Sikap Terhadap Keberagaman Ekonomi

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? semoga selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 4 (Globalisasi) dengan materi sikap terhadap keberagaman ekonomi. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!



Setiap manusia memiliki kebutuhan yang berbeda. Perbedaan kebutuhan tersebut menyebabkan keberagamannya kegiatan ekonomi di masyarakat. Ada masyarakat yang melakukan kegiatan ekonomi berupa produksi, konsumsi, maupun distribusi. Contoh kegiatan produksi adalah petani jagung, peternak ayam, dan nelayan. Contoh kegiatan distribusi adalah pengantar barang (kurir, pedagang telur, dan agen beras). Contoh kegiatan konsumsi adalah pembeli makanan dan minuman, pembaca buku, dan pengendara sepeda.

Meskipun kegiatan ekonomi yang dilakukan berbeda, kita harus tetap saling menghormati dan menghargai. Kegiatan ekonomi yang berbeda tidak menjadi penghalang untuk kita tetap bersatu. Berikut sikap yang harus kita terapkan dalam keberagaman ekonomi di lingkungan sekitar.
  1. Saling menghargai dan menghormati antar pelaku kegiatan ekonomi.
  2. Membayar barang yang dibeli sesuai dengan harganya.  
  3. Bermain dengan teman tanpa membedakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang tuanya.
  4. Tidak bersikap sombong terhadap kegiatan ekonomi yang dilakukan orang tua.
  5. Memudahkan kurir dalam mengirimkan barang dengan cara memberikan alamat yang jelas.
  6. Memuji barang yang dihasilkan oleh pelaku kegiatan ekonomi.
  7. Melakukan persaingan yang sehat antar pelaku kegiatan ekonomi.
Di era globalisasi ini, jika kita mempunyai kemampuan, keterampilan, dan sikap kerja keras kita bisa mencapai mencapai kesuksesan. Namun kita tetap harus rendah hati, menghargai orang lain, dan hidup sederhana.

Setiap kegiatan ekonomi bermanfaat bagi kesejahteraan sekitar, baik untuk kesejahteraan pemiliki dan pekerjanya ataupun masyarakat yang menggunakan hasil dari kegiatan ekonomi tersebut. Wujud syukur beragam bentuknya, salah satunya dengan saling menghargai dan menghormati keberagaman kegiatan ekonomi yang ada.

Sikap saling menghargai itu akan memberikan motivasi setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi dengan baik. Manfaat yang kita peroleh dari sikap tersebut adalah terpenuhinya kebutuhan berbagai barang ekonomi. Berikut contoh sikap yang tepat terhadap keberagaman kegiatan ekonomi.. 

Memuji hasil usaha orang lain

Melakukan persaingan usaha secara sehat dan jujur


Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi sikap terhadap keberagaman ekonomi, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Sikap Terhadap Keberagaman Ekonomi




Demikian materi terkait sikap terhadap keberagaman ekonomi. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Sikap Terhadap Keberagaman Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel