Usaha yang Dilakukan dalam Keberagaman Kegiatan Ekonomi

Selamat Pagi anak-anak,
Bagaimana kabar kalian hari ini? semoga selalu sehat ya.
Ingat di masa pandemi ini agar anak-anak selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Ingat selalu pesan Ibu untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran Tema 4 (Globalisasi) dengan materi usaha yang dilakukan dalam keberagaman kegiatan ekonomi. Simak penjelasannya berikut ini ya! silahkan kalian catat hal-hal penting dari materi ini!



Keberagaman kegiatan ekonomi dapat disebabkan oleh potensi dan semangat keras yang dimiliki oleh para pelakunya. Setiap orang memiliki potensi. Potensi harus terus menerus diasah dengan rajin berlatih dan tidak mudah putus asa. Potensi yang senantiasa diasah akan menciptakan sebuah keahlian yang bermanfaat bagi pelaku dan masyarakat sekitar. Semangat kerja keras diperlukan untuk mengolah potensi yang dimiliki. Dengan demikian, kegiatan ini dapat menciptakan kegiatan ekonomi yang maju.

Sebagai contoh, orang yang memiliki potensi merancang pakaian akan terus mengasah potensinya dengan rajin berlatih membuat model pakaian. Ia juga tak mengenal putus asa jika mengalami kegagalan. Ia akan senantiasa bekerja keras dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. Potensi yang terus diasah akan membuat orang tersebut sukses. Hal ini menunjukkan bahwa potensi dan kerja keras penting untuk dilakukan agar bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Potensi menggambar yang dimiliki seorang anak 
dapat mengantarkan mereka menjadi pelukis terkenal


Mengembangkan Potensi Diri untuk Menghadapi Era Globalisasi

Berikut beberapa contoh cara mengembangkan diri untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki


Apakah potensi yang kamu  miliki? Apakah potensi yang kamu miliki sudah cukup untuk menghadapi era globalisasi?

Menghormati dan Menghargai Keberagaman Kegiatan Ekonomi

Kita harus bersikap bijak terhadap keberagaman usaha ekonomi yang ada di sekitar. Jika orang lain memiliki usaha ekonomi yang berbeda, kita harus tetap saling menghormati dan menghargainya. Menghormati dan menghargai usaha orang lain merupakan salah satu upaya mendukung keberhasilan perekonomian bangsa, karena usaha ekonomi yang berhasil turut memperkuat perekonomian bangsa sehingga kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan.

Bangga Menggunakan Barang Buatan Dalam Negeri


Mencintai tanah air merupakan kewajiban setiap warga negara. Mencintai tanah air dapat diwujudkan dalam berbagai hal, salah satunya dengan bangga menggunakan barang buatan dalam negeri. Saat ini, sebagian besar produsen dalam negeri sudah mampu menghasilkan barang berkualitas yang memiliki daya saing usaha. Beberapa barang buatan dalam negeri juga sudah ada yang dikenal hingga mancanegara seperti batik.

Berikut manfaat menggunakan barang buatan dalam negeri
  1. Memupuk rasa cinta tanah air.
  2. Memajukan industri dan produsen dalam negeri.  
  3. Meningkatkan kesejahteraan produsen dan para pekerjanya.
  4. Mendorong perkembangan pembangunan nasional di dalam bidang perekonomian.
  5. Ikut melestarikan dan mengenalkan barang buatan dalam negeri kepada masyarakat dunia.
  6. Membantu mematenkan barang buatan dalam negeri sebagai barang asli Indonesia.

Untuk menambah pemahaman kalian terkait materi usaha yang dilakukan dalam keberagaman kegiatan ekonomi, silahkan cermati video berikut ini!

Video Materi Usaha yang Dilakukan dalam Keberagaman Kegiatan Ekonomi




Demikian materi terkait usaha yang dilakukan dalam keberagaman kegiatan ekonomi. Selamat belajar anak-anak. Semoga sukses.

Salam ngiring melajah.

Belum ada Komentar untuk "Usaha yang Dilakukan dalam Keberagaman Kegiatan Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel