Keberagaman Wirausaha

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? semoga selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 5 (Wirausaha) dengan materi keberagaman wirausaha. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!




Anak-anak sebelum kita mulai ke materi, coba kalian amati gambar di bawah ini!

Wirausaha bakso

Nah, anak-anak gambar di atas adalah gambar sebuah wirausaha yang dilakukan oleh masyarakat yaitu wirausaha berdagang bakso. Pernahkah kalian ingin mengetahui dimanakah pedagang bakso memperoleh bahan baku baksonya? Iya, untuk memperoleh bahan baku bakso pedagang bakso dapat membuatnya sendiri atau juga membeli dari pengusaha pembuatan bakso. Selain itu para pedagang bakso juga membutuhkan bahan-bahan lain seperti kecap, saos, sayuran, minuman, krupuk, tissu, dan lain-lain. Nah, untuk mendapatkan barang-barang tersebut tentunya para pedagang bakso mendapatkannya dari kegiatan wirausaha lainnya.

Beragam barang yang dibutuhkan oleh masyarakat memengaruhi keberagaman kegiatan ekonomi yang ada. Sebuah kegiatan ekonomi tidak dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang beragam. Oleh karena itu, orang lain mendirikan sebuah usaha yang berbeda agar kebutuhan dapat tetap terpenuhi. Mendirikan usaha sendiri disebut kegiatan berwirausaha. Wirausaha adalah sebuah kegiatan ekonomi yang didirikan oleh seseorang dengan modal dan kemampuan yang dimiliki oleh pemilikinya. Kegiatan wirausaha menghasilkan beragam kebutuhan masyarakat. Ada yang menghasilkan barang, ada juga yang menghasilkan jasa.

Wirausaha - pedagang sembako di pasar

Wirausaha - perbengkelan

Wirausaha - pedagang kue

Perbedaan kegiatan wirausaha bukanlah penghalang untuk saling menghormati dan menghargai. Antar pemilik usaha maupun masyarakat harus menghargai keberagaman kegiatan wirausaha yang ada. Keberagaman tersebut bermanfaat karena dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Misalnya, sebuah wirausaha di bidang pembuatan bakso membutuhkan pedagang daging untuk menyuplai bahan baku pembuatan bakso.

Setiap orang melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ada yang bekerja dengan orang lain. Ada juga yang membuka wirausaha sendiri. Pemilik wirausaha harus memiliki sikap-sikap tertentu dalam menjalankan usahanya agar berhasil. Berikut sikap-sikap yang harus dimiliki oleh pemilik wirausaha.
  1. Saling menghormati dan menghargai antar pemilik usaha.
  2. Bekerja keras untuk memajukan usahanya dengan cara yang baik.
  3. Melakukan persaingan usaha secara sehat.
  4. Pantang menyerah saat menghadapi hambatan.
  5. Tidak sungkan untuk meminta bantuan orang lain ketika membutuhkan pertolongan.
  6. Selalu mengembangkan usahanya sesuai perkembangan zaman.

Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi keberagaman wirausaha, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Keberagaman Wirausaha








Demikian materi terkait keberagaman wirausaha. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Keberagaman Wirausaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel