Kolaborasi Nusantara bertema SEMUT MERAH JILID II

Hai ... sahabat blogger jumpa lagi di blog sederhana ngiringmelajah.com.
SEMUT MERAH, itulah tema dari kolaborasi yang kami lakukan. Apa sih semut merah itu? Yuk simak penjelasannya berikut ini!


Kolaborasi ini bermula dari pertemuan kami di grup telegram dan kemudian dilanjutkan ke grup WA agar dikusi menjadi lebih intensif. Bli mimin sendiri belakangan baru bergabung. Rekan-rekan dalam kolaborasi tim ini telah sukses mengadakan webinar dengan tema SEMUT MERAH Jilid 1 terlebih dahulu. Beranjak dari kesuksesan itu mereka yang sudah duluan bergabung akhirnya bersepakat untuk menambah anggota tim agar bisa lebih luas lagi. Bergabunglah bli mimin dan beberapa rekan yang lain sehingga kolaborasi ini mempertemukan kami para SRB dari 7 provinsi yang berbeda. Adapun anggota dari kolaborasi ini yaitu Wiwi Indah Sari (SRB Kalimantan Tengah), Dwi Ermayanti (SRB Aceh), DAT Novitasari (SRB Papua Barat), Yusuf Sodhiqin (SRB Banten), Siti Khadijah (SRB Kepulauan Bangka Belitung), Dian Wicaksono (SRB Jawa Tengah), dan Bli mimin sendiri - Putu Edy Pariawan (SRB Bali), lengkap dari Sabang sampai Merauke. Selanjutnya kamipun bersepakat melalui dikusi yang kami lakukan pada hari Kamis, 15 Oktober 2020 untuk melaksanakan Webinar Kolaborasi Nusantara SEMUT MERAH (Sehari bersaMa UnTuk MERangkai kisAH) Jilid 2.  

Jum'at, 16 Oktober 2020, bli mimin bersama Wiwi Indah Sari (SRB Kalimantan Tengah), DAT Novitasari (SRB Papua Barat), Dian Wicaksono (SRB Jawa Tengah), Siti Khadijah (SRB Kepulauan Bangka Belitung), Dwi Ermayanti (SRB Aceh), dan Yusuf Sodhiqin (SRB Banten) melalui Zoom Meeting ini kami mencoba berbagi kisah ilmu, pengalaman dan motivasi. Pada kegiatan kali ini juga hadir tamu-tamu yang sangat luar biasa yaitu para Duta Rumah Belajar. Bapak I Komang Rika Adi Putra (DRB Bali 2017) siap berbagi pengalaman dan motivasi pada kegiatan webinar kali ini. Rasa syukur dan terimakasih kami ucapkan, karena dalam kegiatan webinar kali ini dapat berjalan lancar tanpa kendala. Di awal kegiatan DAT Novitasari SRB 2020 dari Papua Barat sebagai host sekaligus moderator pada webinar kali ini membuka dan memulai kegiatan dengan menyapa para narasumber dan peserta. Selanjutanya DAT Novitasari mempersilakan Duta Rumah Belajar untuk membagikan pengalaman dan motivasinya selama mengikuti kegiatan PembaTIK pada masanya masing-masing dan pengalaman selama menjadi Duta Rumah Belajar. 

I Komang Rika Adi Putra (DRB Bali 2017) memberikan motivasi

Bapak I Komang Rika Adi Putra yang merupakan DRB Bali 2017 mencoba berbagi dan memotivasi pada ruang zoom meeting ini. Beliau bercerita dan berbagi pengalaman awal mula mengikuti kegiatan PembaTIK ini hingga sampai akhirnya menjadi Duta Rumah Belajar Provinsi Bali 2017. Beliau juga berpesan “jadikanlah momen kegiatan PembaTIK ini untuk terus belajar dan meningkatkan kompetensi diri serta jangan lelah untuk terus berbagi dan berbagi”. 

Selanjutnya kami para Sahabat Rumah Belajar yang mendapat giliran menjadi narasumber mencoba berbagi melalui zoom meeting ini. Pada kesempatan pertama, ibu Wiwi Indah Sari - SRB Kalimantan Tengah 2020 dengan dipandu oleh bapak Yusuf Sodhiqin - SRB Banten 2020 sebagai moderator mencoba berbagi mengenai patner portal Rumah Belajar yaitu Radio Edukasi. Beliau menyampaikan bahwa Radio Edukasi adalah produk BPRMP (Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan) yang berbentuk radio station yang menyajikan komposisi acara siaran pendidikan (baik formal maupun nonformal), informasi/berita pendidikan, hiburan, dan acara pendidikan yang mendidik (edutainment). Radio edukasi menyediakan produk media audio pembelajaran untuk jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, Guru dan juga untuk Tunanetra. Produk audio dari Radio Edukasi ini dapat dimanfaatkan dan diakses secara online ataupun offline serta tentunya juga dapat diakases secara gratis. 

Wiwi Indah Sari (SRB Kalteng 2020) memaparkan materi

Sesi kedua giliran bli mimin yang dipandu Siti Khadijah - SRB Kep. Babel 2020 sebagai moderator mencoba untuk berbagi mengenai pemanfaatan game teka teki silang dalam pembelajaran. melalui game TTS ini siswa dapat belajar sambil bermain. Dengan game ini guru juga dapat melakukan penilaian kepada siswa. Pada sesi ini bli mimin berbagi tutorial bagaimana membuat game TTS yang dapat digunakan untuk pembelajaran menggunakan aplikasi eclipse crossword

Bli mimin memaparkan materi

Pembicara pada sesi terakhir yaitu Dwi Ermayanti - SRB Aceh 2020 dengan dipandu Dian Wicaksono - SRB Jawa Tengah 2020 sebagai moderator mencoba berbagi mengenai penerapan model NHT (Number Head Together) dengan fitur sumber belajar. Beliau membagikan pengalamannya bagaimana langkah-langkah serta tips dan trik penerapan model NHT (Number Head Together) dengan mengkombinasikan fitur-fitur yang ada di portal Rumah Belajar yaitu fitur Sumber Belajar

Dwi Ermayanti (SRB Aceh 2020) memaparkan materi

Pada sesi terakhir sebelum kegiatan webinar ini diakhiri, diadakan sesi tanya jawab. Ada salah satu pertanyaan yang menarik dari salah satu peserta yang ditujukan kepada bli mimin, yaitu mengenai aplikasi yang digunakan untuk membuat TTS yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Dengan berakhirnya sesi tanya jawab maka selesai jugalah webinar SEMUT MERAH jilid 2 ini. Dari kegiatan kali ini, kami para pemateri berharap dapat menularkan semangat dan terus berbagi dalam pembelajaran bersama portal Rumah Belajar demi mewujudkan merdeka belajar dan untuk maju bersama mencerdasakan Indonesia. 


Untuk lebih lengkap mengenai kegiatan webinar kali ini dapat ditonton pada video berikut. 

Video Webinar Semut Merah Jilid 2


Berikut daftar hadir peserta yang mengikuti webinar semut merah jilid 2



Semangat berbagi untuk kemajuan pendidikan di Kota Denpasar khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia.

Dengan rumah belajar, belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja.


#DutaRumahBelajar2020

Belum ada Komentar untuk "Kolaborasi Nusantara bertema SEMUT MERAH JILID II"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel