Embalase dan Buklet

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? semoga selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 5 (Wirausaha) dengan materi embalase dan buklet. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!



Embalase

Sebelum memulai materi, coba kalian perhatikan gambar di bawah ini!



Pernahkah kalian memperhatikan bungkus kemasan makanan atau minuman seperti di atas? Nah bungkus kemasan makanan atau minuman tersebut disebut embalase. Embalase adalah salah satu bentuk reklame berupa kemasan yang berisi informasi tentang produk tersebut. Bentuk embalase juga bermacam-macam, ada yang berbentuk tabung, kerucut, balok, dan prisma. Tujuan penggunaan embalase yaitu untuk melindungi produk agar tidak rusak, menarik perhatian pembeli, membuat produk lebih menarik, dan memberikan informasi tentang produk. Bahan yang digunakan untuk membuat embalase, yaitu plastik, kertas, kertas, kaca, atau kaleng.  

Perhatikan contoh embalase berikut beserta bagian-bagiannya!



Untuk membuat embalase, kalian terlebih dahulu membuat jaring-jaring bentuknya. Misal, bentuk embalase tabung, terlebih dahulu membuat jaring-jaring tabung untuk mendapatkan bentuk tabung yang bagus. Kalian dapat membuatnya menggunakan bahan karton.


Selain embalase, bentuk lain dari reklame adalah buklet. Nah apa itu buklet? simak penjelasannya berikut.

Buklet

Buklet adalah salah satu alat promosi yang berbentuk seperti buku kecil. Buklet terdiri dari lembaran-lembaran kertas yang disatukan menjadi bentuk buku. Buklet bersifat sebagai media promosi atau anjuran kepada masyarakat. Buklet biasanya digunakan oleh pemilik usaha untuk mempromosikan produk mereka. Isi buklet biasanya berupa informasi tentang produk, misal buklet makanan berisi deskripsi atau cara penyajian makanan.

Perhatikan bentuk buklet berikut dan bagian-bagiannya.


Selanjutnya, kita akan membahas langkah-langkah membuat buklet. Langkah-langkahnya sebagai berikut.
  • Menyiapkan lembaran kertas A4 dengan jumlah tertentu, misal dua atau empat lembar.  
  • Kertas kemudian dilipat menjadi dua bagian dan disatukan dengan lembaran kertas lainnya sehingga membentuk sebuah buku.
  • Rancanglah buklet apa yang akan dibuat, mulai dari bagian sampul depan sampai isi buklet.
  • Buatlah bagian sampul depan terlebih dahulu. Gambarlah bagian sampul depan dengan gambar yang sesuai isi buklet. tambahkan tulisan yang menggambarkan isi buklet.
  • Tulis dan gambarkan bagian isi. Tulisan pada bagian isi harus jelas dan lengkap agar pembaca dapat memahami maksud dari isi buklet.
  • Warnailah dan hias buklet agar lebih menarik 
Gambar langkah-langkah membuat buklet


Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi embalase dan buklet, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Embalase dan Buklet




Demikian materi terkait embalase dan buklet. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Embalase dan Buklet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel