Medan Magnet dan Cara Membuat Magnet

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? semoga selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 5 (Wirausaha) dengan medan magnet dan cara membuat magnet. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!


  
Anak-anak coba kalian perhatikan gambar di bawah ini!


Tahukah kamu bahwa magnet mempunyai medan? Apa yang dimaksud dengan medan magnet?

Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Medan Magnet

Medan Magnet adalah daerah di sekitar magnet yang masih dipengaruhi oleh gaya magnet. Di dalam daerah inilah magnet memiliki kekuatan untuk menarik benda. Medan magnet tidak terlihat, namun kita dapay melihatnya dengan menggunakan suatu cara. Cara tersebut adalah dengan menggunakan serbuk besi. Serbuk besi yang berada di sekitar magnet akan membentuk garis gaya magnet.

Serbuk besi mengelilingi magnet



Cara Membuat Magnet

Logam yang digunakan untuk membuat magnet adalah besi dan baja. Besi lebih mudah dibuat magnet, namun cepat hilang sifat kemagnetannya. Sementara itu, baja lebih sulit dibuat magnet, namun sifat kemagnetannya lebih tahan lama. Ada beberapa cara membuat magnet yaitu dengan menggosok, induksi, dan elektromagnetik.
  • Membuat Magnet dengan Menggosok
Membuat magnet dengan menggosok dilakukan dengan cara menggosokkan magnet pada benda magnetis, misalnya besi. Gosokkan dilakukan secara searah dan menggunakan kutub yang sama pada magnet. Semakin lama waktu penggosokan, semakin kuat sifat kemagnetan pada besi. 

Membuat magnet dengan cara menggosok


  • Membuat Magnet dengan Induksi
Benda magnetis yang akan dibuat magnet didekatkan pada magnet. Sebagai contoh, paku akan dibuat magnet. Paku tersebut dapat menarik benda magnetis lainnya. magnet yang dibuat dengan cara induksi bersifat sementara. Jika magnet dilepas, sifat kemagnetan pada paku yang dibuat magnet juga akan hilang.

Membuat magnet dengan cara induksi

  • Membuat Magnet dengan Elektromagnetik
Membuat magnet dengan elektormagnetik (dialiri arus listrik) dilakukan dengan cara melilitkan kabel ke benda yang akan dibuat magnet, misalnya besi. Kedua ujung kabel dihubungkan dengan baterai atau sumber listrik lain. Magnet yang dibuat dengan dialiri listrik disebut elektromagnet. Elektromagnet dapat menarik benda magnetis jika dihubungkan dengan sumber listrik. Jika sumber listrik dilepas, sifat kemagnetan paa elektromagnet juga kan hilang. 

Membuat magnet dengan aliran listrik (elektromagnetik)


Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi pengertian, bentuk, dan sifat-sifat magnet, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Pengertian, Bentuk, dan Sifat-Sifat Magnet




Demikian materi terkait pengertian, bentuk, dan sifat-sifat magnet. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Medan Magnet dan Cara Membuat Magnet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel