Manfaat Berwirausaha Sejak Kecil

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? semoga selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 5 (Wirausaha) dengan materi manfaat berwirausaha sejak kecil. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!




Semangat berwirausaha dapat ditanamkan sejak kecil. Sebagai seorang pelajar, kamu dapat mulai melakukan wirausaha secara sederhana. Misal, dengan menjual hasil kerajinan yang kamu buat sendiri. Kamu dapat memanfaatkan barang bekas sebagai bahan baku pembuatan kerajinan tersebut, seperti membuat dompet dari kain flanel bekas berikut.

Jiwa wirausaha dapat dikembangkan sejak kecil
seperti membuat kerajinan sendiri

Hasil dari penjualan kerajinan tersebut dapat kamu tabung untuk keperluan lainnya. Melakukan wirausaha sejak kecil memiliki manfaat sebagai berikut
  1. Melatih jiwa wirausaha sejak kecil.
  2. Mengembangkan kreativitas yang dimiliki.
  3. Melatih diri untuk menghemat uang yang diperoleh.
  4. Memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang layak untuk dijual kembali.
  5. Mengasah potensi yang dimiliki.
  6. Meningkatkan persatuan dengan keluarga. Keluarga biasanya akan membantu kita untuk melakukan sebuah wirausaha. Keluarga memberikan ide mengenai kegiatan wirausaha yang dapat kita lakukan.
Melatih jiwa wirausaha sejak kecil melalui belajar berjualan

Melatih jiwa wirausaha melalui pameran hasil kerajinan siswa di sekolah

Pentingnya Kerja Sama dalam Memajukan Sebuah Wirausaha

Ada wirausaha yang dilakukan secara perseorangan, seperti pedagang asongan. Ada juga wirausaha yang dilakukan secara bersama-sama. Wirausaha yang dilakukan secara bersama-sama biasanya dikelola oleh dua orang atau lebih. Para pemilik bekerja sama mengelola usaha tersebut hingga menjadi maju. Dengan kerja sama, para pemilik akan semakin mudah untuk mengelola dan mengembangkan usahanya. Mereka dapat berbagi tugas dalam menjalankan usahanya.

Misal, ayah Komang bekerjasama dengan ibu dan paman Made mengelola usaha kerajinan ukiran khas Bali. Ayah Komang dapat membagi tugas pengelolaan usaha dengan ibu dan paman Made. Ada yang bertugas menyiapkan bahan baku kerajinan, ada yang bertugas membuat ukiran, ada yang memasarkan, serta ada juga yang bertugas menghitung hasil keuntungan yang diperoleh. Itulah sebabnya kerja sama sangat penting untuk dilakukan dalam menjalankan sebuah usaha. 

Iman Usman dan Belva Devara bekerjasama dalam mengelola sebuah usaha yaitu
bimbel online ruang guru sehingga sukses


Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi manfaat berwirausaha, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Manfaat Berwirausaha





Demikian materi terkait manfaat berwirausaha. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Berwirausaha Sejak Kecil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel