Posisi dan Peran Indonesia di Bidang Ketenagakerjaan dalam Lingkup ASEAN

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? semoga selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 5 (Wirausaha) dengan materi posisi dan peran Indonesia di bidang ketenagakerjaan dalam lingkup ASEAN. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!




Kerjasama di bidang ekonomi menjadi salah satu program utama yang dibahas dalam pertemuan antarnegara ASEAN. Kerjasama itu diwujudkan dengan usaha untuk mengatasi masalah-masalah di bidang ekonomi. Negara-negara ASEAN telah menyepakati terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dengan dibentuknya MEA diharapkan dapat menjaga stabilitas perekonomian di wilayah ASEAN.

Pembentukan masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

Pembentukan MEA memungkinkan arus perdagangan barang dan jasa antarnegara ASEAN semakin terbuka. Tidak hanya produk barang dan jasa, kesempatan kerja bagi tenaga kerja ASEAN juga semakin terbuka.



Upaya Pemerintah Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja Indonesia

Salah satu kebijakan MEA adalah adanya pengakuan mengenai mutu pendidikan dan pengalaman yang dimiliki oleh tenaga kerja negara anggota ASEAN. Kebijakan ini memberikan kemudahan kepada calon tenaga kerja untuk memperoleh lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya.

Indonesia merupakan salah satu negara anggota ASEAN dengan jumlah penduduk terbanyak. Hal ini menyebabkan Indonesia memiliki calon tenaga kerja yang melimpah. Agar tenaga kerja Indonesia mampu bersaing dengan tenaga kerja negara lain, pemerintah melakukan beberapa upaya sebagai berikut.
  • Meningkatkan kualitas pendidikan dengan menerapkan kewajiban jenjang pendidikan, seperti penerapan wajib belajar 12 tahun. Selain itu, pemerintah juga memberikan sarana pendidikan yang memadai.
  • Memberikan pelatihan lokakarya dan pelatihan kepada calon tenaga kerja.
  • Memberikan bekal keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan di negara-negara asing.
  • Memilih calon tenaga kerja yang memenuhi persyaratan tenaga kerja yang diajukan oleh MEA.
  • Meningkatkan jumlah tenaga kerja terampil yang memiliki daya saing dunia
Program wajib belajar 12 tahun
agar anak-anak Indonesia setidaknya menamatkan pendidikan sampai jenjang SMA/SMK

Pelatihan kepada calon tenaga kerja Indonesia 
agar mampu bersaing dengan tenaga kerja dari luar negeri

Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi posisi dan peran Indonesia di bidang ketenagakerjaan dalam lingkup ASEAN, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Posisi dan Peran Indonesia di Bidang Ketenagakerjaan dalam Lingkup ASEAN






Demikian materi terkait posisi dan peran Indonesia di bidang ketenagakerjaan dalam lingkup ASEAN. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Posisi dan Peran Indonesia di Bidang Ketenagakerjaan dalam Lingkup ASEAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel