Riwayat Hidup

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? semoga selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 5 (Wirausaha) dengan materi riwayat hidup. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!



Anak-anak coba perhatikan gambar di bawah ini ya!



Di sekolah Edo, akan dilaksanakan simulasi tentang wirausaha, yaitu siswa akan mempraktikkan jual beli di lingkungan sekolah. Untuk kegiatan tersebut, dibutuhkan beberapa panitia. Bagi siswa yang berminat, dapat mengajukan surat permohonan kepada guru kelas dengan melampirkan daftar riwayat hidup.

Edo dan Siti berminat untuk menjadi panitia, namun mereka masih bingung bagaimana cara menulis daftar riwayat hidup. Apakah kamu mengetahui cara membuat daftar riwayat hidup? Ayo, kita cari tahu lebih lanjut.

Riwayat Hidup adalah data yang berisi tentang informasi diri seseorang yang meliputi identitas diri serta kegiatan yang telah dilakukan. Informasi diri yang ditulis dalam riwayat hidup harus didasarkan fakta dan disajikan dengan rinci. Hal tersebut bertujuan untuk menjelaskan tentang jati diri kita kepada orang lain.

Riwayat hidup dapat ditulis dengan dua bentuk, yaitu bentuk singkat dan bentuk narasi. Penulisan riwayat hidup dalam bentuk singkat biasanya tampak seperti formulir. Informasi disusun dalam bentuk poin-poin. dan disusun secara berderet dari atas ke bawah dengan berurutan. Penulisan riwayat hidup seperti ini lebih sering disebut daftar riwayat hidup. Penulisan riwayat hidup dalam bentuk singkat merupakan cara penulisan riwayat hidup yang paling sering kita jumpai di masyarakat. Riwayat hidup dalam bentuk narasi disajikan dalam bentuk paragraf atau tulisan memanjang. Riwayat hidup dalam narasi ditulis menggunakan kalimat lengkap. Penulisan riwayat hidup secara narasi cenderung tampak seperti penulisan sebuah cerita.

Sesuai tujuannya, riwayat hidup biasanya digunakan untuk menjelaskan tentang siapa diri kita kepada orang lain dalam suatu kegiatan yang memerlukan pengenalan diri. Contoh kegiatannya, yaitu kegiatan pendaftaran anggota komunitas atau organisasi, pendaftaran perlombaan, serta melamar pekerjaan. Penulisan riwayat hidup nantinya akan memudahkan penyelenggara kegiatan untuk mengenal diri kita dengan lebih cepat.

Berikut hal-hal yang biasanya ditulis dalam riwayat hidup.
  1. Identitas Diri
  2. Riwayat Pendidikan
  3. Pengalaman Berorganisasi atau Kepanitiaan
  4. Riwayat Prestasi
  5. Keterampilan atau Kemahiran

Penjelasan tentang hal-hal yang ditulis dalam riwayat hidup

Petunjuk Pengisian Daftar Riwayat Hidup

Sebelum mengisi daftar riwayat hidup kalian perlu memperhatikan pentujuk pengisiannya terlebih dahulu. Berikut contoh petunjuk pengisian daftar riwayat hidup.


Perhatikan contoh formulir daftar riwayat hidup berikut!



Menyampaikan Informasi dalam Riwayat Hidup Secara Lisan

Setiap orang pasti memiliki riwayat hidup yang berbeda dengan orang lain. Riwayat hidup didasarkan pada identitas diri serta kegiatan yang telah dilakukan. Pembuatan riwayat hidup harus didasarkan pada kenyataan yang telah dilalui oleh pembuat riwayat hidup. Riwayat hidup dapat disampaikan secara lisan. Untuk memudahkanmu saat menyampaikan secara lisan, kamu dapat membuat daftar riwayat hidupmu dalam bentuk narasi sederhana. Berikut adalah contoh riwayat hidup dalam bentuk narasi sederhana.
 



Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi riwayat hidup, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Riwayat Hidup




Demikian materi terkait riwayat hidup. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Riwayat Hidup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel