB yang sudah tampil pada sesi sebelumnya sebelum acara webinar dimulai

Bli mimin meanggapi pertanyaan peserta pada sesi tanya jawab

Jumlah peserta yang menyaksikan secara live di IGI Bali TV saat bli mimin memaparkan materi


Berikut daftar hadir peserta yang mengikuti webinar IGI Bali sesi 4 ini


 


Semangat berbagi untuk kemajuan pendidikan di Kota Denpasar khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia.

Dengan rumah belajar, belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja.


#DutaRumahBelajar2020

Belum ada Komentar untuk "Integrasi Fitur Sumber Belajar dalam Pemanfaatan Blog sebagai Media Pembelajaran Daring"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel