Teks Ekspalanasi

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? semoga selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 4 (Globalisasi) dengan materi teks eksplanasi. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!



Sebelum masuk ke materi silahkan anak-anak cermati gambar berikut!


Pernahkah kalian menemukan sebuah teks atau bacaan dengan pola seperti pada gambar di atas? Nah ... jika kalian menemukan teks atau bacaan dengan pola seperti itu, maka teks tersebut disebut dengan teks eksplanasi. Kira-kira apakah teks eksplanasi itu?

Teks Eksplanasi adalalah teks yang memaparkan penjelasan informasi tentang suatu fenomena atau kejadian. Susunan teks ekspalanasi yaitu sebagai berikut.
  1. Paragraf pertama berisi pernyataan umum, berupa topik masalah atau permasalahan umum yang dibahas.
  2. Paragraf kedua dan seterusnya merupakan deretan penjelas yang berisi fakta, pembuktian, atau proses penyelesaian dari topik yang dibahas.
  3. Paragraf terakhir berisi simpulan, pesan, atau kesan tentang topik yang dibahas.
Berikut contoh teks eksplanasi.

Menghasilkan Energi Listrik

     Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Tidak dapat dimungkiri, bahwa globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Dengan ditemukannya televisi, komputer, dan telepon genggam, arus informasi kemudian menyebar dengan begitu cepat ke berbagai negara di berbagai belahan dunia. Kebutuhan akan listrik kemudian menjadi suatu hal yang harus dipenuhi bagi semua negara di era globalisasi saat ini.
     Listrik dihasilkan di pusat pembangkit menggunakan beragam sumber energi. Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), air dari waduk/sungai (1) masuk melalui pintu (2) yang diatur oleh katup pengaman (3). Air kemudian masuk ke tangki pengaman tekanan (4). Air di dalam pipa pesat (5) mengalirkan dan mengarahkan air ke turbin (7) melalui katup pengatur tekanan (6) untuk mendapatkan tekanan energi yang besar. Energi potensial air kemudian menggerakan turbin. Energi gerak tersebut kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator (8). Energi listrik dari generator kemudian diatur kapasitas tegangannya dan dialirkan oleh transformer (9). Energi listrik kemudian dibagikan ke konsumen oleh saluran transmisi (10).
      Komponen utama pada semua pembangkit energi listrik adalah turbin dan generator. Turbin tersebut harus bergerak untuk menghasilkan energi gerak yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator. Energi penggerak turbin, selain dari aliran air, juga bisa didapat dari angin (PLTA), panas bumi (PLTU), dan sumber energi lainnya. Adakah sumber energi di daerahmu yang bisa digunakan sebagai pembangkit energi listrik?

Nah pada teks di atas dapat kita lihat bahwa pada paragraf pertama merupakan pernyataan umum terkait pentingnya listrik, selanjutnya pada paragraf kedua merupakan penjelas dari topik yang dibahas yaitu tentang bagaimana listrik itu dihasilkan. Terakhir pada paragraf ketiga berisi kesan tentang topik yang di bahas dari teks tersebut.

Menemukan Informasi Penting dalam Teks Eksplanasi

Setiap teks eksplanasi memiliki informasi penting yang dapat dipelajari. Informasi penting tersebut dapat digali dan ditemukan, salah satunya dengan menjawab pertanyaan. Berikut kata tanya yang dapat digunakan untuk menggali informasi dari teks eksplanasi.

Apa --> fungsinya untuk menanyakan keadaan, perilaku, atau penjelasan isi teks.
Dimana ---> fungsinya untuk menanyakan tempat suatu peristiwa berlangsung, lokasi yang akan dituju, serta tempat yang sedang digunakan dalam teks.
Kapan --> fungsinya untuk menanyakan waktu terjadinya suatu kegiatan atau peristiwa dalam teks.
Siapa ---> fungsinya untuk menanyakan pelaku yang terkait atau turut serta dalam suatu peristiwa atau kejadian dalam teks.
Mengapa ---> fungsinya untuk menanyakan alasan atau sebab sebuah peristiwa terjadi dalam teks.
Bagaimana ---> fungsinya untuk menanyakan cara atau proses sebuah peristiwa berlangsung, serta untuk menanyakan keadaan atau kejelasan satu hal dalam teks.
 
Menyampaikan Informasi Penting dari Teks Eksplanasi 

Informasi penting yang sudah kamu temukan dari membaca teks eksplanasi dapat kamu sampaikan secara lisan kepada orang lain. Hal tersebut dapat menambah wawasanmu dan juga temanmu.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat menyampaikan informasi penting, antara lain sebagai berikut.
  1. pastikan suaramu jelas  
  2. intonasimu jelas
  3. tidak menimbulkan makna ganda
Setelah memahami hal-hal penting yang harus diperhatikan silahkan kalian belajar dan berlatih menyamapaikan informasi penting dari teks eksplanasi yang telah kalian baca.


Menyajikan Informasi Penting Teks Eksplanasi dalam Bentuk Gambar Seri

Informasi penting dalam teks eksplanasi juga dapat kamu sampaikan dalam bentuk gambar seri. Pertama-tama, kamu harus menemukan informasi penting yang terdapat dalam teks. Setelah itu, tuliskan ulang informasi yang di dapat. Barulah kamu dapat membuat gambar berdasarkan informasi penting tersebut.

Perhatikan contoh gambar seri berdasarkan teks eksplanasi berjudul Proses Penyaluran Distribusi Listrik berikut.


 
Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi teks eksplanasi, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Teks Eksplanasi




Demikian materi terkait teks eksplanasi. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Teks Ekspalanasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel