Formulir Pengiriman Barang dan Formulir LJK

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? semoga selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 5 (Wirausaha) dengan materi formulir pengiriman barang dan formulir LJK. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!



Anak-anak coba perhatikan gambar di bawah ini ya!


Ayo ingat kembali formulir yang sudah kamu pelajari sebelumya! Formulir digunakan dalam kegiatan operasional suatu organisasi atau perusahaan. Formulir adalah lembaran kartu/kertas yang dicetak dengan ukuran tertentu yang di dalamnya terdapat data berupa informasi. Informasi dalam formulir ada yang bersifat tetap dan ada juga bagian lain yang diisi dengan informasi yang tidak tetap. Salah satu contoh formulir adalah formulir pengiriman barang dan formulir pengiriman uang. Formulir pengiriman barang biasanya terdapat pada perusahaan ekspedisi. Sedangkan, formulir pengiriman uang terdapat pada bank atau perusahaan pengiriman uang.

Perhatikan contoh formulir pengiriman barang berikut!



Formulir pengiriman barang atau uang diperlukan ketika seseorang akan mengirim barang atau uang tersebut ke suatu tujuan tertentu. Isi formulir pengiriman barang atau uang harus bersifat tetap atau tidak berubah-ubah. Informasi-informasi yang harus diisi pada formulir pengiriman barang yaitu tanggal pengiriman, nama pengirim, alamat dan nomor telepon pengirim, nama penerima, alamat dan nomor telepon penerima, jenis barang, jumlah berat barang, biaya pengiriman, serta catatan.

Formulir tersebut hanya merupakan salah satu contoh formulir pengiriman barang. Setiap lembaga atau perusahaan dapat membuat formulir dengan data dan format yang berbeda.

Mengisi Formulir Pengiriman Barang

kamu sudah mengetahui informasi yang terdapat dalam formulir pengiriman barang. Setelah memahami informasi apa saja yang harus diisi, kamu dapat berlatih mengisi formulir pengiriman barang. Mengisi formulir pengiriman barang harus menggunakan informasi yang benar, seperti nama lengkap, nomor telepon, dan alamat. Hal tersebut untuk menghindari kesalahan dalam proses pengiriman barang.

Perhatikan contoh pengisian formulir pengiriman barang berikut!


Mengidentifikasi Formulir Lembar Jawaban Komputer (LJK)

Amatilah formulir berikut dengan cermat!



Formulir tersebut adalah formulir lembar jawaban komputer (LJK). LJK digunakan untuk ujian masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya, seperti sekolah menengah dan perguruan tinggi. LJK ialah formulir isian berupa kertas yang akan diolah dengan komputer dan pemeriksaan LJK memerlukan alat pemindai. Penggunaan LJK memudahkan pemeriksa dalam memeriksa jawaban peserta ujian. Dengan LJK, waktu yang dibutuhkan sedikit sehingga lebih efektif.

Dalam LJK biasanya terdapat kolom-kolom berikut.
  1. Petunjuk
  2. Nama peserta ujian
  3. Nomor peserta ujian
  4. Tanggal lahir peserta ujian
  5. Nama mata ujian
  6. Tanggal ujian
  7. Tanda tangan peserta
  8. Pilihan ganda untuk jawaban


Mengisi Formulir LJK

Coba kamu ingat kembali, perbedaan dan persamaan LJK dan formulir lain yang sudah kamu pelajari. Adakah perbedaannya? LJK merupakan lembar jawaban peserta ujian yang hasilnya akan diperiksa oleh alat pemindai. Cara mengisi LJK bermacam-macam, ada yang diarsir dan ada pula yang disilang.

Berikut langkah-langkah mengisi LJK Ujian Saringan Masuk Sekolah.





Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi formulir pengiriman barang dan formulir LJK, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Formulir Pengiriman Barang dan Formulir LJK




Demikian materi terkait formulir pengiriman barang dan formulir LJK. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Formulir Pengiriman Barang dan Formulir LJK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel